RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
| 
 | Sekolah             : SMP  Mata Pelajaran  : IPA | Kelas / Semester : VIII / Gasal Materi                  : Katrol | 
 | |
| Mata Pelajaran : IPA Kelas/Semester                :
  IX / Ganjil | Alokasi Waktu                   :
  2 JP | |||
| KD          : 3.1          Menjelaskan
  konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari, termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia | 4.3  Menyajikan
  hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
  sederhana dalam kehidupan sehari-hari | |||
| Materi  : Katrol | ||||
Tujuan Pembelajaran   : Menuntun peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan
mempresentasikan hasilnya tentang materi Katrol dengan
penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan
bekerjasama dalam kelompok.
| Strategi Aktivitas Pembelajaran | 
 | |
| Pertemuan  | : 1 | 
 | 
| Metode  | : Daring | 
 | 
| Media  | : WhatsApp, Google Class Room | 
 | 
| Sumber Belajar | : Internet, Buku pegangan siswa | 
 | 
| Alat dan Bahan | : Alat tulis, Laptop / HP | 
 | 
| Langkah Pembelajaran A.    Kegiatan Pendahuluan Guru melalui whatsapp grup kelas memberikan salam pembuka, lalu berdoa
  bersama sebelum belajar. Memberikan motivasi dan nasehat agar terhindar dari
  COVID-19.  B.     Kegiatan Inti ·        
  Guru meminta peserta didik mengakses aplikasi google class room dengan
  kode kelas yang sudah diberikan oleh guru ·        
  Guru memantau kehadiran peserta didik dengan kolom Data Siswa
  Tergabung ·        
  Peserta mengklik bahan ajar yang berisi video konsep Katrol ·        
  Guru  membimbing  siswa 
  dalam  kelas  online 
  selama  penayangan video konsep Katrol ·        
  Guru meminta peserta didik berkomentar atau memberikan tanggapan
  tentang video di kolom Timeline kelas. ·        
  Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya di kolom
  Timeline kelas ·        
  Guru menjawab pertanyaan peserta didik terkait dengan konsep Katrol ·        
  Guru  memberikan  latihan 
  soal  postest  sederhana atau evaluasi  yang 
  terdapat  pada  kolom tugas  ·        
  Guru melakukan evaluasi pemahaman peserta didik tentang konsep Katrol dengan analisis jawaban yang telah dikerjakan
  peserta didik. C.    Kegiatan Penutup Guru dan peserta didik menutup aplikasi google class room dan
  menyimpulkan materi yang sudah disampaikan, lalu mengevaluasi materi dan
  menutup pelajaran dengan doa penutup melalui whatsapp grup kelas. | ||
| 
 | 
 
Surakarta , 18 Juni 2020
Mengetahui
Kepala SMP                                                                           Guru
Mata Pelajaran
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN
OBSERVASI
Rubrik:                                         
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.   
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak
ambil bagian dalam pembelajaran
2.   
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil
bagian dalam pembelajaran  tetapi belum
ajeg/konsisten
3.   
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten 
4.   
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil
bagian  dalam menyelesaikan tugas
kelompok  secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.   
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.   
Cukupjika menunjukkan
ada sedikit usaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.   
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.   
Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
1.   
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.   
Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten
3.   
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.   
Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus
dan ajeg/konsisten.
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP –
OBSERVASI
| NO | NAMA SISWA | SIKAP | Skor
  Rata-rata | ||||||
| Tanggung
  Jawab | Jujur | Pedul | Kerja Sama | Santun | Percaya Diri | Disiplin | |||
| 1 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 2 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| Lembar
  Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Praktikum | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
 Mata Pelajaran    :
   ………….. Kelas/Semester   :
   ………….. Topik/Subtopik    :
   ………….. Indikator              :
   Peserta didik menunjukkan perilaku
  ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan
  …………………………………….. 
 
 Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
  berikut. 4
  = sangat baik 3
  = baik 2
  = cukup 1
  = kurang 
 | 
| Lembar Penilaian Sikap - Observasi
  pada Kegiatan Diskusi | ||||||||||||||||||||||||||||
| 
 Mata Pelajaran    :
   ………….. Kelas/Semester   :
   ………….. Topik/Subtopik    :
   ………….. Indikator              :
   Peserta didik menunjukkan perilaku
  kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai
  wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan. 
 
 Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
  berikut. 4
  = sangat baik 3
  = baik 2
  = cukup 1
  = kurang 
 | 
No comments:
Post a Comment