RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan           :  SMP Negeri 8 Surakarta
Mata
Pelajaran                 :  IPA
Kelas / Semester               :  VIII / 1
Topik                                :  Struktur dan Fungsi Jaringan
Tumbuhan
Alokasi Waktu                 :  15 x 40 menit  ( 9
TM)
                                                               
A.        KOMPETENSI
INTI
KI.1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.    Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3.     Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.     Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.        KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
| KI | KOMPETENSI  DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | 
| 1 | 1.1 Mengagumi keteraturan dan
  kompleksitas ciptaanTuhan tentang
  aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
  lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya | 1.1.1   Mengenali dan
  mengagumi Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya dalam Teknologi sebagai salah
  satu makhluk ciptaan tuhan | 
| 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu; objektif;
  jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
  kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari | 2.1.1  Melakukan kegiatan
  pengamatan secara teliti jujur dan bertanggung jawab | |
| 3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
  fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
  struktur tersebut | 3.2.1.      Menjelaskan
  fungsi akar batang daun dan bunga 3.2.2.      Menyebutkan
  bagian  penampang melintang akar melalui pengamatan 3.2.3.      Menjelaskan
  Fungsi struktur jaringan akar 3.2.4.      Menyebutkan
  bagian  penampang melintang batang melalui pengamatan 3.2.5.       Menjelaskan
  Fungsi struktur jaringan batang 3.2.6.      Menyebutkan
  bagian  penampang melintang daun melalui pengamatan 3.2.7.       Menjelaskan
  Fungsi struktur jaringan daun 3.2.8.      Menyebutkan
  bagian  bunga melalui pengamatan 3.2.9.       Menjelaskan
  Fungsi struktur jaringan bunga | |
| 4.2 Melakukan pengamatan terhadap
  struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang
  terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan | 4.2.1        Membandingkan
  struktur penampang akar monokotil dan dikotil melalui pengamatan 4.2.2        Membandingkan
  struktur penampang batang monokotil dan dikotil melalui pengamatan 4.2.3        Menyajikan
  hasil pengamatan/pengukuran,menginferensi, dan mengkomunikasikan
  hasilnya | 
C. Tujuan Pembelajaran
1.     
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
akar batang daun dan bunga
2.     
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian  penampang melintang akar melalui pengamatan
3.     
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan akar
4.     
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian  penampang melintang batang melalui pengamatan
5.     
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan batang
6.     
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian  penampang melintang daun melalui pengamatan
7.     
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan daun
8.     
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian  bunga melalui pengamatan
9.     
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan bunga
Pendidikan Karakter : Kerjasama, Disiplin, Religius
D. Materi  Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Struktur dan fungsi
organ tumbuhan
• Mengidentifikasi
organ yang ada pada tanaman
Pertemuan Kedua (Akar)
• Pengamatan struktur
anatomi akar
• Mengidentifikasi
berbagai akar temodifikasi disekitar siswa
Pertemuan Ketiga
(Batang)
• Pengamatan struktur
anatomi batang
• Melakukan percobaan
mengenai kerja xilem dalam transpor air
• Mengidentifikasi
berbagai batang termodifikasi disekitar siswa
Pertemuan Keempat
(Daun)
• Melakukan pengamatan
struktur anatomi daun
• Melakukan praktikum
Sach untuk membuktikan adanya fotosintesis yang merupakan fungsi dari daun
Pertemuan Kelima
(Pemanfaatan struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi)
• Melakukan diskusi
berbagai ide teknologi yang terilhami dari struktur dari jaringan tumbuhan
Pertemuan Keenam
Tes Tulis
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     :Scientific
Model              :
Discovery Learning
Metode            :
ceramah, tannya jawab, diskusi, pengamatan
F. Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                           :
LCD
2.    Alat/Bahan                  :  Charta ,mikroskop, kaca objek, silet, akar tanaman
3.    Sumber Belajar
a.      
Buku IPA SMP Kelas VIII Semester 1 Edisi
2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
b.     
Buku IPA SMP Kelas VIII yang relevan
c.      
Internet
G. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu:
a.  Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit) 
1). Memeberi salam dan menyapa peserta didik
 2). Peserta
didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3). Peserta didik
melakukan pengamatan terhadap tayangan yang disajikan guru mengenai fenomena
alam sebagai obyek yang dipelajari dalam IPA diantaranya gambar tumbuhan
4). Peserta didik
menerima klarifikasi oleh guru , bahwa “saat melakukan pengamatan , hindari
dulu membuat tafsiran terhadap pengamatan(inferensi)”
5). Peserta didik
memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
b.  Kegiatan
Inti (100 menit) 
1). Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
 Mengamati
2). Peserta didik
dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
tayangan berupa gambar
pohon
Menanya
3) Berdasarkan
pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
    peristiwa
    Contoh
hasil kerja ;
     -
Prediksi peserta didik : tumbuhan tersusun atas akar, batang , daun, dan
bunga
     -
Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian akar, batang
,  daun, dan  bunga
     -
Jika prediksi tidak sesuai denganpatan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan data
4). Peserta didik
melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan
bagian  tumbuhan
5). Pesrta didik
melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
     pengamatan,inferensi
dan komunikasi serta menjelaskan kegunaan mempelajari bagian tumbuhan dan
fungsinya
6) Peserta didik
melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai      
 bagian tumbuhan
dan fungsinya
Mengasosiasi
7). Peserta
didikmenyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan dan
     kesimpulan
yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
Mengamati
8). Peserta didik
dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
     tayangan
berupa penampang melintang akar dikotil monokotil
Menanya
9) Berdasarkan
pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
    peristiwa
    Contoh
hasil kerja ;
     -
Prediksi peserta didik : struktur penampang  jaringan akar dikotil
monokotil
     -
Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian penampang akardikotil
monokotil
     -
Jika prediksi tidak sesuai denganpatan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan data
10). Peserta didik
melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan bagian
penampang akar dikotil monokotil
11). Peserta didik
melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
     pengamatan,inferensi
dan komunikasi serta menjelaskan kegunaan mempelajari bagian penampang akar
dikotil monokotil
12) Peserta didik
melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai     
bagian penampang akar
dikotil monokotil
Mengasosiasi
13). Peserta didikmenyimpulkan
hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan bagian penampang akar dikotil
monokotil dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
c.  Penutup
( 10 menit)
1). Peserta didik
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2).Guru mendorong
peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan struktur akar
3). Guru memberi
penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4). Guru menyampaikan
informasi materi berikutnya tentang batang
 Pertemuan Kedua
| Kegiatan | Langkah-langkah
   Model Discovery | Deskripsi Kegiatan | 
| Pendahuluan | Menciptakan Situasi (Stimulasi) | -      Menyiapkan
  peserta didik untuk belajar -     Guru
  melakukan pemusatan perhatian pada sub topik akardengan cara menyajikan gambar akar kecambah jagung dan kecambah kacang
  tanah. -      Guru
  melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 1 -      Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi | 
| Kegiatan Inti | Pembahasan Tugas dan Identifikasi
  Masalah 
 
 
 
 
 
 Observasi 
 Pengumpulan data 
 
 Pengolahan data dan analisis 
 
 
 
 Verifikasi 
 
 Generalisasi | -        Menyampaikan
  informasi tentang kegiatan  yang akan dilakukan yaitu mengamati
  gambar akar, dan melakukan percobaan
  sederhana      -          Membagi
  peserta didik menjadi 8 kelompok -       Diskusi kelompok untuk mengamati struktur jaringan yang menyusun anatomi
  akar tumbuhan pada kolom “Ayo kita coba” hal.75 buku siswa dan “Ayo kita
  lakukan”hal.77  -       Guru
  memberi kesempatan pada peserta didik untuk bertanya setelah melakukan
  pengamatan 
 -       Peserta didik melakukan percobaan sederhana 
 -          Peserta
  didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan  pada kolom
  yang tersedia pada buku siswa hal. 75 dan
  77             -       peserta
  didik mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari eksperimen/percobaan dan
  buku sumber dengan cara : -       Mendiskusikan
  hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan – pertanyaan pada lembar
  kegiatan -          Menyimpulkan tentang  struktur jaringan yang menyusun anatomi
  organ  akar tumbuhan -          peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil
  pengolahan dengan data-data pada buku sumber 
          peserta
  didik membuat laporan hasil pengamatan  dan kesimpulan
  tentang  struktur jaringan yang menyusun anatomi
  organ  akar tumbuhan          perwakilan
  kelompok, peserta didik presentasi hasil laporan yang telah disusun | 
| Penutup | -          Peserta
  didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran   -          Guru
  memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
  penghargaan lain yang relevan) kepada kelompokyang berkinerja baik -         Peserta didik menjawab kuis | 
Pertemuan Ketiga
a.  Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit) 
1). Memeberi salam dan menyapa peserta didik
2). Peserta didik
bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3). Guru
melakukan apersepsi dengan cara mengaitkan materi pada pertemuan sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari.
4). Guru menginformasikan
pada peserta didik bahwa ada 3 kegiatan yang dilakukan yaitu mengamati jaringan
penyusun batang, percobaan transport air yang terjadi pada tanaman pada
kegiatan “ Ayo kita Coba”dan mengidentifikasi batang yang termodifikasi pada
kegiatan “Ayo kita lakukan”
5). Peserta didik
memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
b.  Kegiatan
Inti (100 menit) 
1). Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
     Mengamati
2). Peserta didik
dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera matatanaman yang sudah
dipersiapkan.
     Menanya
3) Berdasarkan
pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi peristiwa
    Contoh
hasil kerja ;
     -
Prediksi peserta didik : tumbuhan ada yang berkayu dan ada yang tidak  
        berkayu.
     -
Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian penampang batang
dikotil dan monokotil
     -
Jika prediksi tidak sesuai dengan patan berarti prediksi tidak tepat
     Mengumpulkan
data
4). Peserta didik
melakukan kegiatan “ Ayo kita Coba” pada buku siswa menyebutkan
bagian batang pada tumbuhan
5). Pesrta didik
melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
     pengamatan,dan mengkomunikasi
serta menjelaskan kegunaan bagian- bagian batang tumbuhan dan fungsinya
6) Peserta didik
melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai     
     Bagian batang
pada tumbuhan dan fungsinya
    Mengasosiasi
7). Peserta
didik menyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan
dan  kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
c.  Penutup
( 10 menit)
1). Peserta didik
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2). Guru mendorong
peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan struktur akar
3). Guru memberi
penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4). Guru menyampaikan
informasi materi berikutnya tentang daun
Pertemuan Keempat
| Kegiatan | Langkah-Model Discovery | Diskripsi Kegiatan | Alokasi waktu | 
| Pendahuluan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Kegiatan   Inti 
 | 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Stimulation(stimulasi /pemberian rangsangan 
 
 
 
 
 
 Problem statemen
  (pertanyaan/identifikasi masalah 
 
 Data collection (pengumpulandata) 
 
 
 
 
 
 
 
 Data processing (pengolahandata) 
 
 
 
 
 Verification (pembuktian) | Dalam pendahuluan guru : a. menyiapkan peserta didik secara
  fisik dan psikis  dengan motivasi, sapaan salam hangat, serta
  peduli terhadap kehadiran peserta didik. 
 b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan
  tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan
  dipelajari; 
 c. mengantarkan suatu
  permasalahan ‘Apakah kalau banyak yang memakai udara di bumi akan habis
  ? “ bagaimana oksigen ini selalu tetap ada ?”,  menjelaskan tujuan
  pembelajaran yang akan dicapai. 
 d. menyampaikan garis besar cakupan materi dan
  penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan
  permasalahan. 
 - Guru memberi
  motivasi memusatkan perhatian siswa padadaun-daun yang di
  bawa, dan memancing kreatifitas bertanya. - peserta didik  menanya
  banyak hal tentang daun  dan fotosintesis. -membagi 8 kelompok kerja dr 32 jumlah
  siswa. 
 - Peserta didik mengumpulkan informasi
  yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi di
  atas. 
 -Peserta didik melakukan percobaan untuk  mengidentifikasi
  struktur jaringan pada daun (LK Ayo Kita Coba “Struktur Jaringan Pada
  Daun Tumbuhan” halaman 84) - Dan melakukan percobaan
  untuk mengidentifikasi hasil fotosintesis Ayo Kita Coba “Menyelidiki adanya
  fotosintesis” halaman 85-86 
 -          -Menggambar
  hasil preparat pengamatan pada tabel yang
  disediakan-Peserta didik mengolah data hasil pengamatan dengan cara
  mendiskusikan hasil pengamatan dengan pertanyaan pada lembar kegiatan. -Peserta didik mendiskusikan hasil
  pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan data dengan data-data pada
  buku sumber 
 Peserta didik  mempresentasikan hasil
  percobaan dan diskusi dengan caramenuliskan di kertas yang di sediakan dan
  maju ke depan kelas. | 10 menit 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 100 menit 
 
 | 
| Penutup | Generalization (menarik
  kesimpulan/generalisasi | Dalam kegiatan penutup, guru: -menyimpulkan hasil kegiatan. - memberikan umpan balik (tes tertulis) - merencanakan kegiatan tindak lanjut
  berupa diskusi “ayo kita lakukan” pada meteri berikutnya. | 10 Menit | 
Pertemuan Kelima
a.  Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit) 
  Memeberi salam dan menyapa peserta didik
  Peserta
didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
  Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “dari berbagai struktur
jaringan yang kamu ketahui , ternyata struktur penyusun dinding rumah juga
meniru susunan sel pada tumbuhan,coba jelaskan mengapa struktur dinding rumah
menggunakan hal itu?
  Guru
menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan yaitu mencari berbagai ide yang meniru struktur dan tumbuhan untuk
kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari,misalnya pemasangan batu bata pada
tembok, ternyata meniru susunan sel pada tumbuhan pada kegiatan “ayo kita
lakukan”
b.  Kegiatan
Inti (60 menit) 
 Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
      Mengamati
 Peserta didik mengamati berbagai arsitektur bangunan linggkunan sekitar
sekolah( pemasangan batu bata pada dinding atau tembok  yang belum
diaci, pemasangan keramik pada dinding atau lantai,pemasangan bataco)
Menanya
  Peserta didik bertanya tentang berbagai arsitektur banggunan yang meniru
stuktur jarinan pada tumbuhan,misal:
1.    Mengapa
pemasangan batu bata pada dinding meniru struktur jarinan   pada
tumbuhan?
2.     Mengapa
pemasangan keramik meniru struktur jaringan pada tumbuhan?
3.     Mengapa
pemasangan bataco meniru stuktur jaringan pada tumbuhan?
     Mengumpulkan
data
  Peserta didik mencari berbagai informasi baik internet maupun buku tentang
stuktur jaringan tumbuhan  yang menyerupai pemasangan batu
bata,keramik dan bataco di lingkungan  sekolah
    Mengasosiasi
  Peserta
didik berdiskusi untuk menganalisis berbagai arsitektur bangunan yang meniru
struktur jaringan pada tumbuhan
    Mengkomunikasikan
  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
c.  Penutup
( 10 menit)
1.      Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2.      Guru
memberi penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
3.      Guru
menyampaikan informasi materi berikutnya
Pertemuan keenam
Tes Tulis
F.  Penilaian,Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.  Jenis
dan Bentuk Instrumen
| Jenis | Bentuk Instrumen | 
|          Penilaian
  sikap | Lembar pengamatan sikap | 
|          Penilaian
  Pengetahuan | Soal tes uraian | 
|          Penilaian
  Ketrampilan | Soal tes  unjuk kerja | 
2.  Instrumen
     a.
Lembar pengamatan sikap
| No | Nama Siswa | Kerja sama | Disiplin | Proaktif | Jumlah skor | 
| 1 | |||||
| 2 | |||||
| 3 | 
    
     Rubrik
| 
   | 
     Skore
1 jika tidak pernah berprilaku dalam kegiatan 
     Skore
2 jika kadang  berprilaku dalam kegiatan
     Skore
3 jika sering berprilaku dalam kegiatan
     Skore
4 jika selalu  berprilaku dalam kegiatan
Nilai :  80
– 100  predikat sangat baik
            70
– 79    predikat  baik
            60
– 69    predikat cukup
            <  60        predikat
kurang
     b.
Soal Tes Uraian
| Indiator | Soal | 
| Menyebutkan nama organ pada tumbuhan | 1. Sebutkan struktur organ pada
  tumbuhan | 
| Menjelaskan fungsi dari masing-masing
  organ pada tumbuhan | 2. Jelaskan fungsi dari organ-organ
  yang     menyusun
  tumbuhan | 
    
     Kunci
:
1.  Daun, batang dan akar
2.  Daun memiliki fungsi utama
sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.                            
3. 
Batang secara umum  memiliki fungsi sebagai berikut:
     a.  Penyokong tumbuhan
     b.  Memperluas tajuk tumbuhan untuk
efisiensi penangkapan cahaya matahari
     c.  Sebagai tempat pengangkutan air
dan unsur  hara dari akar menuju daun
     d.  Sebagai tempat menyimpan
cadangan makanan pada tumbuhan tertentu.
4.  Akar secara umum mempunyai fungsi
sebagai berikut:
     a. Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah.
     b. Menyerap air dan mineral dari tanah.
     c. Membantu menegakkan batang.
d. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan pada
tumbuhan tertentu
     Rubrik
1. Setiap jawaban betul soal no 1 diberi skor 20  dan no, 2
diberi skor 80
2. Nilai akhir = jumlah skor
c.  Soal Tes Unjuk kerja
| Indicator | Soal | 
| Mengidentifikasi organ yang ada pada
  tumbuhan | Cari/ambil tanaman yang sudah
  disediakan  tempelkan kertas pada bagian tumbuhan berilah nama
  organ tersebut | 
Rubrik
1. Terampil
dan  betul dalam menamai organ diberi skor 100
2. Kurang terampil dan
betul dalam menamai organ diberi skor 85
3. Terampil dan sebagaian
betul dalam menamai organ diberi skor 75
4. Kurang terampil dan
sebagian betul dalam menamai diberi skor 60
5. Kurang terampil dan
tidak betul dalam menamai diberi skor 50
                 
Nilai akhir = jumlah
skor yang diperoleh
Mengetahui,
                                                                           Surakarta, 16 Juli 2018
Kepala SMP N 8 Surakarta Guru Mapel IPA
No comments:
Post a Comment