SERBA SERBI PELAJARAN IPA: RPP SEKOLAH RAMAH ANAK DAN ADIWIYATA BAB ORGAN PERNAPASAN

RPP SEKOLAH RAMAH ANAK DAN ADIWIYATA BAB ORGAN PERNAPASAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

TERINTEGRASI DENGAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DAN ADIWIYATA

 

Sekolah             : SMP X

Mata Pelajaran   : IPA

Kelas/Semester :  VIII / 2 (Genap)

Alokasi Waktu :  2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

 

Materi Pokok        

:

Struktur Organ –Organ Pernapasan

 

1, Tujuan Pembelajaran

Melalui lembar kerja google form tentang Struktur Organ –Organ Pernapasan peserta didik mampu menyebutkan organ pernapasan manusia, proses pernapasan, gangguan yang dialami manusia serta upaya mejaga kesehatan dalam hal sistem pernapasan

v  Fokus Karakter : Disiplin, Integritas

Alat dan Media Pembelajaran

 

 

 

Alat

:

Laptop, HP

Sumber

belajar

:

Internet, sumber yang relevan

 

Media Pembelajaran

:

Power point

 

Buku Guru & Siswa

 

2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran mengingatkan jangan lupa mendoakan kedua orang tua disetiap saat.

v  Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik);

Kegiatan Inti ( 60 Menit )

Kegiatan Literasi

F  Guru meminta siswa berliterasi membaca bahan ajar cahaya dan buku siswa kelas VIII semester 2 halaman 45-56 tentang Struktur Organ –Organ Pernapasan

Critical Thinking

v  Aktivitas

Peserta didik diminta menjawab dan menyelesaikan soal yang telah deberikan melalui google classroom diantaranya :

1.      Sebutkan organ-organ pernapasan!

2.      Apakah fungsi paru-paru?

3.      Mengapa pepohonan/ hutan disebut sebagai paru-paru dunia?

4.      Bagaimana menjaga pepohonan/ tanaman di lingkungan sekolah agar mampu berperan sebagai paru-paru dunia?

Collaboration

Communication

F  Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu lewat WA group, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan dengan sopan

Didalam diskusi semua peserta didik harus menghargai pendapat atau hasil karya teman

( Belajar berani mengemukakan pendapat )

Creativity

F  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

F  Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)

v  Siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator

v  Guru memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari ini, dan mendekati , menegur siswa yang tidak mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya.

v  Guru menutup dengan salam

          

3, Penilaian (Asesmen)

 

 

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  atau presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

Keterangan :

Warna huruf merah : SRA

Warna huruf hijau    : Adi Wiyata

 

Mengetahui

Kepala SMP X

Surakarta, 3 Januari 2021

 

Guru Mata Pelajaran IPA

 

 

 

..................................., M.Pd

NIP. ................................

....................................., S.Pd

NIP. ...................................

  

No comments:

Post a Comment