Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                        : SMP Negeri 8 Surakarta
Matapelajaran              : IPA
Kelas/Semester            : VIII / 1
Materi
Pokok               : Sistem Pencernaan
Alokasi
Waktu            : 1 x TM ( 3 JP)
A.       Kompetensi
Inti (KI)
KI.1.Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait dengan
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.Mencoba,
mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lainyang sama dalam sudut pandang/teori
B.        Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1  Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3  Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari. 
3.6 Mendeskripsikan
sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem
peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
            Indikator  :
3.6.1 Menyebutkan
jenis-jenis bahan makanan
3.6.2 Menyebutkan
kandungan bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan
3.6.3 Menjelaskan fungsi dari bahan
makanan
3.6.4 Menyebutkan organ-organ dalam
sistem pencernaan manusia
3.6.5 Menjelaskan fungsi-fungsi organ
pencernaan
3.6.6 Menjelaskan
proses pencernaan dalam tubuh manusia
4.6  Melakukan
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
       Indikator
pencapaian kompetensi :
       4.6.1
Trampil  melakukan uji nutrisi makanan
4.6.2. Melakukan penyelidikan kandungan
nutrisi pada camilan
4.6.3. Melakukan penyelidikan kandungan
vitamin C pada berbagai jenis buah
4.6.4. Membuat model saluran pencernaan
makanan
4.6.5. melakukan penyelidikan pencernaan
mekanis dan kimiawi
4.6.6. Membuat model
penyerapan di usus halus
C.        Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (
Makanan )
• Uji nutrisi bahan
makanan
Pertemuan Kedua
(Makanan)
         •
Identifikasi bahan makanan
• Menguji vitamin C
pada buah
Pertemuan Ketiga
(Saluran Pencernaan Makanan)
        •
Membuat model saluran pencernaan makanan
Pertemuan Keempat
(Saluran Pencernaan Makanan)
• Pencernaan mekanis
dan kimiawi
Pertemuan Kelima
(Saluran Pencernaan Makanan)
       •
Membuat model penyerapan di Usus Halus
       •
Peristiwa fisika pada saluran pencernaan makanan
Pertemuan Keenam (Tes
tulis)
F.         Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media              :
Komputer, LCD
2.  Alat/Bahan
| Alat 1.      Tabung
  reaksi                6.
  Pipet tetes 2.      Penjepit
  tabung            7.
  reaksi Gelas kimia 3.      Rak
  tabung reaksi         8. Kertas
  label 4.      Termometer                  9.
  Kaki tiga 5.      Mortar
  dan pistil          10.
  Pembakar spiritu | |
Bahan : Bahan Makanan dalam kehidupan
sehari hari
3.  Sumber Belajar
a.     Buku
siswa IPA kelas VIII Semester 1
b.    LK
D.       Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran 
1.      Pertemuan
Kesatu
| Kegiatan | Langkah Model
   Discovery | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu | 
| Pendahuluan | -     Mengucapkan
  salam -     Menanyakan
  keadaan peserta didik -     Apersepsi
  dengan memberikan pertanyaan tentang bahan makanan yang sering dikonsumsi
  peserta didik   Guru memberikan motivasi
  kepada peserta didik dengan Guru memperlihatkan gambar anak yang gisi buruk
  serta gambar orang kerdil dan manusia raksasa   Guru memancing peserta
  didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar. -     Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi | ||
| Kegiatan inti | Stimulation(simullasi/Pemberian rangsangan) | -    Peserta didik
  diminta memperhatikan beberapa bahan makanan dalam kemasan yang akan diteliti -    Peserta
  diberi kesempatan untuk bertanya tentang bahan makanan yang diperlihatkan -    Guru merespon
  pertanyaan siswa dan mengarahkan siswa untuk memikirkan mengapa kita harus
  makan? Apakah kita dapat mengkonsumsi seluruh jenis makanan? Apa akibatnya
  jika bahan makanan tidak sehat? | 10 menit | 
| Pembahasan tugas dan identifikasi
  masalah | -     Menyampaikan
  informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi mengidentifikasi
  jenis bahan makanan pada produk kemasan dilanjutkan dengan kegiatan
  eksperimen uji nutrisi pada makanan -     Membagi
  peserta didik dalam kelompok kecil (terdiri atas 2-3 peserta didik) -     Diskusi
  kelompok untuk mengidentifikasi jenis bahan makanan pada produk kemasan dan
  kegunaannya bagi tubuh (“ayo kita coba” pada buku siswa hal 120) -     Peserta
  didik mempelajari konsep tentang kandungan nutrisi bahan makanan yang berguna
  untuk tubuh pada buku siswa hal 121-123 -     Peserta
  didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan yang akan
  dilakukan | 100 menit | |
| Observasi | -    Peserta didik
  melakukan percobaan uji kandungan nutrisi pada makanan tertentu yang telah
  disediakan (LK UJI NUTRISI) | ||
| Data collection (pengumpulan data) | -    Peserta didik
  mengamati hasil percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang
  tersedia pada LK | ||
| Data processing (pengolahan Data) | -    Peserta didik
  mengolah dan menganalisis data percobaan uji kandungan nutrisi pada makanan
  untuk mendapatkan konsep tentang kandungan nutrisi pada makanan | ||
| Verification (pembuktian) | -    Presentasi
  hasil percobaan -    Diskusi
  prinsip-prinsip uji nutrisi pada makanan berdasarkan hasil data percobaan dan
  mencocokan dengan konsep pada buku sumber. | ||
| Generalization (menarik
  kesimpulan/generalisasi) | -    Membuat
  kesimpulan tentang jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan
  kandungan nutrisi pada bahan makanan | ||
| Penutup | -    Peserta didik
  dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran -    Guru
  memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik -    Pemberian
  tugas untuk mempelajari kandungan gizi pada camilan | 20 menit | 
Pertemuan Kedua
| Kegiatan | Langkah-model
   Discovery learning | KEGIATAN
   PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | 
| Pendahuluan | -          Meyiapkan
  peserta didik -          guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi -          guru
  melakukan apersepsi   tentang  nutrisi kandungan
  makanan yang mengandung karbohidrat, dan lemak. | 10 menit | |
| Stimulation(simulasi/Pemberian rangsangan) | -          peserta
  didik diberi motivasi untuk memusatkan perhatian pada topik sistem
  pencernaan dengan cara mengamati beberapa jenis sari buah - guru memperlihatkan   produk
  camilan makanan tertentu | ||
| Kegiatan inti | Problem statemen(pertanyaan/identifikasi masalah) observasi | -          guru
  memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan     contoh
  pertanyaan siswa :          Cairan
  apakah itu ?          Bisa
  diminum atau tidak?          Mengandung
  apa cairan itu ?? -          Menyampaikan
  informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan percobaan uji vitamin C dan
  diskusi identifikasi makanan. -          Membagi
  peserta didik  menjadi  5 kelompok -          Diskusi
  kelompok pada LK  “Ayo kita selesaikan “  halaman 125 –
  126 pada buku siswa. -          Melakukan
  percobaan uji vitamin C “Ayo kita lakukan “ halaman 127  - 128 pada
  buku siswa | 60 menit | 
| Data collection(pengumpulan data) | -          Peserta
  didik   diskusi  pengamatan tabel kandungan lemak
  pada beberapa  camilan . -          Peserta
  didik  menyelidiki kandungan vitamin C pada buah 1.       Sari
  buah jeruk 2.       Sari
  buah jambu biji 3.       Sari
  buah mangga Dengan menggunakan Lugol -          Mencatat
  data hasil pengamatan sesuai dengan LKpada buku siswa halaman 125 “ Ayo kita
  selesaikan” -          Dari
  percobaan ini peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang
  kandungan vitamin C pada berbagai buah | ||
| Data processing (pengolahan Data) | peserta didik dalam kelompoknya
  berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan dengan cara : -          Menjawab
  pertanyaan pada LK “ Ayo kita selesaikan “ halaman 125 – 126 untuk memperoleh
  konsep camilan makanan yang sehat -          Mendiskusikan
  hasil percobaan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar
  kegiatan buku siswa “ayo kita lakukan “ halaman 127- 128 untuk memperoleh
  konsep vitamin C pada buah- buahan. | ||
| Verification(pembuktian) | -          Peserta
  didik dalam kelompoknya mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi
  hasil pengolahan data dengan dengan buku siswa. | ||
| Generalization (menarik kesimpulan) | Peserta didik menyimpulkan hasil
  percobaan dan diskusi dengan cara : 1.       Menyimpulkan
  kandungan vitamin C yang terdapat pada berbagai sari buah 2.       Memberikan
  contoh manfaat vitamin C bagi tubuh manusia | ||
| penutup | -          Peserta  didik
  dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran -          Guru
  memberi penghargaan ( misalnya pujian ) bagi kelompok yang berkinerja baik -          Peserta
  didik menjawab kuis tentang vitamin C pada buah- buah tertentu -          Pemberian
  tugas untuk mempelajari saluran pencernaan dan enzim pada sistem pencernaan. | 10 menit | 
Pertemuan Ketiga
| Kegiatan | Langkah Model Discovery | Diskripsi Kegiatan | Alokasi waktu | 
| Pendahuluan | Menciptakan situasi (stimulasi) | -menyiapkan peserta didik untuk belajar -guru melakukan pemusatan perhatian:          Guru
  memperlihatkan gambar system pencernaan          Guru memancing
  peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar system
  pencernaan manusia          Guru melakukan
  apersepsi sesuai dengan gambar yang ditunjukkan          Guru menyampaikan
  tujuan belajar dan cakupan materi | 20  menit | 
| Kegiatan Inti | Pembahasan tugas dan identifikasi masalah Observasi Pengumpulan data, pengolahan data dan analisis Verifikasi Generalisasi |          Menyampaikan
  informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pembuatan model saluran
  pencernaan makanan          Membagi peserta
  didik menjadi 4 kelompok          Peserta didik
  membuat model saluran pencernaan makanan sesuai LK hal 271 pada buku siswa          Peserta didik
  berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada di LK untuk memperoleh konsep
  keterkaitan struktur saluran pencernaan dengan waktu berlangsungnya
  pencernaan          Diskusi : - nama organ dan fungsinya - factor yang mempengaruhi waktu    pencernaan berlangsung          Presentasi hasil
  kegiatan pembuatan model saluran pencernaan          Membuat kesimpulan
  : -          Organ yang
  menyusun saluran pencernaan -          factor yang
  mempengaruhi waktu pencernaan berlangsung | 80 menit | 
| Penutup |          Peserta didik dan
  guru mereview hasil kegiatan pembelajaran          Guru memberikan
  penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik dengan aplaus tepuk tangan dan
  pujian          Pemberian tugas
  untuk mempelajari penyerapan makanan di usus halus | 20 menit | 
Pertemuan Keempat
| Kegiatan | Langkah2 Model  PBL | Deeskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | 
| Pendahuluan | Orientasi peserta didik kepada masalah | Guru menyapa siswa dan memberi
  pertanyaan berkaitan dengan materi yang akan diajarkan Guru menghubungkan dengan materi
  sebelumnya yaitu tentang macam-macam sistem pencernaan makanan Pemusatan perhatian Pemutaran video
  pencernaan makanan Guru memotivasi siswa untuk menanggapi
  apa yang telah ditayangkan Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran | 10 menit | 
| Kegiatan Inti | Mengorganisasikan peserta didik Membimbing penyelidikan individu dan
  kelompok Mengembangkan dan menyajikan hasil
  karya Menganalisa &mengevaluasi proses
  pemecahan masalah | a.    Guru
  menyampaikan informasi kegiatan yang akan dilakukan yaitu merancang diskusi
  kelompok untuk mengumpulkan informasi tentang enzim-enzim pencernaan yang
  membantu pencernaan makanan dalam organ-organ pencernaan b.    Guru membagi
  kelompok siswa untuk tugas diskusi  enzim enzim pada pencernaan
  kimiawi pada organ-organ saluran pencernaan a.      Secara
  berkelompok siswa berdiskusi untuk mencari informasi tentang enzim enzim pada
  pencernaan kimiawi pada organ-organ saluran pencernaan melalui lembar kerja
  siswa dengan dibantu dari buku siswa sebagai buku sumber a.  Siswa secara perwakilan
  kelompok mempresentasikan hasil laporan diskusi tentang enzim-enzim
  pencernaan pada saluran orangan pencernaan b.    Kelompok
  lain menanggapai hasil  laporan diskusi tentang enzim-enzim
  pencernaan pada saluran orangan pencernaan yang telah dipresentasikan a.      Guru
  beserta siswa bersama-sama menyimpulkan tentang sistem pencernaan kimiawai
  dibantu oleh enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar
  pencernaan. | 50 menit | 
| Penutup | Mengevaluasi pengalaman
  belajar   | Siswa dan guru merefleksi hasil
  kegiatan belajar dengan mengungkapkan perasaan dan pengalamannya selama
  kegiatan belajar  Guru memberi reward pada siswa atau
  kelompok yang kinerjanya baik. Siswa menjawab soal / pertanyaan
  tentang materi sistem pencernaan kimiawi Guru memberikan tugas pada siswa untuk
  mengunduh di internet tentang kelainan / penyakit yang ada pada sistem
  pencernaan | 20 menit | 
Pertemuan Kelima
| Kegiatan | Langkah- Discovery Learning | Diskripsi Kegiatan | Alokasi waktu | 
| Pendahuluan | Menciptakan situasi (stimulasi) | - menyiapkan peserta didik untuk belajar - guru melakukan pemusatan perhatian:     Guru memperlihatkan video model   penyerapan usus halus     Guru memancing peserta didik      agar mengajukan pertanyaan yang        berkaitan   dengan video model penyerapan    di usus halus     Guru melakukan apersepsi
  sesuai      dengan video yang ditunjukkan     Guru menyampaikan tujuan belajar   dan cakupan materi | 20  menit | 
| Kegiatan Inti | Pembahasan tugas dan identifikasi masalah Observasi Pengumpulandata Pengolahan data, dan analisis Verifikasi Generalisasi |     Menyampaikan informasi tentang     kegiatan yang akan dilakukan yaitu   pembuatan model penyerapan   usus halus       Membagi peserta didik menjadi 4
  kelompok     Diskusi kelompok untuk mengkaji     LKS bagaimana cara membuat   model penyerapan usus halus   melalui percobaan    Melakukan percobaan pembuatan    model penyerapan usus halus       Peserta didik mengamati percobaan
  model penyerapan makanan di usus halus dan mencatat data pada kolom yang
  tersedia pada LKS       Mengolah data model penyerapan
  makanan di usus halus dan menganalisis data percobaan          Diskusi hasil percobaan      Diskusi model penyerapan usus    halus berdasarkan data hasil     percobaan dan mencocokan    dengan konsep pada buku sumber      Peserta didik mempresentasikan    hasil kerja kelompok      Membuat kesimpulan tentang    prinsip-prinsip dan metode model    penyerapan di usus halus | 80 menit | 
| Penutup |          Peserta didik dan
  guru mereview hasil kegiatan pembelajaran          Guru memberikan
  penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik dengan aplaus tepuk tangan dan
  pujian          Pemberian tugas
  untuk mempelajari pemanfaatan model penyerapan makanan di usus
  halus | 20    menit | 
Pertemuan Keenam (Tes Tulis)
E.      Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Jenis/teknik
penilaian
| Jenis/teknik | Bentuk instrumen | 
|       Sikap |       Lembar pengamatan sikap dan rubrik | 
|       Pengetahuan  |       Tes pilihan ganda dan uraian | 
|       Keterampilan |       Tes praktik | 
2.      Instrumen
a.      Lembar
pengamatan sikap
-          Lembar
penilaian sikap pada kegiatan praktikum
| No | Nama peserta didik | Disiplin | Teliti | Hati-hati | Jumlah skor | 
| 1 | |||||
| 2 | |||||
| 3 | 
           
-          Lembar
penilaian sikap pada kegiatan diskusi
| NO | Peserta didik | Kerjasama | Toleran | Proaktif | Jumlah skor | 
| 1 | |||||
| 2 | |||||
| 3 | 
Keterangan : Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan
yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku
dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku
dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam
kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam
kegiatan
     Penilaian
sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
                      Jumlah
Skor                              
     Nilai =
-------------------------  x 100
                     Jumlah
siswa
| Predikat | Nilai | 
| Sangat Baik | 80 ≤ A ≤ 100 | 
| Baik | 70 ≤ B ≤ 79 | 
| Cukup | 60 ≤ C ≤ 69 | 
| Kurang ( K ) | < 60 | 
b.      Lembar
pengamatan keterampilan praktikum
Penilaian keterampilan praktikum uji makanan
| No | Nama Peserta Didik | Persiapan percobaan | Pelaksanaan Percobaan | Kegiatan Akhir percobaan | Jumlah skor | 
| 1 | |||||
| 2 | |||||
                 Rubrik
| No | Keterampilan yang
   dinilai | Skor | Rubrik | 
| 1. | Persiapan percobaan (menyiapkan alat
  dan bahan) | 30 | -  Alat-alat tertata rapi
  sesuai dengan urutan percobaan -  Bahan-bahan tersedia di
  gelas kimia dengan urutan yang sama -  Alat praktikum dalam
  keadaan siap pakai -  Tersedia air untuk
  membilas alat dan tisu | 
| 20 | -          Ada
  tiga aspek yang tersedia | ||
| 10 | -          Ada
  dua aspek yang tersedia | ||
| 2 | Pelaksanaan percobaan | 30 | -          Mencuci
  alat-alat sebelum praktikum -          Merakit
  alat dengan benar -  Melakukan proses uji
  makanan sesuai dengan prosedur yang benar -          Mencatat
  data sesuai dengan fakta yang diamati | 
| 20 | -          Ada
  tiga aspek yang tersedia | ||
| 10 | -          Ada
  dua aspek yang tersedia | ||
| 3 | Kegiatan akhir percobaan | 30 | -          Membuang
  larutan atau sampah ke tempatnya -          Membersihkan
  alat dengan baik -          Membersihkan
  meja praktikum -          Mengembalikan
  alat ke tempat semula | 
| 20 | -          Ada
  tiga aspek yang tersedia | ||
| 10 | -          Ada
  dua aspek yang tersedia | 
c.       Instrumen
test tertulis (Pilihan Ganda)
A. Pilihlah salah satu
jawaban yang paling tepat!
1.Bahan makanan yang dikonsumsi setiap
hari harus mengandung sejumlah besar bahan....
a. karbohidrat dan
protein                             c.
air dan mineral
b. lemak dan
air                                              d.
protein dan mineral
2.Ketika melakukan uji makanan dengan
biuret, tampak muncul warna ungu pada bahan makanan. Hal ini menunjukkan....
a. makanan mengandung
lemak                    c.
makanan mengandung cukup air
b. makanan tidak mengandung
karbohidrat d. makanan mengandung protein
3.Ketika Risa membeli makanan di warung,
penjualnya membungkus dengan menggunakan kertas, ternyata pada kertas tampak
noda yang membuat kertas jadi terlihat transparan. Hal ini bisa terjadi
karena....
a. makanan tersebut sudah kadaluarsa
karena mengubah sifat kertas
b. lemak dalam makanan tersebut mengubah
sifat kertas
c. karbohidrat dari makanan bereaksi
dengan kertas
d. kertas tidak cocok untuk pembungkus
makanan berprotein tinggi
4.Seseorang yang hanya mengkonsumsi nasi
saja menjadi tidak sehat, karena....
a. dalam jumlah banyak nasi akan merusak
sistem pencernaan
b. nasi tidak mengandung cukup
karbohidrat untuk aktivitas normal tubuh
c. nasi tidak mengandung cukup protein
dan lemak untuk tubuh
d. nasi termasuk bahan yang tidak dapat
dicerna dengan sempurna
5.Pada saat masa pertumbuhan sebaiknya
seorang anak mendapat asupan bahan makanan yang banyak mengandung....
a.
karbohidrat                                                 
c. protein
b.
lemak                                                          d.
mineral
6.Saat berpuasa kadar gula dalam darah
menjadi rendah. Makanan yang paling cocok untuk segera memulihkan kondisi tubuh
adalah....
a. buah
kurma                                                             c.
kuning telur
b. putih
telur                                                   d.
daging
7. Sistem pencernaan yang melakukan
gerak peristaltik pertama adalah...
a.
mulut                                                           c.
kerongkongan
b. lambung                                                      d.
usus
8.Organ pencernaan yang bersifat sangat
asam, bertugas untuk membunuh bakteri dan mencerna protein adalah....
a.
mulut                                                           c.
usus halus
b.
lambung                                                      d.
usus besar
9.Pencernaan pada tubuh manusia meliputi
pencernaan...
a. mekanik dan
kimiawi                                  c.
biologis dan kimiawi
b. mekanik dan biologis                                  d.
kimiawi dan enzimatis
10.Proses pemecahan karbohidrat dalam
tubuhmu terjadi pada...
a. mulut dan
lambung                                                c.
usus halus dan usus besar
b. lambung dan usus
halus                             d.
mulut dan usus halus
B. Jawablah pertanyaan
berikut dengan benar!
1.      Bahan
apa sajakah yang terkandung dalam bahan makanan berikut? Sebutkan! a. Keju. b.
Putih telur c. Singkong d. Jeruk
2.      Mengapa
setiap hari manusia harus makan nasi, singkong, atau sagu?
3.      Suatu
bahan makanan ketika diuji dengan biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji
dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedick
memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut? Berikan
contoh makanan tersebut!
4.      Sebutkan
urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan
makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Jelaskan!
5.      Makanan
yang dikonsumsi seseorang dapat mengandung bakteri. Untuk mencegah
berkembangnya bakteri tersebut, organ apakah yang dapat membunuh bakteri
tersebut? Bagaimana cara kerja organ tersebut?
6.      Mengapa
pencernaan memerlukan enzim?
7.      Apabila
seseorang makan daging ayam, organ apakah yang paling berperan untuk mencerna
bahan makanan tersebut secara kimiawi?
8.      Mengapa
struktur usus halus yang memiliki vili lebih efektif saat menyerap bahan
makanan?
9.      Apa
perbandingan pencernaan makanan secara mekanis dan kimiawi?
10.  Bagaimana kegiatan dalam
usus besar dapat membantu mempertahankan homeostasis?
11.  Roti tawar, nasi, dan
sagu mengandung zat tepung. Mengapa roti atau nasi atau sagu terasa manis
setelah lima menit di mulut kamu tanpa dikunyah? Jelaskan!
12.  Apa yang akan terjadi
pada beberapa zat makanan dalam kimus jika pankreas tidak mengeluarkan getahnya
ke dalam usus halus?
             
C. Pemecahan Masalah
1. Masalah Kebutuhan
Energi
Petunjuk
1. Baca teks awal
sebelum kamu menjawab pertanyaan, jika ada kesalahan teks, silakan bertanya
kepada gurumu.
2. Kamu harus
melakukannya sendiri dengan memecahkan masalah menurut langkah-langkah yang
diberikan.
3. Tulis jawaban kamu
hanya pada buku tulis atau pada kertas.
        4.
Kamu tidak diperkenankan menggunakan kalkulator, buku matematika, dan internet
Dhayu adalah pelompat
tinggi berusia 19 tahun. Suatu malam, Dhayu diundang oleh beberapa temannya
untuk makan di warung. Perhatikan daftar menu makanan di warung tersebut.
Daftar Menu
| MENU | Perkiraan Energi PerPorsi (Kal) | |||
| Sayur | 355 | |||
| Sup
  jamur           | 585 | |||
| Sayur bayam | 335 | |||
| Lauk Pauk | 795 | |||
| Ayam goreng | 960 | |||
| Martabak | 920 | |||
| Buah | 1380 | |||
| Melon | 565 | |||
| 
 | ||||
 Dayu menyimpan
catatan apa yang dia makan setiap hari. Sebelum makan malam pada hari itu
makanan yang telah dimakan totalnya 7520 kJ. Dhayu tidak ingin total asupan
energi yang masuk kurang atau melebihi 500 kJ dari jumlah yang disarankan
sehari-hari.
Pertanyaan
a. Bantu Dhayu untuk
mengambil keputusan! Bila Dhayu membeli “MENU dengan HARGA SPESIAL”, apakah
sudah sesuai dengan kebutuhan energi yang dianjurkannya?
b. Bapak Badu seorang guru
yang berusia 45 tahun. Berikan saran kepada Bapak Badu, berapa jumlah asupan
energi yang diperlukan sehari-hari?
Pedoman penilaiaan :
Kunci Jawaban
Bagian A
1.
A      6. A
2. D      7.
C
3.
B      8. B
4.
C      9. A
5.
C      10. A
Bagian B
1. a.
Protein    c. Karbohidrat
    b.
Protein   d. Vitamin C
2. Nasi, singkong,
atau sagu mengandung karbohidrat sebagai sumber energi yang dibutuhkan manusia
untuk beraktifitas.
3. Bahan makanan diuji
dengan biuret terjadi perubahan warna menjadi ungu berarti mengandung protein,
dan diuji dengan benedik terjadi perubahan warna menjadi merah bata berarti
mengandung zat gula.
4. Mulut,
kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, anus. waktu yang
diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda karena
ukuran panjang setiap organ berbeda, enzim yang membantu pencernaan kimiawi
dihasilkan oleh organ yang
berbeda.
5. Lambung, karena
lambung menghasilkan HCl. Kondisi asam inilah yang mematikan bakteri.
6. Enzim berperan
untuk pencernaan kimiawi yang memecah bahan makanan melalui reaksi kimia
7. Daging ayam
mengandung protein. Organ yang berperan melakukanpencernaan protein yaitu
lambung. Lambung menghasilkan enzim pepsinyang mengubah protein menjadi
proteosa. Usus halus, tripsinogen yang dihasilkan pankreas masuk
keusus halus. Tripsinogen mengubah
protein menjadi
polipeptida. Dinding usus halus menghasilkan enzim enterokinase yang mengubah
tripsinogen menjadi tripsin.
8. Diet Coklat.
a. Jawaban ‘tidak’
Penjelasannya beberapa energi berasal dari karbohidrat atau protein
atau karbohidrat +
protein
b. Dua jenis makanan
yang disarankan untuk kompensasi vitamin C adalah buah dan sayur sayuran.
9. Vili atau
jonjot-jonjot usus berfungsi memperluas permukaan penyerapan, sehingga makanan
dapat terserap sempurna.
10. Perbedaan
pencernaan mekanis dan kimiawi: Pencernaan mekanis melibatkan otot, dan gigi.
Terjadi di mulut dan lambung. Bahan makanan dicerna dari ukuran besar menjadi
ukuran
lebih kecil.
Pencernaan kimiawi melibatkan enim pencernaan. Terjadi di mulut, lambung, usus
halus. Bahan makanan dicerna dari molekul besarmenjadi molekul yang kecil.
11. Kegiatan dalam
usus besar dapat membantu mempertahankan homeostasis (keseimbangan) . Usus
besar berfungsi mengatur kadar airpada sisa makanan. Bila kadar air pada sisa
makanan terlalu banyak, maka dinding usus besar akan menyerap kelebihan air
tersebut. Sebaliknya bila sisa makanan kekurangan air, maka dinding usus besar
akan mengeluarkan air dan mengirimnya ke sisa makanan.
12. Roti tawar, nasi,
dan sagu mengandung tepung akan terasa manis setelah lima menit di mulut tanpa
dikunyah karena zat tepung diubah oleh amilase menjadi zat gula.
13. Zat makanan dalam
kimus jika pankreas tidak mengeluarkan getahnya ke dalam usus halus, maka tidk
terjad pencernaan kimiawi oleh getah getah pankreas. Amilum tidak dicerna
oleh Enzim Karbohidrase menjadi
maltosa atau
disakarida lainnya. Emulsi lemak tidak diubah menjadi menjadi asam lemak dan gliserol
oleh enzim lipase. Protein tidak diubah menjadi polipeptida oleh tripsin., dan
amilum tidak diubah menjadi maltosa oleh amilase.
C. Pemecahan Masalah
1. Masalah Kebutuhan
Energi
a. Dhayu seorang
olahragawan yang berusia 19 tahun. Pada hari itu itu Dhayu sudah makan dengan
asupan energi sebesar 7520 kJ. Kebutuhan energi setiap hari 9820 kJ.
Jadi, Kekurangan
asupan energy pada hari itu: 9820 kJ – 750 kJ = 2300 kJ
Kandungan Menu dengan
harga special adalah 1715 kJ dengan rincian
sebagai berikut:
Sup tomat = 355 kJ
Ayam bakar = 795 kJ
Buah melon = 565
Dengan demikian bila
Dhayu mengkonsumsi menu dengan harga
special asupan
energinya pada hari itu sbb. 7520 kJ + 1715 kJ = 9235 kJ
Berarti asupan energy
hari itu masih kurang 585 kJ.
b. Jumlah asupan
energy bapak Badu sebagai guru dengan usia 45 tahun adalah 12120 kJ (lihat
Tabel)
Surakarta, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                            
Guru Mapel  IPA
No comments:
Post a Comment