PROGRAM SEMESTER IPA KELAS VIII
Promes atau program semester termasuk kedalam bagian program tahunan yang berisikan gambaran pembelajaran atau pencapaian yang akan diraih selama satu semester kedepan. Arti semester sendiri yaitu satuan waktu yang digunakan untuk menyelenggarakan program pendidikan selama 6 bulan.
Adapun beberapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama satu semester yaitu kegiatan tatap muka, kerja lapangan, praktikum, ujian tengah semester dan kegiatan lainnya guna mencapai tujuan pendidikan.
Isi dari program semester yaitu hal-hal yang akan dilakukan atau yang ingin dicapai selama pembelajaran satu semester. Perbedaan prota dan promes, yaitu jika program tahunan dibuat untuk mengetahui banyak jam dalam mencapai kompetensi dasar, sedangkan program semester untuk menjawab minggu keberapa kompetensi dasar tersebut dapat dilakukan.
Promes menjadi langkah awal atau susunan perencanaan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Promes dibuat secara terperinci dan berurutan dari beberapa hal yang akan dilakukan oleh guru selama mengajar. Adapun berikut ini merupakan fungsi pembuatan program semester, di antaranya adalah
- Guru memiliki gambaran kegiatan belajar yang dilakukan selama satu semester
- Dapat memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran selama satu semester sesuai perencanaan
- Promes dapat mengarahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah diprogram
- Promes dijadikan pedoman guru untuk mengajar dan membawa suasana KBM lebih baik
- Promes dijadikan sebagai pola dasar untuk mengatur tugas dan wewenang setiap orang yang terlibat dalam pembelajaran
- Sebagai bahan dalam menyusun data dan mencapai keseimbangan kerja
- Sebagai tolak ukur keefektifitasan proses pembelajaran
- Membantu guru untuk menghemat tenaga, waktu, biaya dan alat penunjang pembelajaran karena semuanya telah disusun dengan rapi
Program semester harus disusun dengan tepat dan teratur agar bisa dijadikan acuan yang baik untuk melaksanakan pembelajaran. Isi dari promes sendiri yaitu alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar atau topik satuan bahasan dengan terperinci setiap semester.
Artinya setiap kompetensi dasar atau topik satuan bahasan ini akan dikembangkan menjadi indikator atau sub-sub topik, sesuai dengan alokasi waktunya untuk setiap minggu efektif dalam setiap bulan yang ada selama satu semester. Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah penyusunan atau mengembangkan program semester, di antaranya yaitu:
1. Menentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai. Anda tidak perlu lagi merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, karena kedua hal tersebut sudah tercantum dalam Standar Isi (SI) pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun jika Anda bertugas merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok), Anda perlu merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sendiri.
2. Menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar melalui program tahunan yang telah disusun
3. Menentukan pada minggu atau bulan gambar apa proses pembelajaran kompetensi dasar akan dilakukan
4. Membuat catatan atau keterangan pada bagian-bagian tertentu yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut
Program semester merupakan penjabaran yang masuk ke dalam program tahunan, artinya promes tidak bisa dibuat tanpa adanya susunan program tahunan. Umumnya program semester ini berisi mengenai:
1. Identitas, mulai dari satuan pendidikan, nama sekolah, kelas, semester, mata pelajaran, tahun pelajaran
2. Isian, mulai dari Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), jumlah jam pertemuan (JJP) pembelajaran serta bulan
Adapun indikator pada program semester harus dirumuskan sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Dengan kata lain, indikator layaknya sebuah tujuan instruksional khusus (TIK) dalam proses pembelajaran, di mana dibutuhkan kata kerja operasional (KKO), untuk membuat rumusan yang lebih efektif, seperti menjelaskan, analisis, identifikasi, evaluasi dan lainnya.
No comments:
Post a Comment