RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GETARAN DAN GELOMBANG (TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN HIDUP)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(TERINTEGRASI DENGAN PKH)

 

Sekolah             : SMP

Mata Pelajaran   : IPA

Kelas/Semester :  VIII / 2 (Genap)

Alokasi Waktu   :  2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

2

Materi Pokok       

:

Getaran dan Gelombang

 

 

1, Tujuan Pembelajaran

1.        Peserta didik mampu membedakan antara getaran dan gelombang melalui video pembelajaran

2.        Peserta didik mampu menganalisis pada bandul ayunan melalui video pembelajaran

3.        Peserta didik mampu menghitung getaran dan frekuensi ayunan

Fokus Karakter : Disiplin, Integritas

 

Alat dan Media Pembelajaran

 

 

 

Alat

:

Laptop, HP

Sumber

belajar

:

Internet, sumber yang relevan

 

Media Pembelajran

:

powepoint

 

Buku Guru & Siswa

 

2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran mengingatkan jangan lupa mendoakan kedua orang tua disetiap saat.

v  Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik);

v  Karena materi ini sangan beresika dengan contoh-contoh yang seperti perjudian, maka guru mengarahkan anak dengan mempelajari ini kalian bisa membaca seberapa peluang atau kesempatan yang  peroleh ( yang diperoleh amatlah kecil ),  sehingga anak diarahkan jauhi perjudian selain merugikan diri sendiri juga dilarang oleh negara dan agama. Jika mempunyai rejeki sebaiknya di tabung atau untuk membantu orang lain yang kurang mampu.

Kegiatan Inti ( 60 Menit )

Kegiatan Literasi

F  Guru meminta kerja samanya kepada orang tua / wali murid untuk dapat mendampingi siswa dalam proses pembelajaran berkaitan dengan pembiasan cahaya pada lensa secara mandiri.

F  Guru mengarahkan peserta didik yang didampingi oleh orang tua / wali murid untuk membuka buku paket kelas 8 Bab 10 halaman 116 s/d 124  tentang Getaran dan Gelombang.

F  Guru memberi tugas kepada peserta didik yang didampingi orang tua / wali murid untuk membaca dengan cermat, memahami materi tentang Getaran dan Gelombang.

F  Guru memberi tugas kepada peserta didik yang didampingi orang tua / wali murid untuk membuat ringkasan materi tentang Getaran dan Gelombang.

Critical Thinking

v  Aktivitas

F  Guru memberikan tugas kepada peserta didik yang di damping orang tua / wali murid untuk menjawab soal – soal uji kompetensi pada LKS nomor 1 s/d 7, halaman 160 - 161.

Collaboration

Communication

F  Peserta didik Mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan dengan sopan

Didalam diskusi semua peserta didik harus menghargai pendapat atau hasil karya teman

( Belajar berani mengemukakan pendapat )

Creativity

F  Peserta didik Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

F  Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)

v  Siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator

v  Guru memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari ini, dan mendekati , menegur siswa yang tidak mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya.

v  Guru menutup dengan salam

          

3, Penilaian (Asesmen)

 

 

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta

.....................,    Maret 2021

 

Guru Mata Pelajaran IPA

 

 

 

.................................................

NIP. .........................................

...............................................

NIP. ......................................

 

No comments:

Post a Comment