BATASAN MATERI PTS
IPA KELAS 9
| Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Bentuk Soal | Batasan Soal | 
| 3.1 Menerapkan konsep
  pengukuran berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku) | Besaran
  Pokok dan turunan (VII) 
 | PG | 1.     
  Disajikan
  tabel besaran dan satuan, siswa memilih jawaban yang paling tepat | 
| 3.2 Mengklasifikasikan makhluk
  hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati | Klasifikasi
  makhluk hidup (VII) 
 | PG | 2.     
  Menentukan
  klasifikasi tumbuhan monokotil dan dikotil 3.     
  Menentukan
  hewan berdasarkan bentuk/ ciri fisik | 
| 3.3 Menjelaskankonsep campuran
  dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika
  dan kimia dalam kehidupan sehari-hari | Unsur,
  Senyawa, dan Campuran Perubahan
  fisika dan kimia (VII) | PG | 4.     
  Menentukan
  zat yang termasuk dalam senyawa dan campuran 5.     
  Menentukan
  perubahan fisika dan kimia | 
| 3.4  Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
  perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
  mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia | Suhu
  dan Kalor (VII) | PG | 6.     
  Menghitung
  suhu akhir pada perhitungan kalor | 
| 3.5 Menganalisis konsep energi,
  berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
  sehari-hari termasuk fotosintesis | Energi
  Potensial Energi
  Kinetik (VII) | PG | 7.     
  Menghitung
  besar energi potensial benda jatuh bebas 8.     
  Konsep
  energi kinetik | 
| 3.6  Mengidentifikasi sistem organisasi
  kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun
  sel | Sistem
  Organisasi Kehidupan (VII) | PG | 9.     
  Ciri
  jaringan palisade parenkhim/ tiang tumbuhan | 
| 3.8  Menganalisis terjadinya pencemaran
  lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem | Pencemaran
  Lingkungan (VII) | PG | 10.  Usaha untuk mengurangi pencemaran
  lingkungan | 
| 3.11  Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan
  revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di  bumi | Rotasi
  dan Revolusi Bumi (VII) | PG | 11.  Akibat rotasi bumi | 
| 3.2  Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya
  terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda
  dan gerak makhluk hidup | Gerak
  Benda/ Hukum Newton II (VIII) | PG | 12.  Menghitung nilai percepatan
  benda | 
| 3.3
  Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia | Usaha
  dan Energi (VIII) | PG | 13.  Menghitung nilai usaha pada
  benda | 
| 3.4
  Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta
  teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan | Struktur
  dan fungsi jaringan tumbuhan (VIII) | PG | 14.  Proses mencangkok | 
| 3.5  Menganalisis sistem pencernaan pada manusia
  dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya
  menjaga | Uji
  bahan makanan (VIII) | PG | 15.  Enzim yang berperan dalam sistem
  pencernaan makanan pada manusia | 
| 3.6   Menjelaskan berbagai zat aditif dalam
  makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan | Zat
  Aditif dan Zat Adiktif (VIII) | PG | 16.  Zat aditif alami dan fungsinya 17.  Ciri pengguna Narkotika | 
| 3.7
  Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada
  sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah | Sistem
  Peredaran Darah (VIII) | PG | 18.  Perbedaan vena dan arteri | 
| 3.8  Menjelaskantekanan zat dan penerapannya
  dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas
  jaringan angkut pada tumbuhan | Tekanan
  Udara (VIII) | PG | 19.  Pengaruh ketinggian terhadap
  tekanan udara | 
| 3.9  Menganalisis sistem pernapasan pada manusia
  dan memahami gangguan pada sistem pernapasanserta upaya menjaga kesehatan
  sistem pernapasan | Sistem
  Pernafasan Manusia (VIII) | PG | 20.  Ciri pernafasan dada pada
  manusia | 
| 3.12 
  Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang
  datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan
  manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik | Getaran
  dan Gelombang (VIII) | PG | 21.   Menentukan salah satu besaran yang
  digunakan dalam  getaran | 
| 3.1 
  Menghubungkan sistem  reproduksi
  pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup
  yang menunjang kesehatan reproduksi | Sistem
  Ekskresi Manusia (IX) | PG | 22.   Menyebutkan organ ekskresi pada manusia | 
| 3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada
  tumbuhan dan  hewan serta penerapan teknologi pada
  sistem reproduksi tumbuhan dan hewan | Sistem
  Reproduksi ada Manusia (IX) | PG | 23.   Menjelaskan salah satu fungsi organ
  reproduksi wanita | 
| 3.5 
  Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber
  energi listrik dalam
  kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
  listrik | Sistem
  Reproduksi pada Manusia (IX) | PG
   | 24.   Menjelaskan faktor penyebab penyakit
  kelamin pada sistem reproduksi manusia | 
| 3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan
  memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem
  ekskresi | Perkembangbiakan
  pada Hewan (VIII) | PG | 25.   Menyebutkan contoh perkembangbiakan
  aseksual pada hewan | 
| 3.11  
  Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi, dalam kehidupan
  sehari-hari termasuk sistem
  pendengaran manusia dansistem sonar
  pada hewan | Perkembangbiakan
  pada Tumbuhan (IX) | PG | 26.   Menyebutkan contoh perkembangbiakan  vegetatif pada tumbuhan | 
| 3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada
  tumbuhan dan  hewan serta penerapan teknologi pada
  sistem reproduksi tumbuhan dan hewan | Listrik
  Dinamis  (IX) | PG | 27.   Menghitung daya listrik saat tegangan
  diturunkan | 
| 3.3 Menerapkan
  konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
 | Pewarisan
  sifat dan Kelainan pada manusia (IX) | PG | 28.   Menganalisa kelainan penyakit Hemofilia | 
| 3.3  Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup | Penerapan
  pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup (IX) | PG | 29.   Menentukan prosentase warna bunga dari
  hasil persilangan monohibrida | 
| 3.4 
  Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan
  sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf  dan hewan yang mengandung listrik | Listrik
  Statis (IX) | PG
   | 30.   Menganalisa gaya pada benda bermuatan
  listrik | 
| 3.5 
  Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber
  energi listrik dalam
  kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
  listrik | Listrik
  Dinamis  (IX) 
 | Uraian
   | 31.   Menghitung hambatan pegganti pada
  rangkaian paralel | 
| 3.7 
  Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia | Bioteknologi (IX) | Uraian | 32.   Menyebutkan contoh produk bioteknologi  | 
| 3.5  Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi
  dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk
  sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
  listrik | Listrik
  (IX) | Uraian | 33.   Menghitung biaya pemakaian energi
  listrik/ rekening listrik | 
| 3.6  
  Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan
  medan magnet, termasuk dalam kehidupan sehari-hari termasuk
  pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi | Kemagnetan (IX)
   | Uraian | 34.   Menjelaskan cara membuat magnet melalui
  penggosokan | 
| 3.6   Menerapkan konsep kemagnetan, induksi
  elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam kehidupan
  sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan
  migrasi 
 | Transformator/Trafo
  (IX) 
 | Uraian | 35.   Menghitung jumlah lilitan pada trafo | 
No comments:
Post a Comment