RPP ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan    :  SMP 

Mata Pelajaran          :  IPA

Kelas/Semester          :  VII/SATU

Materi Pokok             :  ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Alokasi Waktu           :  7 PERTEMUAN ( 17 JP )

 

A.      KOMPETENSI INTI

1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1. 

1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

1.1.1.  Mengajarkan siswa untuk dapat bersyukur atas energi yang tersedia diatas bumi.

2.

2.1  Menanunjukkan perilaku Ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu,objektif,jujur,teliti,cermat,hati-hati, bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inofatip dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehri-hari sebagai ujud Implimentasi sikap dalam melakukan percobaan  dalam berdiskusi.

2.1.1.  Memiliki rasa ingin tahu tentang pengertian energi

2.1.2.  Memiliki rasa ingin tahu tengtang sumber energi

2.1.3   Mencari tahu berbagai macam jenis energi

 

 

2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud Implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

2.2.1.  Menunjukkan sikap saling menghargai terhap hasil percobaan yang telah dilaporkan.

2.2.2.  Mendeskripsikan Transformasi energi dalam sel.

2.2.3.  Mendeskripsikan Transformasi energi dalam Metabolisme sel

 

2.3. Menunjukkan perilaku bijak sana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud Implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

2.3.1.  Mampu membedakan bahan kimia sehari-hari yang berbahaya dengan tidak berbahaya.

3

3.6.Mengenal konsep energi, bebagai sumber energi, energi dari makanan , trasformasi energi,respirasi,sistem pencernaan makanan dan fotosintesis.

3.6.1.  Memahami konsep energi melalui percobaan sederhana.

3.6.2.  Melakukan percobaan pernapasan pada manusia

4

4.8.Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.

 

4.8.1.  Melakukan percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau

 

4.9. Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan.

4.9.1.  Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke I (2 x 40 menit )

1)   Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat bersyukur atas diberikannya energi untuk kehidupan Manusia.

2)   Selama proses pembelajaran, peserta didik selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tetap sehat.

3)   Peserta didik dapat menjelaskan konsep energi.

4)   Peserta didik dapat menjelaskan sumber-sumber energi

5)   Setelah melakukan percobaan diatas para peserta didik diharapkan mampu membuat suatu hipotesis

6)   Setelah merumuskan hipotesis, peserta didik dapat menguji hipotesis melalui kegiatan eksperimen.

7)   Setelah melakukan kegiatan eksperimen, peserta didik dapat menyimpulkan hasil eksperimen sesuai dengan hipotesis yang telah dirumuskan.

8)   Setelah melakukan percobaan, peserta didik dapat mempresentasikan hasil percobaan secara lisan atau tertulis.

9)   Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat bekerja sama dalam memecahkan masalah.

 

Pertemuan ke II ( 3x 40 menit)

1)   Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat selalu merasa bersyukur dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari- hari.

2)   Selama proses pembelajaran, peserta didik selalu menjaga kesehatan dan kebersihan badan.

3)   Peserta didik dapat menjelaskan perubahan –perubahan energi yang terjadi di alam dan di sekitar rumah

4)   Peserta didik dapat membedakan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak

5)   Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap fenomena transformasi energ dan metabolisme sel

6)   Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.

 

Pertemuan ke III ( 2 X 40 menit)

1)   Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat bersyukur atas diberikannya energi untuk kehidupan Manusia.

2)   Selama proses pembelajaran, peserta didik selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tetap sehat.

3)   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Respirasi.

4)   Peserta didik dapat melaksanakan dan memprentasekan praktikum respirasi pada serangga

5)   Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat bekerja sama dalam memecahkan masalah

 

Pertemuan ke IV ( 3 X 40 menit)

1)   Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat bersyukur atas diberikannya energi untuk kehidupan Manusia.

2)   Selama proses pembelajaran, peserta didik selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tetap sehat.

3)   Peserta didik dapat menjelaskan konsep pencernaan karbohidrat

4)   Peserta didik dapat menjelaskan konsep pencernaan protein

5)   Peserta didik dapat menjelaskan konsep pencernaan lemak

 

Pertemuan ke V ( 2 x 40 menit)

1)   Peserta didik dapat menjelaskan konsep fotosintensis

2)   Peserta didik dapat memiliki ketrampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil praktikum fotosintesis.

 

Pertemuan ke VI ( 3 x 40 menit )

1)   Peserta didik dapat menjelaskan performen terbaik dalam prensentasi

Pertemuan ke VII ( 3 x 40 menit )

       Reviu dan tes Harian

1)    Terukurnya kompotensi peserta didik untuk topik energi dalam sistem kehidupan  

 

D.   MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

 Konsep energi dan sumber energi

·         Energi Potensial

·         Energi kinetik

       Pertemuan  2

Transformasi energi dalam sel dan metabolisme sel

·         Transformasi energi oleh klorofil

·         Transformasi energi oleh mitokondria

·         Reaksi katabolisme

·         Reaksi anabolisme

       Pertemuan  3

       Respirasi

       Pertemuan 4

       Pencernaan makanan

·      Metabolisme pencernaan  karbohidrat dalam tubuh

·      Metabolisme pencernaan protein dalam tubuh

·      Metabolisme lemak dalam tubuh

Pertemua 5

Fotosintesis

E.    METODE PEMBELAJARAN

1.        Pendekatan Saintifik

2.        Pembelajaran Inkuiri

 

F.    MEDIA PEMBELAJARAN

·      Media

§ Gambar pencernaan makanan

·      Alat dan bahan

Batu

Buku

 

G.   SUMBER BELAJAR

1.        Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Siswa. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 185

2.        Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 185

 

H.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.    Pertemuan 1 (2 JP)

a.      Pendahuluan  (10 menit )

1)     Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.

Mengamati:

2)     Peserta didik memperhatikan benda yang di jatuhkan dari suatu ketinggian

3)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

 

b.      Kegiatan inti (60 menit)

1)      Peserta didik diberikan pemahaman mengenai konsep energi dan sumber- sumber energi

2)      Peserta didik mendiskusikan untuk menentukan besarnya energi potensial serta membuat hubungan antara energi kimia dan energi listrik

3)      Peserta didik dapat menentukan besarnya energi kinetik dan energi potensial dengan rumus

 

c.       Penutup (10 menit)

1)     Guru mengingatkan peserta didik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan menyampaikan rubrik penilaian tugas  sehingga peserta didik dapat berusaha untuk memperoleh nilai maksimum.

2)     Peserta didik memberikan kesimpulan akan pelajaran yang telah dilakukan dan memberikan tugas rumah

 

2. Pertemuan 2 (2 JP)

 

a.      Pendahuluan  (20 menit )

1)     Guru menyampaikan salam dan menanyakan kabar peserta didik.

2)     Guru meminta peserta didik untuk mematikan dan menyalakan lampu diruang kelas 

3)     Peserta didik mengungkapkan pendapatnya terhadap yang dilakukan

4)     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

 

b.      Kegiatan inti (60 menit)

1)     Guru menjabarkan materi tentang trasformasi energi dan metabolisme sel.

2)     Peserta didik berdiskusi dan menuliskan hasil diskusinya

3)     Peserta didik menpresentasikan hasil diskusi

4)     Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.

5)     Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan dalam pemecahan masalah.

6)     Guru melakukan ulangan harian dalam bentuk pilihan ganda sejumlah 5 butir

 

c.       Penutup (10 menit)

1)     Guru memberi penghargaan untuk kelompok dengan penampilan terbaik.

2)     Peserta didik memastikan kelas dalam keadaan rapi dan bersih

 

 

Pembahasan/Refleksi (10 menit)

Membahas soal/melakukan refleksi terhadap indikator pencapaian kompetensi

 

Perbaikan/Pengayaan (20 menit)

Hasil analisis Ulangan Harian:

a.       Tuntas secara klasikal

Melaksanakan program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.

b.      Tidak tuntas secara klasikal

Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.

 

I.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

1.    Sikap spiritual

a.    Teknik Penilaian: Penilaian diri

b.        Bentuk Instrumen: Lembar penilaian diri

c.         Kisi-kisi:

No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

  1.  

Menjaga kebersihan badan sebagai wujud rasa bersyukur terhadap Tuhan 

1

 

Instrumen: lihat Lampiran 1

 

2.    Sikap Sosial

a.         Teknik Penilaian: Observasi, Penilaian Diri

b.        Bentuk Instrumen: lembar observasi, lembar penilaian diri

c.         Kisi-kisi:

No.

Sikap/nilai

Butir Instrumen

  1.  

Peduli pada diri sendiri

1

  1.  

Peduli lingkungan

2

 

Instrumen: lihat Lampiran 2

 

3.        Pengetahuan

                            a.     Teknik Penilaian: tes tertulis

                            b.     Bentuk Instrumen: soal uraian

                            c.     Kisi-kisi:

 

No.

Indikator

Butir Instrumen

  1.  

Mendeskripsikan pengertian tentang energi dan sumber-sumber energi

Soal tes tulis nomor 1

  1.  

Membandingkan reaksi anabolisme dengan reaksi katabolisme

Soal tes tulis nomor 2

 

Instrumen: lihat Lampiran 3

 

4.        Keterampilan

a.         Teknik Penilaian: observasi

b.        Bentuk Instrumen: lembar observasi

c.         Kisi-kisi:

 

No.

Keterampilan

Butir Instrumen

1.

Melakukan percobaan untuk menghitung besarnya energi potensial dan energi kinetik

Soal no 1

2.

Mengomunikasikan hasil percobaan

Soal no 2

 

Instrumen: lihat Lampiran 4

                                                                                               

 

 

              

 

 

 

                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

Lampiran 1:

Penilaian Sikap Spiritual

 

Instrumen Penilaian Diri:    

Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, dalam hal mensyukuri kesehatan yang diberikan oleh Tuhan melalui energi yang kosumsi

Petunjuk:

Lakukan penilaian terhadap diri Anda sendiri dalam hal  mensyukuri kesehatan yang diberikan oleh Tuhan sehingga salah satu indera dapat merasakan perubahan suhu sebagai wujud  pengamalan agama yang Anda anut.

 

Lembar Penilaian Diri:

No.

Aspek yang dinilai

Skor

K

C

B

SB

1.

mensyukuri kesehatan yang diberikan oleh Tuhan melalui energi yang di komsumsi.

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian:

Aspek yang dinilai

Penilaian

K

C

B

SB

Mengajarkan siswa untuk dapat bersyukur atas adanyaenergi yang diberikan Tuhan  sesuai dengan agama yang dianutnya

Tidak menjaga kesehatan dan juga kebersihan lingkungan

Menjaga kesehatan dan kebersihan apabila diingatkan

Menjaga kesehatan dan kebersihan walaupun jarang diingatkan

Menjaga kesehatan dan kebersihan tanpa diingatkan.

 

 

Lampiran 2:

Penilaian Sikap Sosial

 

Instrumen Penilaian Diri:

Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, dalam hal mensyukuri kesehatan yang diberikan oleh Tuhan sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari

             

1.   Lembar Penilaian Diri: Kepedulian pada kesehatan diri sendiri

     Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada kesehatan diri sendiri.

 

Petunjuk:

Lakukan penilaian pada diri Anda sendiri dalam hal kebiasaan-kebiasaan sehat yang Anda lakukan sehari-hari.

No.

Aspek yang dinilai

Skor

K

C

B

SB

a.

Kebiasaan hidup bersih

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian:

 

No.

Aspek yang dinilai

Penilaian

K

C

B

SB

a.

 

Kebiasaan hidup bersih

Malas mandi, malas bersih bersih

Kurang menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan rutin dan teratur

 

 

Lampiran 3:

Penilaian Pengetahuan

 

Tes Tulis:      

Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik dalam materi pokok energi dalam sistem kehidupan

Petunjuk:

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

1.        Jelaskan pengertian energi  beserta  sumber-sumbernya ?

2.        Tuliskanperbedaan anabolisme dengan katabolisme ?

 

Rubrik Penilaian:

No.

Jawaban

Skor Maksimal

1.

Energi adalah Kemampuan untuk melakukan usaha ( kerja ) atau melakukan suatu perubahan

Sumber sumber energi yaitu matahari , makanan, energi kimia, energi listrik

5

2.

Anabolisme adalah pembentukkan molekul sederhana menjadi molekul kompleks

Contoh fotosintesis dan kemosintesis

Katabolisme adalah reaksi yang memecah yang kompleks menjadi sederhana

Contoh respirasi aerob dan anaerob

 

3

 

3

 

 

Total skor maksimal

11

 

Kriteria penilaian

 


Nilai =                                     x 100 =                                    x 100

 

 

 

 

Lampiran 4:

Penilaian Ketrampilan

 

Penilaian Observasi:            

Digunakan untuk menilai ketrampilan peserta didik dalam hal merencanakan percobaan

Lembar Observasi:

No.

Aspek yang dinilai

Penilaian

K

C

B

SB

1.

Melakukan percobaan

 

a.

Merumuskan masalah, hipotesis, dan

merencanakan percobaan

 

 

 

 

b.

Merumuskan hipotesis

 

 

 

 

c.

Merencanakan prosedur percobaan

 

 

 

 

d.

Melakukan pengamatan

 

 

 

 

e.

Melakukan analisis data dan

Menyimpulkan

 

 

 

 

2.

Mengomunikasikan hasil penyelidikan

 

a.

Penguasaan konsep sains yang disampaikan

 

 

 

 

b.

Penampilan presenter 

 

 

 

 

c.

Tayangan presentasi

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian:

No.

Aspek yang dinilai

Penilaian

 

K

C

B

SB

 

1. Melakukan penyelidikan

 

a.

Merumus kan masalah

Tidak merumuskan masalah

Rumusan masalah tidak mengandung variabel penelitian

Rumusan masalah mengandung variabel penelitian, dilakukan dengan bantuan guru

Rumusan masalah mengandung variabel penelitian, dilakukan secara mandiri

 

b.

Merumuskan hipotesis

 

Tidak bisa membuat hipotesis

Kurang sesuai dengan permasalahan, kurang mengaitkan variabel-variabel eksperimen, tidak mengarah ke penyelidikan, membutuhkan banyak bantuan guru 

Sesuai dengan permasalahan, mengaitkan variabel-variabel eksperimen, mengarah ke penyelidikan, dilakukan dengan sedikit bantuan guru

Sesuai dengan permasalahan, mengaitkan variabel-variabel eksperimen, mengarah ke penyelidikan, dilakukan secara mandiri (individual atau kelompok)

 

c.

Merencanakan prosedur percobaan

Langkah-langkah disusun tidak urut

Disusun urut, tidak mengakomodasi variabel-variabel dalam hipotesis

Disusun urut, mengakomoda si variabel-variabel dalam hipotesis, tidak mudah dipahami

Disusun urut, mengakomoda si variabel-variabel dalam hipotesis, dan mudah dipahami

 

d.

Melakukan pengamatan/

Pengukuran

Pengamatan tidak cermat

Pengamatan cermat, tetapi mengandung inferensi

Pengamatan cermat, dan bebas inferensi, mencatat data kuantitatif atau kualitatif

Pengamatan cermat, dan bebas inferensi, mencatat data kuantitatif dan kualitatif

 

e.

Melakukan analisis data dan menyimpulkan

Tidak mampu

Dilakukan dengan bantuan guru

Merujuk pada hipotesis, dilakukan secara mandiri (individual atau kelompok)

Berdasarkan data, dan merujuk pada hipotesis, dilakukan secara mandiri (individual atau kelompok),

 

2. Mengomunikasikan hasil penyelidikan

a.

Penguasaan konsep sains yang disampaikan

tidak menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan tidak tepat

kurang menguasai konsep IPA, istilah-istilah yang digunakan kurang tepat

menguasai konsep IPA dengan baik, istilah-istilah yang digunakan benar,

menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan benar dan tepat

b.

Performance 

Penyampai an tidak mudah dipahami, tidak komunikatif dengan audiens, tidak memberi kesempatan audiens untuk berpikir

penyampaian tidak mudah dipahami, kurang komunikatif dengan audiens, kurang  memberi kesempatan audiens untuk berpikir

penyampaian mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, kurang memberi kesempatan audiens untuk berpikir

penyampaian mudah dipahami, sangat komunikatif dengan audiens, memberi kesempatan audiens untuk berpikir

c.

Tampilan presentasi

tayangan/

tampilan tidak menarik dan tidak sesuai dengan materi

tayangan/

tampilan kurang menarik, kurang sesuai dengan materi

tayangan/

tampilan menarik, kurang sesuai dengan materi

tayangan/

tampilan sangat menarik dan sesuai dengan materi

Lampiran 5: Lembar Kerja Siswa

 

Nama              :…………

Kelas/No         : VII/                                                              

Kelompok      : ……………

 

Lembar Kegiatan Siswa

 

Tujuan                                   : Untuk menentukan faktor yang mengpengaruhi besarnya energi potensial

Masalah                                  : Energi apakah yang dimiliki benda jika berada dalam ketinggian tertentu?

 

Pertanyaan penelitian           :

Apa yang menentukan besarnya energi potensial ?

 

Hipotesis

Berdasarkan permasalahan di atas, bersama kelompok rumuskan hipotesismu!

Hipotesis penelitian: …………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………..

 

Bahan dan Alat

·         Gambar buah jatuh dari pohonnya

 

 

Merancang Langkah-langkah Eksperimen

Rancanglah prosedur percobaan sederhana untuk menguji hipotesismu.

Gunakan gambar untuk memandu Anda dalam menyusun prosedur tersebut dengan menggunakan berbagai alat dan bahan yang sudah disediakan.

 

 

 

 

 

 

……………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

Melakukan Eksperimen

Setelah rancangan prosedur disusun, laksanakan eksperimennya.Simpanlah perangkat eksperimen ditempat yang aman.

 

Hasil Penyelidikan

Tuliskan hasil pengamatanmu (data) dan organisasikan dalam suatu tabel.

 

Penguatan

Setelah melakukan percobaan di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1.      Apa yang dimaksud energi potensial ?

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

2.      Faktor apa yang mempengaruhi energi potensial ?

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

 

 

 

                                   

 

 

No comments:

Post a Comment