RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TERINTEGRASI DENGAN SEKOLAH RAMAH ANAK
(SRA) DAN ADIWIYATA
Sekolah : SMP X Mata Pelajaran : IPA |
Kelas/Semester : VIII
/ 2 (Genap) Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan) |
|
||
Materi Pokok |
: |
Struktur Organ –Organ Pernapasan |
||
1, Tujuan
Pembelajaran |
||||||
Melalui lembar kerja google form tentang Struktur Organ –Organ Pernapasan
peserta didik mampu menyebutkan organ pernapasan manusia, proses pernapasan,
gangguan yang dialami manusia serta upaya mejaga kesehatan dalam hal sistem
pernapasan v
Fokus Karakter : Disiplin, Integritas |
||||||
Alat dan Media Pembelajaran |
|
|
||||
|
Alat |
: |
Laptop, HP |
Sumber belajar |
: |
Internet, sumber yang relevan |
|
Media Pembelajaran |
: |
Power point |
|
Buku Guru & Siswa |
2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
|
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran mengingatkan jangan lupa mendoakan kedua orang tua disetiap saat. v
Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar v
Mengkondisikan
suasana belajar
yang menyenangkan (mengecek
kehadiran peserta didik); |
|
Kegiatan Inti
( 60 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
F
Guru meminta siswa berliterasi membaca
bahan ajar cahaya dan buku siswa kelas VIII semester 2 halaman 45-56 tentang
Struktur Organ –Organ Pernapasan |
Critical
Thinking |
v
Aktivitas Peserta didik diminta menjawab dan menyelesaikan soal yang telah deberikan melalui
google classroom diantaranya : 1. Sebutkan organ-organ
pernapasan! 2. Apakah fungsi paru-paru? 3.
Mengapa pepohonan/
hutan disebut sebagai paru-paru dunia? 4.
Bagaimana menjaga
pepohonan/ tanaman di lingkungan sekolah agar mampu berperan sebagai
paru-paru dunia? |
Collaboration |
|
Communication |
F
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu lewat WA group, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian
ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan dengan sopan Didalam diskusi semua
peserta didik harus menghargai pendapat atau
hasil karya teman ( Belajar berani mengemukakan pendapat ) |
Creativity |
F
Peserta
didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa. F
Peserta
didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
pembelajaran. |
3. Kegiatan
Penutup (10 Menit) |
|
v Siswa
membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator v Guru
memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari
ini, dan mendekati
, menegur siswa yang tidak
mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya. v Guru menutup
dengan salam |
3, Penilaian (Asesmen) |
|
|
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes
pengetahuan atau presentasi unjuk
kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Keterangan
:
Warna
huruf merah :
SRA
Warna
huruf hijau : Adi Wiyata
Mengetahui Kepala
SMP X |
Surakarta, 3 Januari
2021
Guru
Mata Pelajaran IPA
|
..................................., M.Pd NIP.
................................ |
....................................., S.Pd NIP.
................................... |
No comments:
Post a Comment