SILABUS ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Satuan
Pendidikan              : SMP
Kelas                                      : IX
(Sembilan)
Kompetensi
Inti                   :
·        
KI1
dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·        
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·        
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
| Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | 
| 3.1     Menghubungkan
  sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan
  penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi | Sistem
  Reproduksi Pada Manusia ·      Pembelahan
  sel ·      Sistem
  reproduksi manusia ·      Kelainan
  dan penyakit pada sistem reproduksi ·      Pola
  hidup yang menunjang kesehatan reproduksi | ·       Mengamati
  gambar/carta pembelahan sel ·       Mengidentifikasi
  pembelahan mitosis dan meiosis ·       Mengidentifikasi
  organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta
  fungsinya ·       Mengumpulkan
  informasi tahapan pembentukan sel sperma (spermato-genesis)
  dan sel telur (oogenesis) serta proses menstruasi ·       Mengidentifikasi tahapan-tahapan menstruasi ·       Mengamati fertilisasi dan perkembangan embrio  ·       Mengumpulkan
  informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi ·       Membuat
  laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ
  reproduksi | 
| 4.1     Menyajikan
  hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya
  pencegahan gangguan pada organ reproduksi | ||
| 3.2     Menganalisis
  sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi
  pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan | Sistem
  PerkembangbiakanPada Tumbuhan dan Hewan ·       Reproduksi
  pada tumbuhan  ·       Teknologi
  reproduksi pada tumbuhan ·       Reproduksi
  pada hewan ·       Teknologi
  reproduksi pada hewan | ·       Mengamati
  gambar reproduksi aseksual dan seksual tumbuhan dan hewan ·       Mengidentifikasi
  reproduksi aseksual dan seksual serta
  mengumpulkan informasi tentang teknologi reproduksi pada tumbuhan
  dan hewan ·       Menyajikan
  hasil identifikasi reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhanlumut, paku
  dan tumbuhan berbiji dalam bentuk laporan tertulis dan
  mendiskusikannya dengan teman. | 
| 4.2     Menyajikan
  karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan | ||
| 3.3     Menerapkan
  konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup | Pewarisan
  sifat ·       Materi
  genetik ·       Hukum
  pewarisan sifat ·       Pewarisan
  sifat pada manusia ·       Kelainan
  sifat menurun pada manusia ·       Penerapan
  pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup ·       Adaptasi
  dan seleksi alam | ·       Mengamati
  karakteristik teman sebaya untuk mengidentifikasi keragaman  ·       Mengidentifikasi
  struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetic serta melakukan praktek
  pemodelan persilangan monohibrid dan dihibrid untuk
  mendapatkan konsep hukum pewarisan sifat  ·       Mengumpulkan informasi yang terkait dengan adaptasi dan
  seleksi alam seperti: bunglon yang
  beradaptasi dengan mengubah warna tubuhnya, pohon jati yang menggugurkan daunnya, atau fenomena lain  ·       Membuat laporan tertulis mengenai varietas tanaman dan hewan
  yang merupakan varietas unggul yang dikembangkan melalui persilangan dan mendiskusikannya dengan teman. | 
| 4.3     Menyajikan
  hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan
  hewan hasil pemuliaan | ||
| 3.4     Memahami
  konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
  kelistrikan pada sistem saraf  dan
  hewan yang mengandung listrik | Listrik
  Statis ·   Interaksi
  antara muatan listrik ·   Gaya
  listrik ·   Potensial
  listrik ·   Kelistrikan
  pada sistem saraf ·   Hewan
  yang mengandung listrik | ·       Mengamati
  interaksi antara dua benda bermuatan listrik misal potongan
  kertas yang ditarik oleh penggaris plastik ·       Melakukan
  percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksi
  (gaya listrik) dua benda bermuatan terhadap jarak  ·       Menyelidiki
  peristiwa terjadinya petir untuk menjelaskan konsep
  potensial listrik ·       Mengidentifikasi
  kelistrikan pada sistem saraf serta
  hewan-hewan penghasil listrik ·       Menyajikan
  hasil percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta mendiskusikannya dengan teman | 
| 4.4     Menyajikan
  hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari | ||
| 3.5     Menerapkan
  konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik
  dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta
  berbagai upaya menghemat energi listrik | Rangkaian
  Listrik ·      Arus
  listrik ·      Hukum
  Ohm ·      Hukum
  I Kirchhoff ·      Rangkaian
  listrik  ·      Sumber
  energi listrik  ·      Energi
  dan daya listrik ·      Penghematan
  energi listrik ·      Sumber
  energi listrik alternatif | ·       Mengamati
  berbagai peralatan listrik serta nyala
  lampu pada beberapa rangkaian listrik yang ada di lingkungan sekolah ·       Melakukan
  percobaan rangkaian listrik terbuka dan tertutup, hubungan
  antara kuat arus, hambatan, dan tegangan listrik , mengukur
  arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik seri dan paralel ·       Mengidentifikasi
  sumber-sumber energi listrik,  faktor-faktor yang memengaruhi besarnya
  energi dan listrik serta upaya yang dapat dilakukan dalam rangka
  penghematan energi listrik ·       Mengidentifikasi
  jenis-jenis sumber energi listrik alternatif yang
  ramah lingkungan ·       Menyajikan
  hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel serta
  hasil penyelidikan karakteristik rangkaian listrik, dan mendiskusikannya dengan teman | 
| 4.5     Menyajikan
  hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik | ||
| 3.6     Menerapkan
  konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet
  dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari
  makanan dan migrasi | Kemagnetan ·      Sifat
  magnet ·      Cara
  membuat magnet ·      Kemagnetan
  bumi ·      Induksi
  elektromagnetik ·      Transformator ·      Produk
  teknologi yang memanfaatkan kemagnetan ·      Pergerakannavigasi
  hewan yang memanfaatkan medan magnet | ·       Mengamati
  berbagai bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan
  elektromagnet atau induksi elektromagnetik ·       Melakukan
  percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat  dan pembuatan
  magnet ·       Mengidentifikasi
  kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi ·       Mengidentifikasi
  faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan
  informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator
  melalui percobaan ·       Mengumpulkan
  informasi mengenai pergerakan/navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet
  bumi  ·       Menerapkan
  prinsip elektromagnet atau induksi elektromagnet dalam karya berupa produk
  teknologi sederhana | 
| 4.6     Membuat
  karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau  induksi elektromagnetik | ||
| 3.7     Menerapkan
  konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia | Bioteknologi
  dan Produksi Pangan ·       Prinsip
  dasar bioteknologi ·       Bioteknologi
  konvensional ·       Bioteknologi
  modern ·       Penerapan
  bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia | ·       Mengamati
  berbagai produk bioteknologi konvensional misalnya tempe, kecap, tape, nata
  de coco, dll ·       Membedakan
  prinsip bioteknologi konvensional dan modern ·       Melakukan
  percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional, misalnya membuat
  tape, tempe, atau yoghurt ·       Mengumpulkan
  informasi tentang penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan
  hidup manusia dan mendiskusikan hasilnya dengan teman | 
| 4.7     Membuat
  salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar | ||
| 3.8     Menghubungkan
  konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan
  sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak
  penggunaannya terhadap kesehatan manusia  | Sifat Bahan ·   Atom,
  ion, dan molekul ·       
  Sifat bahan ·       
  Pemanfaatan bahan dalam kehidupan
  sehari-hari ·       
  Pengaruh bahan terhadap kesehatan | ·       Mengamati
  model atom serta berbagai macam bahan serat, karet, tanah
  liat, kaca/gelas, plastik, dan
  logam ·       Mengidentifikasi
  bagian-bagian atom serta sifat-sifat fisik bahan serat, karet, tanah
  liat, kaca/gelas, plastik, dan  logam melalui penyelidikan ·       Mengidentifikasi
  pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
  serta pengaruh bahan tertentu terhadap
  kesehatan manusia ·       Menyajikan karya
  ide kreatif pemanfaatan bahan serat, karet, tanah
  liat, kaca/gelas, plastik, dan  logam. | 
| 4.8     Menyajikan
  hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan
  sehari-hari | ||
| 3.9     Menghubungkan
  sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan
  pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan  | Tanah
  dan Kehidupan ·      Peranan
  tanah untuk keberlanjutan kehidupan ·      Peranan
  organisme  dalam tanah ·      Proses
  pembentukan tanah ·      Komponen
  penyusun tanah | ·      
  Mengamati berbagai tekstur, lapisan-lapisan
  serta komponen-komponen tanah yang ada di
  lingkungan sekitar    ·       Melakukan percobaan tentang peranan tanah bagi kehidupan serta
  mengidentifikasi peran organisme yang ada di permukaan dan dalam
  tanah ·       Mengumpulkan
  informasi mengenai proses pembentukan tanah serta mengidentifikasi
  komponen penyusun tanah dan tingkat kesuburan tanah melalui percobaan ·       Membuat laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi
  kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman | 
| 4.9     Menyajikan
  hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi
  kehidupan | ||
| 3.10  Memahami
  proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan | Proses
  dan Produk  Teknologi Ramah Lingkungan ·       Teknologi
  ramah lingkungan ·       Aplikasi
  teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan ·       Teknologi
  tidak ramah lingkungan | ·       Mengamati
  tayangan penggunaan biogas, sel surya, mobil listrik, atau aplikasi teknologi
  ramah lingkungan yang lain ·       Mengumpulkan
  informasi mengenai berbagai teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya ·       Menganalisis
  dampak teknologi tidak ramah lingkungan terhadap lingkungan alam ·       Menyajikan
  karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dan mendiskusikannya
  dengan teman | 
| 4.10  Menyajikankarya
  tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan | 
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Surakarta,
12 Juli 2021
Kepala Sekolah                                                                                               Guru
Mapel IPA
..........................                                                                                                                                                                                     ..........................
NIP
                                                                                                                NIP.
          
No comments:
Post a Comment