SERBA SERBI PELAJARAN IPA: RPP OBYEK IPA

RPP OBYEK IPA

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP NEGERI 8 SURAKARTA

 

Mata Pelajaran              : IPA

Kelas/Semester               : VII / Ganjil

Alokasi Waktu    : 3 JP

 

KD                   :

 

3.1       Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran  yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.

 

 

4.1     Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

Materi   : Objek IPA dan Pengamatannya

 

Tujuan Pembelajaran    : Menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas tentang materi Objek IPA dan Pengamatannya dengan penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan bekerjasama dalam kelompok.

Pertemuan kesatu

Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Metode :

-   Discovery Learning

-   Tanya jawab

-   Wawancara

-   diskusi

PENDAHULUAN

•     Peserta didik bersama guru melakukan doa bersama

•     Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi  yang akan diberikan

KEGIATAN INTI           

•     Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan pengamatan dan menanggapi topik yang disajikan, yaitu Penyelidikan IPA :

-          Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA

-          Kegunaan Mempelajari IPA

-          Objek yang Di pelajari dalam IPA

•     Guru memberikan kesempat peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang materi tersebut, misalnya :

Ø  Apa yang dimaksud penyelidikan IPA?

Ø  Seperti apa objek yang di pelajari dalam IPA ?

•     Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa lalu mendiskusikan dalam kelompok untuk menyelesaikan permasalahan dalam bentuk LKS


•     Peserta didik menyajikan secara tertulis dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian lalu ditanggapi oleh kelompok lain

PENUTUP

•     Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan

•     Peserta didik dibimbing guru untuk melakukan penilaian dan evaluasi

•     Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdoa sebagai penutup belajar

Sumber Belajar   :

Buku siswa IPA kelas VII, Modul/bahan ajar, Internet, Perpustakaan  dan Sumber lain yang  relevan

Media Pembelajaran :

1.  Media LCD

2.  Laptop

3.  LKS

Kesimpulan Pembelajaran

Peserta didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas

Penilaian

Penilaian Sikap : Observasi (jurnal) , Penilaian diri, Penilaian antar teman

Penilaiaan Pengetahuan : Tes Tulis

Keterampilan : Kinerja / presentasi, Portofolio

Evaluasi

Tes lisan, Tes tertulis : Uraian/esai, Pilihan ganda

 

 

             Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Kota, ......

Kepala Sekolah                                                                                                                                  Guru Mapel IPA

 

 

.............................................                                                                                                                 ..............................

NIP......................................                                                                                                           NIP. ................................

No comments:

Post a Comment