RPP Kemagnetan dan pemanfaatannya / Konsep Kemagnetan Bahan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

: SMP xxxxxxxxxxx

 

Kelas/Semester

: IX/Genap

 

 

Mata Pelajaran

: IPA

 

 

Materi/topik

: Kemagnetan dan pemanfaatannya / Konsep Kemagnetan Bahan

Pertemuan/Alokasi waktu

: Ke-1 / 40 Menit

 

 

 

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

 

 

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

 

 

 

3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi

 

3.6.3

Membedakan feromagnetik, paramagnetik, dan

elektromagnetik, dan pemanfaatan medan

 

 

Diamagnetik

magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk

 

3.6.4

Menyebutkan contoh feromagnetik, paramagnetik,

pergerakan/navigasi hewan untuk mencari

 

 

dan diamagnetik

makanan dan migrasi.

 

 

 

3.6.6

Menjelaskan tiga cara membuat magnet

 

 

 

 

3.6.10 Menjelaskan tiga cara menghilangkan sifat magnet

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN:

 

Melalui kegiatan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode eksperimen, literasi, diskusi kelompok dan presentasi :

1.     Peserta didik dapat membedakan feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik dengan benar dan tepat.

2.     Peserta didik dapat memberikan contoh feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik dengan benar.

3.     Peserta didik dapat menjelaskan tiga cara membuat magnet dengan benar dan tepat.

4.     Peserta didik dapat menjelaskan tiga cara menghilangkan sifat magnet suatu bahan dengan benar dan tepat.

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Pendahuluan (5 menit)

        Guru memberi salam, menanyakan kabar peserta didik dan kehadiran peserta didik .

 

        Guru mengajak berdoa bersama memulai pelajaran .

 

        Guru memberikan apersepsi dan motivasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan

 

        Guru menyampaikan topik materi, kegiatan, penilaian dan manfaat pembelajaran .

 

B. Kegiatan Inti (30 menit)

 

        Peserta didik menonton/ mengamati cara membuat magnet dan menghilangkan sifat kemagnetan suatu benda melalui video pembelajaran atau melalui tautan : https://youtu.be/nd93pvYVtQA

 

        Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan suatu bahan berdasarkan video yang ditonton dan literasi berbagai sumber.

 

        Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen (praktikum) LKPD 6.2 dan berdiskusi secara berkelompok mengerjakan LKPD 6.2 .

 

        Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum, jika masih ada yang belum benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

 

        Guru meminta salah satu kelompok yang sudah selesai mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas secara klasikal.

        Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

 

C. Kegiatan Penutup (5 menit)

        Peserta didik (dibimbing oleh guru) membuat kesimpulan dan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan

 

        Guru memberikan Quis 6.2 materi Konsep Kemagnetan Bahan.

 

        Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya pada pertemuan selanjutnya.

 

        Guru mengajak berdo’a bersama dan menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam.

 

 

SUMBER BELAJAR

 

1.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.    Buku-buku yang relevan dan Internet

3.    Media online internet (video youtube)

 

 

 

 

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

 

1.

Penilaian Sikap

: Jurnal penilaian sikap (keaktifan dalam berinteraksi dan berkomunikasi )

 

2.

Penilaian Kinerja

: Penilaian portofolio (proses dan produk)

 

3.

Penilaian Kognitif

: Peserta didik mengerjakan Quis 6.2.

 

 

 

 

 

 

Surakarta, 3 Januari 2022

Mengetahui :

 

Kepala Sekolah SMP x                                                                               Guru Mata Pelajaran

 

  

 

 

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx                                                                      xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

 

NIP xxxxxxxxxxxxxxxxxxx                                                                       NIP. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx