RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TERINTEGRASI DENGAN PKH)
| Sekolah             : SMP  Mata Pelajaran   : IPA | Kelas/Semester :  VIII
  / 2 (Genap) Alokasi Waktu   :   2 x 40 menit (1 x
  Pertemuan) | 1 | ||
| Materi Pokok         | : | Sifat-sifat
  Cahaya | ||
| 1, Tujuan Pembelajaran | 
| Melalui
  lembar kerja google form tentang cahaya peserta didik dapat : menjelaskan
  sifat-sifat cahaya, arah rambat cahaya, pembiasan cahaya, dan besarnya sudut
  pantul cahaya v 
  Fokus Karakter : Disiplin, Integritas | 
| Alat dan Media
  Pembelajaran |  |  | ||||
|  | Alat  | : | Laptop, HP | Sumber belajar | : | Internet, sumber
  yang relevan | 
|  | Media Pembelajran | : | powepoint |  | Buku Guru &
  Siswa | |
2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
| Kegiatan
  Pendahuluan (10 Menit) | |
| v  Melakukan pembukaan
  dengan salam
  pembuka dan berdoa  untuk 
  memulai pembelajaran mengingatkan jangan
  lupa mendoakan
  kedua orang tua disetiap saat. v  Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar v  Mengkondisikan
  suasana belajar
  yang menyenangkan (mengecek
  kehadiran peserta didik);  v  Karena materi ini sangan beresika dengan
  contoh-contoh yang seperti perjudian, maka guru mengarahkan anak dengan
  mempelajari ini kalian bisa membaca seberapa
  peluang atau kesempatan
  yang  peroleh ( yang diperoleh amatlah kecil ),  sehingga anak diarahkan jauhi perjudian
  selain merugikan
  diri sendiri juga dilarang oleh negara dan agama. Jika mempunyai
  rejeki sebaiknya di tabung atau
  untuk membantu
  orang lain yang kurang mampu. | |
| Kegiatan
  Inti ( 60 Menit ) | |
| Kegiatan
  Literasi | F 
  Guru
  meminta siswa berliterasi membaca bahan ajar cahaya dan buku siswa kelas VIII
  semester 2 halaman 163-174 tentang sifat-sifat cahaya | 
| Critical Thinking | v 
  Aktivitas F  Peserta
  didik diminta menjawab dan menyelesaikan
  contoh yang telah diamati melalui google classroom | 
| Collaboration | |
| Communication | F 
  Peserta
  didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan
  pendapat atas
  presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
  individu yang mempresentasikan dengan sopan Didalam diskusi semua peserta didik harus menghargai pendapat atau hasil karya teman ( Belajar berani mengemukakan pendapat ) | 
| Creativity | F  Peserta didik
  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa
  pertanyaan kepada siswa. F  Peserta didik menganalisa
  masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran. | 
| 3.
  Kegiatan Penutup (10 Menit) | |
| v 
  Siswa
  membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator v 
  Guru
  memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari
  ini, dan mendekati
  , menegur siswa yang tidak
  mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya. v  Guru
  menutup dengan salam  | |
           
| 3,
  Penilaian (Asesmen) |  |  | 
| Penilaian terhadap materi ini dapat
  dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu
  dari pengamatan sikap, tes pengetahuan 
  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
  penilaian | ||
| Mengetahui Kepala
  SMP Negeri 8 Surakarta | .....................,    Maret 2021 Guru
  Mata Pelajaran IPA | 
| ................................................. NIP.
  ......................................... | ............................................... NIP.
  ...................................... | 
No comments:
Post a Comment