RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TERINTEGRASI DENGAN PKH)
| Sekolah             : SMP Mata Pelajaran   : IPA | Kelas/Semester :  VIII
  / 2 (Genap) Alokasi Waktu   :   2 x 40 menit (1 x
  Pertemuan) | 2 | ||
| Materi Pokok         | : | Getaran
  dan Gelombang | ||
| 1, Tujuan Pembelajaran | 
| 1.        Peserta didik mampu membedakan antara
  getaran dan gelombang melalui video pembelajaran 2.        Peserta didik mampu menganalisis pada
  bandul ayunan melalui video pembelajaran 3.        Peserta didik mampu menghitung getaran
  dan frekuensi ayunan Fokus
  Karakter : Disiplin, Integritas | 
| Alat dan Media
  Pembelajaran |  |  | ||||
|  | Alat  | : | Laptop, HP | Sumber belajar | : | Internet, sumber
  yang relevan | 
|  | Media Pembelajran | : | powepoint |  | Buku Guru &
  Siswa | |
2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
| Kegiatan
  Pendahuluan (10 Menit) | |
| v  Melakukan pembukaan
  dengan salam
  pembuka dan berdoa  untuk 
  memulai pembelajaran mengingatkan jangan
  lupa mendoakan
  kedua orang tua disetiap saat. v  Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar v  Mengkondisikan
  suasana belajar
  yang menyenangkan (mengecek
  kehadiran peserta didik);  v  Karena materi ini sangan beresika dengan
  contoh-contoh yang seperti perjudian, maka guru mengarahkan anak dengan
  mempelajari ini kalian bisa membaca seberapa
  peluang atau kesempatan
  yang  peroleh ( yang diperoleh amatlah kecil ),  sehingga anak diarahkan jauhi perjudian
  selain merugikan
  diri sendiri juga dilarang oleh negara dan agama. Jika mempunyai
  rejeki sebaiknya di tabung atau
  untuk membantu
  orang lain yang kurang mampu. | |
| Kegiatan
  Inti ( 60 Menit ) | |
| Kegiatan
  Literasi | F  Guru meminta kerja samanya kepada orang
  tua / wali murid untuk dapat mendampingi siswa dalam proses pembelajaran
  berkaitan dengan pembiasan cahaya pada lensa secara mandiri. F  Guru mengarahkan peserta didik yang
  didampingi oleh orang tua / wali murid untuk membuka buku paket kelas 8 Bab
  10 halaman 116 s/d 124  tentang Getaran
  dan Gelombang. F  Guru memberi tugas kepada peserta didik
  yang didampingi orang tua / wali murid untuk membaca dengan cermat, memahami
  materi tentang Getaran dan Gelombang. F  Guru memberi tugas kepada peserta didik
  yang didampingi orang tua / wali murid untuk membuat ringkasan materi tentang
  Getaran dan Gelombang. | 
| Critical Thinking | v 
  Aktivitas F  Guru
  memberikan tugas kepada peserta didik yang di damping orang tua / wali murid
  untuk menjawab soal – soal uji kompetensi pada LKS nomor 1 s/d 7, halaman 160
  - 161. | 
| Collaboration | |
| Communication | F 
  Peserta
  didik Mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan
  pendapat atas
  presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
  individu yang mempresentasikan dengan sopan Didalam diskusi semua peserta didik harus menghargai pendapat atau hasil karya teman ( Belajar berani mengemukakan pendapat ) | 
| Creativity | F  Peserta didik
  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa
  pertanyaan kepada siswa. F  Peserta didik
  menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran. | 
| 3.
  Kegiatan Penutup (10 Menit) | |
| v 
  Siswa
  membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator v 
  Guru
  memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari
  ini, dan mendekati
  , menegur siswa yang tidak
  mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya. v  Guru
  menutup dengan salam  | |
           
| 3,
  Penilaian (Asesmen) |  |  | 
| Penilaian terhadap materi ini dapat
  dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu
  dari pengamatan sikap, tes pengetahuan 
  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
  penilaian | ||
| Mengetahui Kepala
  SMP Negeri 8 Surakarta | .....................,    Maret 2021 Guru
  Mata Pelajaran IPA | 
| ................................................. NIP.
  ......................................... | ............................................... NIP.
  ...................................... | 
No comments:
Post a Comment