RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Sekolah                                   : SMP 
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/Semester                        : VIII / Genap
Materi Pokok                          : Tekanan Zat 
Alokasi Waktu                        : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
 
A.    Kompetensi Inti
·        
KI1 dan KI2: Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·        
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
·        
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori.
 
B.     Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
 
  | Kompetensi Dasar | Indikator | 
 
  | 3.8  Memahami
  tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan
  darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan | ·     
  Memahami
  fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair, dan gas ·     
  Menghubungkan
  tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia ·     
  Menghubungkan
  tekanan zat cair di ruang tertutup dengan osmosis ·     
  Menghubungkan
  tekanan zat cair di ruang tertutup dengan peristiwa kapilaritas | 
 
  | 4.8  Menyajikan
  data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman
  tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan | ·     
  Melakukan
  percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas ·     
  Mengidentifikasi
  melalui percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan zat padat, cair,
  dan gas ·     
  Menyajikan
  hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas | 
 
C.    Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•    Memahami fenomena yang
berhubungan dengan tekanan zat padat, cair, dan gas
•    Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia
•    Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan osmosis
•    Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan peristiwa kapilaritas
•    Melakukan percobaan untuk
menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas
•    Mengidentifikasi melalui
percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan zat padat, cair, dan gas
•    Menyajikan hasil percobaan
tekanan zat padat, cair, dan gas
 
Karakter :
•     Peduli
lingkungan
•     Rajin
•     Tertib
 
D.    Materi
Pembelajaran
Tekanan Zat 
•     Tekanan zat padat, cair, dan gas
•     Tekanan darah
•     Osmosis
•     Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
 
E.     Metode
Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode                        : Diskusi dan Eksperimen
3.      Model              : Discovery Learning
 
F.     Media
Pembelajaran
v  Media
: 
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium IPA sekolah
Ø Perpustakaan sekolah
 
v  Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
 
 
G.    Sumber
Belajar
Ø  Buku IPA Kelas VIII Kemdikbud
Ø  Buku lain yang menunjang
Ø  Multimedia interaktif dan Internet
 
H.   
Langkah-Langkah Pembelajaran
 
  
   | 1 . Pertemuan Pertama (4 x 40 Menit) | 
 
 
  | Kegiatan Pendahuluan (15
  Menit) | 
 
  | Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
  kepada Tuhan YME dan
  berdoa  untuk  memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
  sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
  didik  dalam mengawali kegiatan
  pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
  pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
  materi/tema/kegiatan sebelumnya  v Mengingatkan kembali materi prasyarat
  dengan bertanya.  v Mengajukan pertanyaan yang ada
  keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat
  mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini
  dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
  materi : Ø Pengantar
  tentang Tekanan Zat v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
  pertemuan yang  berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada
  pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
  kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
  pengalaman belajar  sesuai dengan
  langkah-langkah pembelajaran. | 
 
  | Kegiatan Inti ( 130
  Menit ) | 
 
  | 
   
    | Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |  
    | Stimulation (stimullasi/
     pemberian
     rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
    materi Pengantar tentang Tekanan Zat dengan
    cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan
    gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Pengantar tentang Tekanan Zat.  Ø Pemberian contoh-contoh materi Pengantar tentang Tekanan Zat untuk
    dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
    sekolah dengan membaca
    materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
    yang berhubungan dengan Pengantar
    tentang Tekanan Zat. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
    terkait Pengantar tentang Tekanan Zat. v Mendengar Pemberian
    materi Pengantar tentang Tekanan Zat oleh
    guru. v Menyimak Penjelasan
    pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
    mengenai materi : Ø Pengantar tentang Tekanan Zat untuk
    melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. |  
    | Problem  statemen  (pertanyaan/ identifikasi  masalah) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Guru
    memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
    mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
    dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang materi : Ø Pengantar tentang Tekanan Zat yang tidak dipahami dari apa yang diamati
    atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
    diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
    hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
    merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
    cerdas dan belajar sepanjang hayat.  |  
    | Data  collection  (pengumpulan  data) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
    diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati
    dengan seksama materi Pengantar
    tentang Tekanan Zat yang sedang dipelajari dalam bentuk
    gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
    menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
    literasi dengan mencari
    dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
    pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun
    daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
    mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
    Pengantar tentang Tekanan Zat yang
    sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan
    pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengantar
    tentang Tekanan Zat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
    guru.   COLLABORATION
    (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
    untuk: v Mendiskusikan Peserta
    didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
    mengenai materi Pengantar tentang
    Tekanan Zat. v Mengumpulkan informasi Mencatat
    semua informasi tentang materi Pengantar
    tentang Tekanan Zat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
    tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta
    didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
    diri
    Pengantar tentang Tekanan Zat sesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Pengantar tentang Tekanan Zat dengan ditanggapi aktif oleh peserta
    didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
    dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
    metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
    lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
    teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
    berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
    cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
    hayat. |  
    | Data  processing  (pengolahan  Data) | COLLABORATION
    (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
    cara : v Berdiskusi tentang data dari Materi : Ø Pengantar tentang Tekanan Zat v Mengolah informasi
    dari materi Pengantar tentang Tekanan
    Zat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau
    pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
    sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
    mengenai materi Pengantar tentang
    Tekanan Zat. |  
    | Verification  (pembuktian) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
    pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
    : v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
    kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
    sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
    untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
    keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
    deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Pengantar tentang Tekanan Zat antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
    bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
    didik. |  
    | Generalization  (menarik  kesimpulan) | COMMUNICATION
    (BERKOMUNIKASI) Peserta
    didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat berupa kesimpulan berdasarkan
    hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
    mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
    mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
    secara klasikal tentang materi : Ø Pengantar tentang Tekanan Zat v Mengemukakan  pendapat 
    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar tentang Tekanan Zat dan ditanggapi oleh kelompok yang
    mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
    dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.    CREATIVITY
    (KREATIVITAS) v Menyimpulkan tentang point-point penting
    yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :  Laporan
    hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Ø Pengantar tentang Tekanan Zat v Menjawab pertanyaan tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
    terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
    disediakan.  v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
    atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
    materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
    akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
    Pengantar tentang Tekanan Zat yang
    terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
    disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
    pelajaran. |  
 | 
 
  | ·     
  Catatan : Selama pembelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat berlangsung, guru mengamati sikap
  siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: Peduli lingkungan, Rajin, Tertib | 
 
  | Kegiatan Penutup (15
  Menit) | 
 
  | Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
  penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
  baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
  pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat
  yang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
  berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat. v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
  nomor urut peringkat,  untuk penilaian
  tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat. v Memberikan penghargaan untuk materi
  pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat
  kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | 
 
 
  
   | 2 . Pertemuan Kedua (4 x 40 Menit) | 
 
 
  | Kegiatan Pendahuluan (15
  Menit) | 
 
  | Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
  kepada Tuhan YME dan
  berdoa  untuk  memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
  sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
  didik  dalam mengawali kegiatan
  pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
  pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
  sebelumnya  v Mengingatkan kembali materi prasyarat
  dengan bertanya.  v Mengajukan pertanyaan yang ada
  keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat
  mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini
  dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
  materi : Ø Tekanan
  zat padat, cair, dan gas v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
  pertemuan yang  berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada
  pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
  kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
  pengalaman belajar  sesuai dengan
  langkah-langkah pembelajaran. | 
 
  | Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | 
 
  | 
   
    | Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |  
    | Stimulation (stimullasi/
     pemberian
     rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
    materi Tekanan zat padat, cair, dan
    gas dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan
    gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Tekanan zat padat, cair, dan gas.  Ø Pemberian contoh-contoh materi Tekanan zat padat, cair, dan gas untuk
    dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
    sekolah dengan membaca
    materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
    yang berhubungan dengan Tekanan zat
    padat, cair, dan gas. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
    terkait Tekanan zat padat, cair, dan gas. v Mendengar Pemberian
    materi Tekanan zat padat, cair, dan
    gas oleh guru. v Menyimak Penjelasan
    pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
    mengenai materi : Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas untuk
    melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. |  
    | Problem  statemen  (pertanyaan/ identifikasi  masalah) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Guru
    memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
    mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
    dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang materi : Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas yang tidak dipahami dari apa yang diamati
    atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
    diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
    hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
    merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
    cerdas dan belajar sepanjang hayat.  |  
    | Data  collection  (pengumpulan  data) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
    telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati
    dengan seksama materi Tekanan zat
    padat, cair, dan gas yang sedang dipelajari dalam bentuk
    gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
    menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
    literasi dengan mencari
    dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
    pengetahuan dan pemahaman tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun
    daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
    mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
    Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
    sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan
    pertanyaan berkaiatan dengan materi Tekanan
    zat padat, cair, dan gas yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
    kepada guru.   COLLABORATION
    (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
    untuk: v Mendiskusikan Peserta
    didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
    mengenai materi Tekanan zat padat,
    cair, dan gas. v Mengumpulkan informasi Mencatat
    semua informasi tentang materi Tekanan
    zat padat, cair, dan gas yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
    tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta
    didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
    diri
    Tekanan zat padat, cair, dan gas sesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas dengan ditanggapi aktif oleh peserta
    didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
    dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
    metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
    lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
    teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
    berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
    cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
    hayat. |  
    | Data  processing  (pengolahan  Data) | COLLABORATION
    (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
    cara : v Berdiskusi tentang data dari Materi : Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas v Mengolah informasi
    dari materi Tekanan zat padat, cair,
    dan gas yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
    mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
    yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
    kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
    mengenai materi Tekanan zat padat,
    cair, dan gas. |  
    | Verification  (pembuktian) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
    pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
    : v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
    kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
    sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
    untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
    keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
    deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
    bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
    didik. |  
    | Generalization  (menarik  kesimpulan) | COMMUNICATION
    (BERKOMUNIKASI) Peserta
    didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas berupa kesimpulan berdasarkan
    hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
    mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
    mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
    secara klasikal tentang materi : Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas v Mengemukakan  pendapat 
    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Tekanan zat padat, cair, dan gas dan ditanggapi oleh kelompok
    yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
    dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.    CREATIVITY
    (KREATIVITAS) v Menyimpulkan tentang point-point penting
    yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :  Laporan
    hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas v Menjawab pertanyaan tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
    terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
    disediakan.  v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
    atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
    materi Tekanan zat padat, cair, dan
    gas yang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
    Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
    terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
    disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
    pelajaran. |  
 | 
 
  | Catatan : Selama pembelajaran Tekanan zat padat, cair, dan gas berlangsung, guru mengamati
  sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
  jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
  lingkungan | 
 
  | Kegiatan Penutup (15
  Menit) | 
 
  | Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
  penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
  baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
  pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan
  gas yang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
  berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan gas. v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
  nomor urut peringkat,  untuk penilaian
  tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan gas. v Memberikan penghargaan untuk materi
  pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan
  gas kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | 
 
 
  
   | 3 . Pertemuan Ketiga (4 x 40 Menit) | 
 
 
  | Kegiatan Pendahuluan (15
  Menit) | 
 
  | Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
  kepada Tuhan YME dan
  berdoa  untuk  memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
  sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
  didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
  pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
  materi/tema/kegiatan sebelumnya  v Mengingatkan kembali materi prasyarat
  dengan bertanya.  v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
  dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat
  mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini
  dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
  materi : Ø Tekanan
  darah v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
  pertemuan yang  berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada
  pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
  kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
  pengalaman belajar  sesuai dengan
  langkah-langkah pembelajaran. | 
 
  | Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | 
 
  | 
   
    | Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |  
    | Stimulation (stimullasi/
     pemberian
     rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
    materi Tekanan darah dengan cara
    : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan
    gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Tekanan darah.  Ø Pemberian contoh-contoh materi Tekanan darah untuk dapat
    dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
    sekolah dengan membaca
    materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
    yang berhubungan dengan Tekanan darah. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
    terkait Tekanan darah. v Mendengar Pemberian
    materi Tekanan darah oleh guru. v Menyimak Penjelasan
    pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
    mengenai materi : Ø Tekanan darah untuk
    melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. |  
    | Problem  statemen  (pertanyaan/ identifikasi  masalah) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Guru
    memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
    mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
    dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang materi : Ø Tekanan darah yang tidak dipahami dari apa yang diamati
    atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
    diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
    hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
    merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
    cerdas dan belajar sepanjang hayat.  |  
    | Data  collection  (pengumpulan  data) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
    diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati
    dengan seksama materi Tekanan darah yang
    sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
    dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
    literasi dengan mencari
    dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
    pengetahuan dan pemahaman tentang materi Tekanan darah yang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun
    daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
    mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
    Tekanan darah yang sedang
    dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan
    pertanyaan berkaiatan dengan materi Tekanan
    darah yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.   COLLABORATION
    (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
    untuk: v Mendiskusikan Peserta
    didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
    mengenai materi Tekanan darah. v Mengumpulkan informasi Mencatat
    semua informasi tentang materi Tekanan
    darah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi
    dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta
    didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
    diri
    Tekanan darah sesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Tekanan darah dengan ditanggapi aktif oleh peserta
    didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
    dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
    metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
    lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
    teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
    berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
    cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
    hayat. |  
    | Data  processing  (pengolahan  Data) | COLLABORATION
    (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
    cara : v Berdiskusi tentang data dari Materi : Ø Tekanan darah v Mengolah informasi
    dari materi Tekanan darah yang
    sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
    dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
    berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
    mengenai materi Tekanan darah. |  
    | Verification  (pembuktian) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
    dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
    kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
    sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
    untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
    keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
    deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Tekanan darah antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
    bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
    didik. |  
    | Generalization  (menarik  kesimpulan) | COMMUNICATION
    (BERKOMUNIKASI) Peserta
    didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Tekanan darah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
    secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
    jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
    pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
    secara klasikal tentang materi : Ø Tekanan darah v Mengemukakan  pendapat 
    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Tekanan darah dan ditanggapi oleh kelompok yang
    mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi tentang materi Tekanan darah yang dilakukan dan
    peserta didik lain diberi kesempatan 
    untuk menjawabnya.    CREATIVITY
    (KREATIVITAS) v Menyimpulkan tentang point-point penting
    yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :  Laporan
    hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Ø Tekanan darah v Menjawab pertanyaan tentang materi Tekanan darah yang terdapat pada
    buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.  v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
    atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
    materi Tekanan darah yang akan
    selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
    Tekanan darah yang terdapat pada
    buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
    secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |  
 | 
 
  | Catatan : Selama pembelajaran Tekanan darah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
  pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
  jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
  lingkungan | 
 
  | Kegiatan Penutup (15
  Menit) | 
 
  | Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
  penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Tekanan darah yang baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
  pelajaran Tekanan darah yang baru
  diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
  berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Tekanan darah. v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
  nomor urut peringkat,  untuk penilaian
  tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Tekanan darah. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran
  Tekanan darah kepada kelompok yang
  memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | 
 
 
  
   | 4 . Pertemuan Keempat (4 x 40 Menit) | 
 
 
  | Kegiatan Pendahuluan (15
  Menit) | 
 
  | Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
  kepada Tuhan YME dan
  berdoa  untuk  memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
  sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
  didik  dalam mengawali kegiatan
  pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
  pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
  materi/tema/kegiatan sebelumnya  v Mengingatkan kembali materi prasyarat
  dengan bertanya.  v Mengajukan pertanyaan yang ada
  keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat
  mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini
  dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
  materi : Ø Osmosis v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
  pertemuan yang  berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada
  pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
  kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
  pengalaman belajar  sesuai dengan
  langkah-langkah pembelajaran. | 
 
  | Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | 
 
  | 
   
    | Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |  
    | Stimulation (stimullasi/
     pemberian
     rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
    materi Osmosis dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan
    gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Osmosis.  Ø Pemberian contoh-contoh materi Osmosis untuk dapat dikembangkan
    peserta didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
    sekolah dengan membaca
    materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
    yang berhubungan dengan Osmosis. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
    terkait Osmosis. v Mendengar Pemberian
    materi Osmosis oleh guru. v Menyimak Penjelasan
    pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
    mengenai materi : Ø Osmosis untuk
    melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. |  
    | Problem  statemen  (pertanyaan/ identifikasi  masalah) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Guru
    memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
    mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
    dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang materi : Ø Osmosis yang tidak dipahami dari apa yang diamati
    atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
    diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
    hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
    merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
    cerdas dan belajar sepanjang hayat.  |  
    | Data  collection  (pengumpulan  data) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
    diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati
    dengan seksama materi Osmosis yang
    sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
    dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
    literasi dengan mencari
    dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
    pengetahuan dan pemahaman tentang materi Osmosis yang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun
    daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
    mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
    Osmosis yang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan
    pertanyaan berkaiatan dengan materi Osmosis
    yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.   COLLABORATION
    (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
    untuk: v Mendiskusikan Peserta
    didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
    mengenai materi Osmosis. v Mengumpulkan informasi Mencatat
    semua informasi tentang materi Osmosis
    yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
    menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta
    didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
    diri
    Osmosis sesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Osmosis dengan ditanggapi aktif oleh peserta
    didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
    dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
    metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
    kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
    jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
    menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
    dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |  
    | Data  processing  (pengolahan  Data) | COLLABORATION
    (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
    cara : v Berdiskusi tentang data dari Materi : Ø Osmosis v Mengolah informasi
    dari materi Osmosis yang sudah
    dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
    kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
    berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
    mengenai materi Osmosis. |  
    | Verification  (pembuktian) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
    pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
    : v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
    kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
    sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
    untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
    keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
    deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Osmosis antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
    bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
    didik. |  
    | Generalization  (menarik  kesimpulan) | COMMUNICATION
    (BERKOMUNIKASI) Peserta
    didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Osmosis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
    lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
    jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
    pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
    secara klasikal tentang materi : Ø Osmosis v Mengemukakan  pendapat 
    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Osmosis dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi tentang materi Osmosis yang dilakukan dan peserta
    didik lain diberi kesempatan  untuk
    menjawabnya.    CREATIVITY
    (KREATIVITAS) v Menyimpulkan tentang point-point penting
    yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :  Laporan
    hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Ø Osmosis v Menjawab pertanyaan tentang materi Osmosis yang terdapat pada buku
    pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.  v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
    atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
    materi Osmosis yang akan selesai
    dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
    Osmosis yang terdapat pada buku
    pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
    individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |  
 | 
 
  | Catatan : Selama pembelajaran Osmosis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
  pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
  jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
  lingkungan | 
 
  | Kegiatan Penutup (15
  Menit) | 
 
  | Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
  penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Osmosis yang baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
  pelajaran Osmosis yang baru
  diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
  berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Osmosis. v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
  nomor urut peringkat,  untuk penilaian
  tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Osmosis. v Memberikan penghargaan untuk materi
  pelajaran Osmosis kepada kelompok
  yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. | 
 
 
  
   | 5 . Pertemuan Kelima (4 x 40 Menit) | 
 
 
  | Kegiatan Pendahuluan (15
  Menit) | 
 
  | Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
  kepada Tuhan YME dan
  berdoa  untuk  memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
  sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
  didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
  pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
  materi/tema/kegiatan sebelumnya  v Mengingatkan kembali materi prasyarat
  dengan bertanya.  v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
  dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat
  mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini
  dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
  materi : Ø Kapilaritas
  jaringan angkut pada tumbuhan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
  pertemuan yang  berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada
  pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
  kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
  pengalaman belajar  sesuai dengan
  langkah-langkah pembelajaran. | 
 
  | Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | 
 
  | 
   
    | Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |  
    | Stimulation (stimullasi/
     pemberian
     rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
    materi Kapilaritas jaringan angkut
    pada tumbuhan dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan
    gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.  Ø Pemberian contoh-contoh materi Kapilaritas jaringan angkut pada
    tumbuhan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
    dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
    sekolah dengan membaca
    materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
    yang berhubungan dengan Kapilaritas
    jaringan angkut pada tumbuhan. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
    terkait Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan. v Mendengar Pemberian
    materi Kapilaritas jaringan angkut
    pada tumbuhan oleh guru. v Menyimak Penjelasan
    pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
    mengenai materi : Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan untuk
    melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. |  
    | Problem  statemen  (pertanyaan/ identifikasi  masalah) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Guru
    memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
    mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
    dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang materi : Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan yang tidak dipahami dari apa yang diamati
    atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
    diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
    hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
    merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
    cerdas dan belajar sepanjang hayat.  |  
    | Data  collection  (pengumpulan  data) | KEGIATAN LITERASI Peserta
    didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
    diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati
    dengan seksama materi Kapilaritas
    jaringan angkut pada tumbuhan yang sedang dipelajari dalam bentuk
    gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
    menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan
    literasi dengan mencari
    dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
    pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan yang sedang
    dipelajari. v Aktivitas Menyusun
    daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
    mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
    Kapilaritas jaringan angkut pada
    tumbuhan yang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan
    pertanyaan berkaiatan dengan materi Kapilaritas
    jaringan angkut pada tumbuhan yang telah disusun dalam daftar
    pertanyaan kepada guru.   COLLABORATION
    (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
    untuk: v Mendiskusikan Peserta
    didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
    mengenai materi Kapilaritas jaringan
    angkut pada tumbuhan. v Mengumpulkan informasi Mencatat
    semua informasi tentang materi Kapilaritas
    jaringan angkut pada tumbuhan yang telah diperoleh pada buku catatan
    dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
    benar. v Mempresentasikan ulang Peserta
    didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
    diri
    Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan sesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan dengan ditanggapi aktif oleh peserta
    didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
    dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
    metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
    lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
    teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
    berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
    cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
    hayat. |  
    | Data  processing  (pengolahan  Data) | COLLABORATION
    (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
    cara : v Berdiskusi tentang data dari Materi : Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan v Mengolah informasi
    dari materi Kapilaritas jaringan
    angkut pada tumbuhan yang sudah dikumpulkan dari hasil
    kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
    kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
    pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
    mengenai materi Kapilaritas jaringan
    angkut pada tumbuhan. |  
    | Verification  (pembuktian) | CRITICAL THINKING
    (BERPIKIR KRITIK) Peserta
    didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
    pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
    : v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
    kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
    sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
    untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
    keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
    deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
    bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
    didik. |  
    | Generalization  (menarik  kesimpulan) | COMMUNICATION
    (BERKOMUNIKASI) Peserta
    didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan berupa kesimpulan
    berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
    mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
    mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
    secara klasikal tentang materi : Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan v Mengemukakan  pendapat 
    atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan dan ditanggapi oleh
    kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada
    tumbuhan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.    CREATIVITY
    (KREATIVITAS) v Menyimpulkan tentang point-point penting
    yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :  Laporan
    hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan v Menjawab pertanyaan tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada
    tumbuhan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
    kerja yang telah disediakan.  v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
    atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
    materi Kapilaritas jaringan angkut
    pada tumbuhan yang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
    Kapilaritas jaringan angkut pada
    tumbuhan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
    lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
    penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |  
 | 
 
  | Catatan : Selama pembelajaran Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan berlangsung, guru
  mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
  jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
  lingkungan | 
 
  | Kegiatan Penutup (15
  Menit) | 
 
  | Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
  penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan yang
  baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
  pelajaran Kapilaritas jaringan angkut
  pada tumbuhan yang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
  berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan. v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas
  projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
  nomor urut peringkat,  untuk penilaian
  tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan. v Memberikan penghargaan untuk materi
  pelajaran Kapilaritas jaringan angkut
  pada tumbuhan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
  baik. | 
 
I.       Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik
Penilaian (terlampir)
a.   
Sikap
-       
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
 
  | No | Nama
  Siswa | Aspek
  Perilaku yang Dinilai | Jumlah
  Skor | Skor
  Sikap | Kode
  Nilai | 
 
  | BS | JJ | TJ | DS | 
 
  | 1 | … | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C | 
 
  | 2 | … | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | 
 
Keterangan
:
•   BS :
Bekerja Sama
•   JJ :
Jujur
•   TJ :
Tanggun Jawab
•   DS :
Disiplin
 
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100   =
Sangat Baik
75     =
Baik
50     =
Cukup
25     =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    =
Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 – 
25,00   = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
 
-       
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.
Berikut Contoh format penilaian :
 
  
   | No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | 
 
 
  | 1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
  ide/gagasan. | 50 |   | 250 | 62,50 | C | 
 
  | 2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan
  kesempatan untuk berbicara. |   | 50 | 
 
  | 3 | Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi
  kelompok. | 50 |   | 
 
  | 4 | ... | 100 |   | 
 
Catatan
:
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    =
Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 – 
25,00   = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
 
-       
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan
dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
 
Nama yang diamati  : ...
Pengamat                 :
...
 
 
  
   | No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | 
 
 
  | 1 | Mau menerima pendapat teman. | 100 |   | 450 | 90,00 | SB | 
 
  | 2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 |   | 
 
  | 3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |   | 100 | 
 
  | 4 | Marah saat diberi kritik. | 100 |   | 
 
  | 5 | ... |   | 50 | 
 
Catatan
:
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 =
90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    =
Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 – 
25,00   = Kurang (K)
 
-       
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
 
b.  
Pengetahuan
-       
Tertulis Uraian dan atau
Pilihan Ganda (Lihat
lampiran)
-       
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya
Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
 
  
   | No | Aspek yang
   Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | 
  
   | 25 | 50 | 75 | 100 | 
 
 
  | 1 | Intonasi |   |   |   |   |   |   |   | 
 
  | 2 | Pelafalan |   |   |   |   | 
 
  | 3 | Kelancaran |   |   |   |   | 
 
  | 4 | Ekspresi |   |   |   |   | 
 
  | 5 | Penampilan |   |   |   |   | 
 
  | 6 | Gestur |   |   |   |   | 
 
-       
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a.  Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b.  Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c.  Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
 
c.   
Keterampilan
-       
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
 
Instrumen
Penilaian
 
  
   | No | Aspek yang
   Dinilai | Sangat  Baik  (100) | Baik  (75) | Kurang  Baik  (50) | Tidak  Baik  (25) | 
 
 
  | 1 | Kesesuaian
  respon dengan pertanyaan |   |   |   |   | 
 
  | 2 | Keserasian
  pemilihan kata |   |   |   |   | 
 
  | 3 | Kesesuaian
  penggunaan tata bahasa |   |   |   |   | 
 
  | 4 | Pelafalan |   |   |   |   | 
 
Kriteria
penilaian (skor)
100      =
Sangat Baik
75        =
Baik
50        =
Kurang Baik
25        =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
 
Instrumen
Penilaian Diskusi
 
  
   | No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 | 
 
 
  | 1 | Penguasaan materi diskusi |   |   |   |   | 
 
  | 2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |   |   |   |   | 
 
  | 3 | Kemampuan mengolah kata |   |   |   |   | 
 
  | 4 | Kemampuan menyelesaikan masalah |   |   |   |   | 
 
Keterangan
:
100      =
Sangat Baik
75        =
Baik
50        =
Kurang Baik
25        =
Tidak Baik
 
-       
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-       
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-       
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas
yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
 
Instrumen Penilain
 
  
   | No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 | 
 
 
  | 1 |   |   |   |   |   | 
 
  | 2 |   |   |   |   |   | 
 
  | 3 |   |   |   |   |   | 
 
  | 4 |   |   |   |   |   | 
 
2.      Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.   
Pertemuan
Pertama
b.   
Pertemuan
Kedua
c.   
Pertemuan
Ketiga
 
 
3.      Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
Bagi peserta didik yang belum
memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal
tambahan misalnya sebagai berikut :
1)     
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)     
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)     
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
 
PROGRAM REMIDI
 
Sekolah                            :  ……………………………………………..
Kelas/Semester                 :  ……………………………………………..
Mata Pelajaran                 :  ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke          :  ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian  :  ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian   :  ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian    :  ……………………………………………..
(KD / Indikator)               :  ……………………………………………..
KKM                                :  ……………………………………………..
 
 
  
   | No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan | 
 
 
  | 1 |   |   |   |   |   |   | 
 
  | 2 |   |   |   |   |   |   | 
 
  | 3 |   |   |   |   |   |   | 
 
  | 4 |   |   |   |   |   |   | 
 
  | 5 |   |   |   |   |   |   | 
 
  | 6 |   |   |   |   |   |   | 
 
  | dst |   |   |   |   |   |   | 
 
 
b.      Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap
rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru
memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)     
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan. 
2)     
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)     
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
4)     
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di
lingkungan sekitar.
 
                                                                                    Surakarta,
2 Januari 2019
 
Mengetahui,
                                                              Surakarta,
2 Januari 2019
Kepala
SMP N 8 Surakarta                                         Guru
Mapel IPA
 
 
.....................................                                                ...........................
NIP                                                                              NIP. 
 
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................. 
 
 
No comments:
Post a Comment