RPP Adiwiyata materi listrik statis

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran

:

IPA

Materi

:

Kelistrikan Pada Sel Saraf Manusia

Sekolah

:

SMP N  SURAKARTA

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit (Pertemuan 3)

Kelas / Semester

:

IX / 1

Mode

:

Daring

KOMPETENSI DASAR

3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari – hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik

4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari - hari

IPK

3.4.1 Menganalisis bagian sel saraf dan fungsinya (C4)

3.4.2 Menguraikan proses kelistrikan pada saraf manusia (C4)

4.4.1 Mengamati video pembelajaran tentang kelistrikan pada

         Saraf manusia

4.4.2 Menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk LKPD

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pembelajaran dengan mengamati video tentang kelistrikan pada saraf manusia menggunakan model Discovery Learning peserta didik mampu :

1.     Menganalisis sel saraf dan fungsinya  dengan jujur dan teliti

2.     Menguraikan proses kelistrikan pada saraf dengan jujur dan teliti

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PEMBUKAAN (10 Menit)

·   Guru membuka pembelajaran dengan salam pembuka dan membimbing peserta didik untuk berdoa melalui platform whatsapp serta dilanjutkan dengan presensi melalui prlatform google form dengan disiplin

·   Guru melakukan apersepsi materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari serta memberikan motivasi pada peserta didik terkait vaksinasi COVID-19 dan membimbing peserta didik untuk menentukan tujuan pembelajaran melalui gambar kabel listrik

INTI ( 100 Menit)

·   Guru membimbing peserta didik untuk  merumuskan masalah dengan cara memberikan rangsangan dengan membimbing peserta didik untuk mencubit dan membenturkan siku ke meja  (Stimulasi dan Identifikasi Masalah)

·   Guru membimbing peserta didik untuk melakukan pengamatan terkait kelistrikan pada saraf manusia melalui video pembelajaran dengan tetap memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar (Pengumpulan Data)

·   Guru membimbing siswa untuk mengolah data hasil pengamatan melalui LKPD yang telah disediakan (Pengolahan data)

·   Guru membimbing siswa untuk menyajikan hasil pengamatan pada LKPD untuk kemudian dikumpulkan melalui whatsapp. Guru memimpin diskusi dengan memberikan feedback dan penguatan melaluivoice note (Verifikasi)

·   Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan terkait pengamatan yang telah dilakukan (Kesimpulan)

PENUTUP (10 Menit)

·   Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan hasil belajar dan mengklarifikasinya

·   Guru membimbing siswa untuk mengerjakan soal evaluasi melalui platform google form

·   Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik dan tugas belajar terkait materi yang akan dipelajari

·   Guru menutup pembelajaran dengan membimbing peserta didik untuk berdoa, nasihat menjaga kesehatan, dan mengucapkan salam

Refleksi dan Konfirmasi : konfirmasi pencapaian siswa melalui asesmen formatif dan refleksi guru tentang keberhasilan pembelajaran melalui metode yang telah dilakukan

PENILAIAN

Pengetahuan

Ketrampilan

Sikap

Tes Tertulis (Isian Singkat)

Non Tes (Lembar Penilaian Ketrampilan)

Non Tes (Lembar Penilaian Sikap)

 

          Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                   Surakarta, 13 Juli 2021

          Kepala SMP N Surakarta                                                          Guru Mapel IPA

 

 

          xxxxxxxxxxxxxxx                                                                     xxxxxxxx

          NIP yyyyyyyyyyyyyyy                                                             NIP. yyyyyyyy

 

Keterangan :

Pelajar Pancasila          : Warna Biru

Adiwiyata                   : Warna Hijau

Ramah Anak               : Warna Kuning

Sekolah Sehat             : Warna Merah

Kecakapan Hidup       : Warna Ungu

Kearifan lokal             : Warna Coklat

No comments:

Post a Comment