BATASAN MATERI PTS SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII KURIKULUM 2013

 BATASAN MATERI PTS SEMESTER GASAL

MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII KURIKULUM 2013

 

No Urut

No

KD

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

1

 

3.1.

Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

Sistem gerak pada manusia

Menyebutkan fungsi tulang bagi tubuh, macam-macam tulang dan proses pembentukannya.

Menyebutkan macam sendi-sendi pada manusia

Menyebutkan jaringan otot pada manusia

Menyebutkan contoh gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia

Menyebutkan usaha menjaga kesehatan sistem gerak manusia

2

3.2

Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

Gerak lurus beraturan(GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Sistem Gerak Pada Tumbuhan

Menganalisa gerak lurus pada benda

Menganalisa grafik hubungan antara jarak tempuh dan kecepatan terhadap waktu tempuh

Memberi contoh penerapan hukum Newton I, II, dan III

Menjelaskan berbagai macam gerak pada tumbuhan berdasarkan arah datangnya rangsang

 

3

3.3

Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia

Usaha dan Pesawat Sederhana

Menghitung besar usaha dan daya pada benda

Menerapkan persamaan rumus pesawat sederhana

Mengelompokkan jenis pesawat sederhana

Menyebutkan contoh penerapan  pesawat  sederhana sesuai kelompoknya

4

3.4

Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

Struktur dan fungsi jaringan pada batang tumbuhan

Disajikan gambar penampang  melintang organ tumbuhan, peserta didik dapat menunjukkan salah satu fungsi jaringan 

Menjelaskan salah satu jaringan tumbuhan dengan ciri-ciri tertentu

Menyebutkan teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan

Penilaian Tengah Semester Gasal

 

No comments:

Post a Comment