BATASAN MATERI PTS
IPA KELAS 9
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Bentuk Soal |
Batasan Soal |
3.1 Menerapkan konsep
pengukuran berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku) |
Besaran
Pokok dan turunan (VII)
|
PG |
1.
Disajikan
tabel besaran dan satuan, siswa memilih jawaban yang paling tepat |
3.2 Mengklasifikasikan makhluk
hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati |
Klasifikasi
makhluk hidup (VII)
|
PG |
2.
Menentukan
klasifikasi tumbuhan monokotil dan dikotil 3.
Menentukan
hewan berdasarkan bentuk/ ciri fisik |
3.3 Menjelaskankonsep campuran
dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika
dan kimia dalam kehidupan sehari-hari |
Unsur,
Senyawa, dan Campuran Perubahan
fisika dan kimia (VII) |
PG |
4.
Menentukan
zat yang termasuk dalam senyawa dan campuran 5.
Menentukan
perubahan fisika dan kimia |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia |
Suhu
dan Kalor (VII) |
PG |
6.
Menghitung
suhu akhir pada perhitungan kalor |
3.5 Menganalisis konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk fotosintesis |
Energi
Potensial Energi
Kinetik (VII) |
PG |
7.
Menghitung
besar energi potensial benda jatuh bebas 8.
Konsep
energi kinetik |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun
sel |
Sistem
Organisasi Kehidupan (VII) |
PG |
9.
Ciri
jaringan palisade parenkhim/ tiang tumbuhan |
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem |
Pencemaran
Lingkungan (VII) |
PG |
10. Usaha untuk mengurangi pencemaran
lingkungan |
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan
revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi |
Rotasi
dan Revolusi Bumi (VII) |
PG |
11. Akibat rotasi bumi |
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya
terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda
dan gerak makhluk hidup |
Gerak
Benda/ Hukum Newton II (VIII) |
PG |
12. Menghitung nilai percepatan
benda |
3.3
Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia |
Usaha
dan Energi (VIII) |
PG |
13. Menghitung nilai usaha pada
benda |
3.4
Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta
teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
Struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan (VIII) |
PG |
14. Proses mencangkok |
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia
dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya
menjaga |
Uji
bahan makanan (VIII) |
PG |
15. Enzim yang berperan dalam sistem
pencernaan makanan pada manusia |
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam
makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan |
Zat
Aditif dan Zat Adiktif (VIII) |
PG |
16. Zat aditif alami dan fungsinya 17. Ciri pengguna Narkotika |
3.7
Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada
sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah |
Sistem
Peredaran Darah (VIII) |
PG |
18. Perbedaan vena dan arteri |
3.8 Menjelaskantekanan zat dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan |
Tekanan
Udara (VIII) |
PG |
19. Pengaruh ketinggian terhadap
tekanan udara |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia
dan memahami gangguan pada sistem pernapasanserta upaya menjaga kesehatan
sistem pernapasan |
Sistem
Pernafasan Manusia (VIII) |
PG |
20. Ciri pernafasan dada pada
manusia |
3.12
Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang
datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan
manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik |
Getaran
dan Gelombang (VIII) |
PG |
21. Menentukan salah satu besaran yang
digunakan dalam getaran |
3.1
Menghubungkan sistem reproduksi
pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup
yang menunjang kesehatan reproduksi |
Sistem
Ekskresi Manusia (IX) |
PG |
22. Menyebutkan organ ekskresi pada manusia |
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada
tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada
sistem reproduksi tumbuhan dan hewan |
Sistem
Reproduksi ada Manusia (IX) |
PG |
23. Menjelaskan salah satu fungsi organ
reproduksi wanita |
3.5
Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber
energi listrik dalam
kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
listrik |
Sistem
Reproduksi pada Manusia (IX) |
PG
|
24. Menjelaskan faktor penyebab penyakit
kelamin pada sistem reproduksi manusia |
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan
memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem
ekskresi |
Perkembangbiakan
pada Hewan (VIII) |
PG |
25. Menyebutkan contoh perkembangbiakan
aseksual pada hewan |
3.11
Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi, dalam kehidupan
sehari-hari termasuk sistem
pendengaran manusia dansistem sonar
pada hewan |
Perkembangbiakan
pada Tumbuhan (IX) |
PG |
26. Menyebutkan contoh perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan |
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada
tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada
sistem reproduksi tumbuhan dan hewan |
Listrik
Dinamis (IX) |
PG |
27. Menghitung daya listrik saat tegangan
diturunkan |
3.3 Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Pewarisan
sifat dan Kelainan pada manusia (IX) |
PG |
28. Menganalisa kelainan penyakit Hemofilia |
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Penerapan
pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup (IX) |
PG |
29. Menentukan prosentase warna bunga dari
hasil persilangan monohibrida |
3.4
Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan
sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik |
Listrik
Statis (IX) |
PG
|
30. Menganalisa gaya pada benda bermuatan
listrik |
3.5
Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber
energi listrik dalam
kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
listrik |
Listrik
Dinamis (IX)
|
Uraian
|
31. Menghitung hambatan pegganti pada
rangkaian paralel |
3.7
Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia |
Bioteknologi (IX) |
Uraian |
32. Menyebutkan contoh produk bioteknologi |
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi
dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk
sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
listrik |
Listrik
(IX) |
Uraian |
33. Menghitung biaya pemakaian energi
listrik/ rekening listrik |
3.6
Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan
medan magnet, termasuk dalam kehidupan sehari-hari termasuk
pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi |
Kemagnetan (IX)
|
Uraian |
34. Menjelaskan cara membuat magnet melalui
penggosokan |
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi
elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam kehidupan
sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan
migrasi
|
Transformator/Trafo
(IX)
|
Uraian |
35. Menghitung jumlah lilitan pada trafo |
No comments:
Post a Comment