|
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : IPA |
Kelas / Semester : IX / Gasal Materi : Sistem Reproduksi pada Manusia |
|
|
Mata
Pelajaran : IPA Kelas/Semester : IX / Ganjil |
Alokasi
Waktu : 6
JP |
|||
KD : 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada
manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang
menunjang kesehatan reproduksi |
4.1
Menyajikan hasil penelusuran informasi
dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada
organ reproduksi |
|||
Materi : Sistem Reproduksi Pada Manusia |
||||
Tujuan Pembelajaran : Menuntun peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan
mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang materi Sistem Reproduksi Pada
Manusia dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses
pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.
Strategi Aktivitas Pembelajaran |
|
|
Pertemuan |
: 1 |
|
Metode |
: Daring |
|
Media |
: WhatsApp, Google Class Room |
|
Sumber Belajar |
: Internet, Buku pegangan siswa |
|
Alat dan Bahan |
: Alat tulis, Laptop / HP |
|
Langkah Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan Guru melalui whatsapp grup kelas memberikan salam pembuka, lalu berdoa
bersama sebelum belajar. Memberikan motivasi dan nasehat agar terhindar dari
COVID-19. B. Kegiatan Inti ·
Guru meminta peserta didik mengakses aplikasi google class room dengan
kode kelas yang sudah diberikan oleh guru ·
Guru memantau kehadiran peserta didik dengan kolom Data Siswa
Tergabung ·
Peserta mengklik bahan ajar yang berisi video konsep Pembelahan sel ·
Guru membimbing siswa
dalam kelas online
selama penayangan video konsep Pembelahan sel ·
Guru meminta peserta didik berkomentar atau memberikan tanggapan
tentang video di kolom Timeline kelas. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya di kolom
Timeline kelas ·
Guru menjawab pertanyaan peserta didik terkait dengan konsep Pembelahan sel ·
Guru memberikan latihan
soal postest sederhana atau evaluasi yang
terdapat pada kolom tugas ·
Guru melakukan evaluasi pemahaman peserta didik tentang konsep Pembelahan sel dengan analisis jawaban yang telah dikerjakan peserta didik. C. Kegiatan Penutup Guru dan peserta didik menutup aplikasi google class room dan
menyimpulkan materi yang sudah disampaikan, lalu mengevaluasi materi dan
menutup pelajaran dengan doa penutup melalui whatsapp grup kelas. |
||
Strategi Aktivitas Pembelajaran |
|
|
Pertemuan |
: 2 |
|
Metode |
: Daring |
|
Media |
: WhatsApp, Google Class Room |
|
Sumber Belajar |
: Internet, Buku pegangan siswa |
|
Alat dan Bahan |
: Alat tulis, Laptop / HP |
|
Langkah Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan Guru melalui whatsapp grup kelas memberikan salam pembuka, lalu berdoa
bersama sebelum belajar. Memberikan motivasi dan nasehat agar terhindar dari
COVID-19. B. Kegiatan Inti ·
Guru meminta peserta didik mengakses aplikasi google class room dengan
kode kelas yang sudah diberikan oleh guru ·
Guru memantau kehadiran peserta didik dengan kolom Data Siswa
Tergabung ·
Peserta mengklik bahan ajar yang berisi video konsep Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada
Manusia ·
Guru membimbing siswa
dalam kelas online
selama penayangan video konsep Sistem Reproduksi pada Manusia ·
Guru meminta peserta didik berkomentar atau memberikan tanggapan
tentang video di kolom Timeline kelas. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya di kolom
Timeline kelas ·
Guru menjawab pertanyaan peserta didik terkait dengan konsep Sistem Reproduksi pada Manusia ·
Guru memberikan latihan
soal postest sederhana atau evaluasi yang
terdapat pada kolom tugas ·
Guru melakukan evaluasi pemahaman peserta didik tentang konsep Sistem Reproduksi pada Manusia dengan analisis jawaban yang telah dikerjakan
peserta didik. C. Kegiatan Penutup Guru dan peserta didik menutup aplikasi google class room dan
menyimpulkan materi yang sudah disampaikan, lalu mengevaluasi materi dan
menutup pelajaran dengan doa penutup melalui whatsapp grup kelas. |
||
Strategi Aktivitas Pembelajaran |
|
|
Pertemuan |
: 3 |
|
Metode |
: Daring |
|
Media |
: WhatsApp, Google Class Room |
|
Sumber Belajar |
: Internet, Buku pegangan siswa |
|
Alat dan Bahan |
: Alat tulis, Laptop / HP |
|
Langkah Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan Guru melalui whatsapp grup kelas memberikan salam pembuka, lalu berdoa
bersama sebelum belajar. Memberikan motivasi dan nasehat agar terhindar dari
COVID-19. B. Kegiatan Inti ·
Guru meminta peserta didik mengakses aplikasi google class room dengan
kode kelas yang sudah diberikan oleh guru ·
Guru memantau kehadiran peserta didik dengan kolom Data Siswa
Tergabung ·
Peserta mengklik bahan ajar yang berisi video konsep Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada
Manusia ·
Guru membimbing siswa
dalam kelas online
selama penayangan video konsep Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada
Manusia ·
Guru meminta peserta didik berkomentar atau memberikan tanggapan
tentang video di kolom Timeline kelas. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya di kolom
Timeline kelas ·
Guru menjawab pertanyaan peserta didik terkait dengan konsep Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada
Manusia ·
Guru memberikan latihan
soal postest sederhana atau evaluasi yang
terdapat pada kolom tugas ·
Guru melakukan evaluasi pemahaman peserta didik tentang konsep Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada
Manusia dengan
analisis jawaban yang telah dikerjakan peserta didik. C. Kegiatan Penutup Guru dan peserta didik menutup aplikasi google class room dan
menyimpulkan materi yang sudah disampaikan, lalu mengevaluasi materi dan
menutup pelajaran dengan doa penutup melalui whatsapp grup kelas. |
||
Strategi Aktivitas Pembelajaran |
|
|
Pertemuan |
: 3 |
|
Metode |
: Daring |
|
Media |
: WhatsApp, Google Class Room |
|
Sumber Belajar |
: Internet, Buku pegangan siswa |
|
Alat dan Bahan |
: Alat tulis, Laptop / HP |
|
Langkah Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan Guru melalui whatsapp grup kelas memberikan salam pembuka, lalu berdoa
bersama sebelum belajar. Memberikan motivasi dan nasehat agar terhindar dari
COVID-19. B. Kegiatan Inti ·
Guru meminta peserta didik mengakses aplikasi google class room dengan
kode kelas yang sudah diberikan oleh guru ·
Guru memantau kehadiran peserta didik dengan kolom Data Siswa
Tergabung ·
Peserta mengklik bahan ajar yang berisi video konsep Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan
upaya pencegahannya ·
Guru membimbing siswa
dalam kelas online
selama penayangan video konsep Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan
upaya pencegahannya ·
Guru meminta peserta didik berkomentar atau memberikan tanggapan
tentang video di kolom Timeline kelas. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya di kolom
Timeline kelas ·
Guru menjawab pertanyaan peserta didik terkait dengan konsep Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan
upaya pencegahannya ·
Guru memberikan latihan
soal postest sederhana atau evaluasi yang
terdapat pada kolom tugas ·
Guru melakukan evaluasi pemahaman peserta didik tentang konsep Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan
upaya pencegahannya dengan analisis jawaban yang telah dikerjakan peserta didik. C. Kegiatan Penutup Guru dan peserta didik menutup aplikasi google class room dan menyimpulkan
materi yang sudah disampaikan, lalu mengevaluasi materi dan menutup pelajaran
dengan doa penutup melalui whatsapp grup kelas. |
||
Surakarta , Juni 2020
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN
OBSERVASI
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak
ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukupjika menunjukkan
ada sedikit usaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus
dan ajeg/konsisten.
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP –
OBSERVASI
NO |
NAMA SISWA |
SIKAP |
Skor
Rata-rata |
||||||
Tanggung
Jawab |
Jujur |
Pedul |
Kerja Sama |
Santun |
Percaya Diri |
Disiplin |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Praktikum |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :
………….. Kelas/Semester :
………….. Topik/Subtopik :
………….. Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan
……………………………………..
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
berikut. 4
= sangat baik 3
= baik 2
= cukup 1
= kurang |
Lembar Penilaian Sikap - Observasi
pada Kegiatan Diskusi |
||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :
………….. Kelas/Semester :
………….. Topik/Subtopik :
………….. Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai
wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
berikut. 4
= sangat baik 3
= baik 2
= cukup 1
= kurang |
LEMBAR PENILAIAN SIKAP – DIRI
PENILAIAN
DIRI |
|||||||||||
|
|||||||||||
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6,tulismasing-masing
huruf sesuai dengan pendapatmu! |
|||||||||||
A = Selalu B = SeringC = Jarang D = Tidak pernah |
|||||||||||
1 |
|
Saya memiliki
motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran |
|||||||||
2 |
|
Saya bekerjasama dalam
menyelesaikan tugas kelompok |
|||||||||
3 |
|
Saya menunjukkan sikap
konsisten dalam proses pembelajaran |
|||||||||
4 |
|
Saya menunjukkan sikap
disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok |
|||||||||
5 |
|
Saya menunjukkan rasa
percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil
diskusi |
|||||||||
6 |
|
Saya menunjukkan sikap
toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam
menyelesaikan masalah |
|||||||||
7 |
|
Saya menunjukan sikap
positip (individu dan social) dalam diskusi kelompok |
|||||||||
8 |
|
Saya menunjukkan sikap
ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi |
|||||||||
9 |
|
Saya menunjukkan
perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja
keras, disiplin dan tanggung jawab |
|||||||||
7 . |
Selama kegiatan pembelajaran, tugas
apa yang kamu lakukan? .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... |
Pedoman Penskoran: Skor
4, jika A = Selalu
Skor 3, jika B = Sering
Skor 2,
jika C = Jarang
Skor 1,
jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan =
Penilaian
Sikap - Diri setelah
peserta didik selesai belajar satu KD |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : …………………. Nama
: ………………… Kelas : ………………… Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan penilaian
diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan
kemampuan
REKAPITULASI
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK Mata Pelajaran : ........................................... Topik/Materi : ........................................... Kelas : ...........................................
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=
x100 |
Penilaian
Sikap - Diri setelah
melaksanakan suatu tugas |
Topik : …………………. Nama
: ………………… Kelas : ………………… Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang
sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
skor :YA=2, Tidak =1 REKAPITULASI
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK Mata Pelajaran : ........................................... Topik/Materi : ........................................... Kelas : ...........................................
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=
x100 |
Penilaian
Sikap - Antar Peserta Didik |
Mata Pelajaran :
………….. Kelas/Semester :
………….. Topik/Subtopik :
………….. Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai
wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - TEMAN SEBAYA
Instrumen
Kategori:
86 – 100 : Sangat Baik 71 – 85 : Baik
55 – 70 : Cukup < 55 : Kurang
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
- JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No. |
Hari/Tanggal |
Sikap/Perilaku |
Keterangan |
|
Positif |
Negatif |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian
Sikap - Jurnal |
||||||||||||
Nama Peserta Didik :
…………...........................................…….. Kelas :
…………...........................................…….. Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik
(B), Cukup (C), dan Kurang (K) |
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes
Uraian
1. .
2. .
3. .
4. .
5. .
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif
jawaban |
Penyelesaian |
Skor |
1 |
|
2 |
2 |
|
2 |
3 |
|
2 |
4 |
|
2 |
5 |
|
2 |
|
Jumlah |
10 |
Nilai =
Penilaian
Pengetahuan - Tes Tulis Uraian |
||||||||||||
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. a. …………………. b. …………………. Jawaban : a. …………………
Pedoman Penskoran
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
-TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban |
Penyelesaian |
Skor |
1 |
|
1 |
2 |
|
1 |
3 |
|
1 |
4 |
|
1 |
.... |
|
1 |
20 |
|
1 |
|
Jumlah |
20 |
Nilai =
Penilaian
Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda |
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. Jawaban : a. …………………
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : .……………..
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan |
|||||||
Pengungkapan
gagasan
yang orisinil |
Kebenaran
Konsep |
Ketepatan
penggunaan istilah |
Dan lain
sebaginya |
||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan -
Penugasan |
Mengidentifikasi ……………………. Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara
kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media. Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja
……………………. Langkah Tugas : 1. Lakukan
observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai
……………………. 2.
Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang
berisi ……………………., …………………….. 3.
Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama
teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut: a. Jenis
…………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran? b. Bagaimana
yang terjadi? c. Keuntungan
apa yang diperoleh dalam kehidupan? 4.
Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan
dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya |
Rubrik
Penilaian
No. |
Kriteria |
Kelompok |
||||||||
9 |
8 |
7 |
6 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Kesesuaian dengan
konsep dan prinsip bidang studi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Ketepatan memilih bahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Kreativitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Ketepatan waktu pengumpulan tugas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Kerapihan hasil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4
= sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
NilaiPerolehan
=
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN -
UNJUK KERJA
Pekerjaan :
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat |
Kriteria |
4 |
Jawaban menunjukkan penerapan konsep
mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar,sesuai dengan
prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini |
3 |
Jawaban menunjukkan penerapan konsep
mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar tetapi ada
cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikitkesalahanperhitungandapatditerima |
2 |
Jawaban menunjukkan keterbatasan
atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Ada jawaban yang benar dan sesuai
dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang
ditanyakan. |
1 |
Jawaban hanya menunjukkan sedikit
atau sama sekali tidak ada pengetahuanbahasa Inggris yang berhubungan dengan
masalah ini. Ciri-ciri: Semua jawaban salah, atau Jawaban benar tetapi tidak
diperoleh melalui prosedur yangbenar. |
0 |
Tidak ada jawaban atau lembar
kerja kosong |
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS : .…………..
No |
Nama Siswa |
Tingkat |
Nilai |
Ket. |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Pengamatan Penilaian
Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ……………………….. KI : ……………………….. KD : ……………………….. Indikator : ………………………..
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek :
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Orientasi
Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian
pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan
untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di
………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara
……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah Pengerjaan:
1.
Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok
paling banyak 4 orang.
2. Selesaikan
masalah terkait ……………
3. Cari
data …………… dengan ……………….. tersebut
4. Bandingkan
untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5. Lakukan
prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6. Hasil
pemecahan masalah dibuat dalam laporan
tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan
pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7. Laporan
bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk
pemecahan masalah
8. Laporan
bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan
masalah, dan (c) penyajian data hasil
9. Laporan
bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil
pada masalah lain (jika memungkinkan)
10.
Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah
tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria |
Skor |
·
Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·
Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi
pemecahan masalah yang benar dan tepat ·
Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang
masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain ·
Kerjasama kelompok sangat baik |
4 |
·
Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·
Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi
pemecahan masalah yang benar dan tepat ·
Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk
akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain · Kerjasama
kelompok sangat baik |
3 |
·
Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka
berpikir ilmiah ·
Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi
pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat ·
Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan
masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis
bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil pada masalah lain · Kerjasama
kelompok baik |
2 |
·
Jawaban tidak benar ·
Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi
pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat ·
Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan
masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis
bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil pada masalah lain ·
Kerjasama kelompok kurang baik |
1 |
Tidak melakukan tugas proyek |
0 |
Penilaian Keterampilan – Proyek |
|||||||||||||||
Mata
Pelajaran : …………… Guru
Pembimbing : …………… Nama Proyek : …………… Nama : …………… Alokasi
Waktu : …………… Kelas : ……………
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK
Nama
Produk : ………………………………..
Nama
Peserta Didik : ………………………………..
No |
Aspek |
Skor |
|||
1 |
Perencanaan
Bahan |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Proses Pembuatan a. Persiapan
Alat dan Bahan b. Teknik
Pengolahan c.
K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan) |
|
|
|
|
3 |
Hasil Produk a. Bentuk
Fisik b. Bahan c. Warna d. Pewangi e. …….. |
|
|
|
|
Total
Skor |
|
|
|
|
|
Ø Aspek
yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø Skor
diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan.
Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama
siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1 |
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana? |
|
|
2 |
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat
sesuai? |
|
|
3 |
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur
pengukuran/pengamatan yang dilakukan? |
|
|
4 |
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar? |
|
|
5. |
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat? |
|
|
6. |
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis? |
|
|
7. |
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik? |
|
|
8. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? |
|
|
Jumlah |
|
|
Kriteria: 5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat
kurang
Penilaian Keterampilan – Produk |
|||||||||||||||
Mata
Pelajaran : …………… Nama
Peserta Didik : …………… Nama Produk : …………… Kelas : …………… Alokasi
Waktu : ……………
|
Penilaian Keterampilan -
Portofolio |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : ………………………….. Kelas/Semester : ………………………….. Peminatan : ………………………….. Tahun Ajaran : 2015/2016 Judul portofolio : Pelaporan
merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan
praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah Ruang lingkup : Karya portofolio
yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan
laporan praktikum bidang studi semester 1 Uraian tugas
portofolio 1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum
bidang studi sebagai tulisan ilmiah 2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah
peserta didik melaksanakan tugas
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan,
menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan,
menulis laporan dan menulis surat.) |
JUDUL ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… |
……………,
……………………..
Mengetahui
Kepala
.......................................... Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment