SILABUS ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas : IX
(Sembilan)
Kompetensi
Inti :
·
KI1
dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Menghubungkan
sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
Sistem
Reproduksi Pada Manusia · Pembelahan
sel · Sistem
reproduksi manusia · Kelainan
dan penyakit pada sistem reproduksi · Pola
hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
· Mengamati
gambar/carta pembelahan sel · Mengidentifikasi
pembelahan mitosis dan meiosis · Mengidentifikasi
organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta
fungsinya · Mengumpulkan
informasi tahapan pembentukan sel sperma (spermato-genesis)
dan sel telur (oogenesis) serta proses menstruasi · Mengidentifikasi tahapan-tahapan menstruasi · Mengamati fertilisasi dan perkembangan embrio · Mengumpulkan
informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi · Membuat
laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ
reproduksi |
4.1 Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya
pencegahan gangguan pada organ reproduksi |
||
3.2 Menganalisis
sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi
pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan |
Sistem
PerkembangbiakanPada Tumbuhan dan Hewan · Reproduksi
pada tumbuhan · Teknologi
reproduksi pada tumbuhan · Reproduksi
pada hewan · Teknologi
reproduksi pada hewan |
· Mengamati
gambar reproduksi aseksual dan seksual tumbuhan dan hewan · Mengidentifikasi
reproduksi aseksual dan seksual serta
mengumpulkan informasi tentang teknologi reproduksi pada tumbuhan
dan hewan · Menyajikan
hasil identifikasi reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhanlumut, paku
dan tumbuhan berbiji dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikannya dengan teman. |
4.2 Menyajikan
karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan |
||
3.3 Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Pewarisan
sifat · Materi
genetik · Hukum
pewarisan sifat · Pewarisan
sifat pada manusia · Kelainan
sifat menurun pada manusia · Penerapan
pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup · Adaptasi
dan seleksi alam |
· Mengamati
karakteristik teman sebaya untuk mengidentifikasi keragaman · Mengidentifikasi
struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetic serta melakukan praktek
pemodelan persilangan monohibrid dan dihibrid untuk
mendapatkan konsep hukum pewarisan sifat · Mengumpulkan informasi yang terkait dengan adaptasi dan
seleksi alam seperti: bunglon yang
beradaptasi dengan mengubah warna tubuhnya, pohon jati yang menggugurkan daunnya, atau fenomena lain · Membuat laporan tertulis mengenai varietas tanaman dan hewan
yang merupakan varietas unggul yang dikembangkan melalui persilangan dan mendiskusikannya dengan teman. |
4.3 Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan
hewan hasil pemuliaan |
||
3.4 Memahami
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
kelistrikan pada sistem saraf dan
hewan yang mengandung listrik |
Listrik
Statis · Interaksi
antara muatan listrik · Gaya
listrik · Potensial
listrik · Kelistrikan
pada sistem saraf · Hewan
yang mengandung listrik |
· Mengamati
interaksi antara dua benda bermuatan listrik misal potongan
kertas yang ditarik oleh penggaris plastik · Melakukan
percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksi
(gaya listrik) dua benda bermuatan terhadap jarak · Menyelidiki
peristiwa terjadinya petir untuk menjelaskan konsep
potensial listrik · Mengidentifikasi
kelistrikan pada sistem saraf serta
hewan-hewan penghasil listrik · Menyajikan
hasil percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta mendiskusikannya dengan teman |
4.4 Menyajikan
hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari |
||
3.5 Menerapkan
konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik
dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta
berbagai upaya menghemat energi listrik |
Rangkaian
Listrik · Arus
listrik · Hukum
Ohm · Hukum
I Kirchhoff · Rangkaian
listrik · Sumber
energi listrik · Energi
dan daya listrik · Penghematan
energi listrik · Sumber
energi listrik alternatif |
· Mengamati
berbagai peralatan listrik serta nyala
lampu pada beberapa rangkaian listrik yang ada di lingkungan sekolah · Melakukan
percobaan rangkaian listrik terbuka dan tertutup, hubungan
antara kuat arus, hambatan, dan tegangan listrik , mengukur
arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik seri dan paralel · Mengidentifikasi
sumber-sumber energi listrik, faktor-faktor yang memengaruhi besarnya
energi dan listrik serta upaya yang dapat dilakukan dalam rangka
penghematan energi listrik · Mengidentifikasi
jenis-jenis sumber energi listrik alternatif yang
ramah lingkungan · Menyajikan
hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel serta
hasil penyelidikan karakteristik rangkaian listrik, dan mendiskusikannya dengan teman |
4.5 Menyajikan
hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik |
||
3.6 Menerapkan
konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet
dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari
makanan dan migrasi |
Kemagnetan · Sifat
magnet · Cara
membuat magnet · Kemagnetan
bumi · Induksi
elektromagnetik · Transformator · Produk
teknologi yang memanfaatkan kemagnetan · Pergerakannavigasi
hewan yang memanfaatkan medan magnet |
· Mengamati
berbagai bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan
elektromagnet atau induksi elektromagnetik · Melakukan
percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat dan pembuatan
magnet · Mengidentifikasi
kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi · Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan
informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator
melalui percobaan · Mengumpulkan
informasi mengenai pergerakan/navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet
bumi · Menerapkan
prinsip elektromagnet atau induksi elektromagnet dalam karya berupa produk
teknologi sederhana |
4.6 Membuat
karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik |
||
3.7 Menerapkan
konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia |
Bioteknologi
dan Produksi Pangan · Prinsip
dasar bioteknologi · Bioteknologi
konvensional · Bioteknologi
modern · Penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia |
· Mengamati
berbagai produk bioteknologi konvensional misalnya tempe, kecap, tape, nata
de coco, dll · Membedakan
prinsip bioteknologi konvensional dan modern · Melakukan
percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional, misalnya membuat
tape, tempe, atau yoghurt · Mengumpulkan
informasi tentang penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia dan mendiskusikan hasilnya dengan teman |
4.7 Membuat
salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar |
||
3.8 Menghubungkan
konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan
sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak
penggunaannya terhadap kesehatan manusia |
Sifat Bahan · Atom,
ion, dan molekul ·
Sifat bahan ·
Pemanfaatan bahan dalam kehidupan
sehari-hari ·
Pengaruh bahan terhadap kesehatan |
· Mengamati
model atom serta berbagai macam bahan serat, karet, tanah
liat, kaca/gelas, plastik, dan
logam · Mengidentifikasi
bagian-bagian atom serta sifat-sifat fisik bahan serat, karet, tanah
liat, kaca/gelas, plastik, dan logam melalui penyelidikan · Mengidentifikasi
pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
serta pengaruh bahan tertentu terhadap
kesehatan manusia · Menyajikan karya
ide kreatif pemanfaatan bahan serat, karet, tanah
liat, kaca/gelas, plastik, dan logam. |
4.8 Menyajikan
hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan
sehari-hari |
||
3.9 Menghubungkan
sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan
pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan |
Tanah
dan Kehidupan · Peranan
tanah untuk keberlanjutan kehidupan · Peranan
organisme dalam tanah · Proses
pembentukan tanah · Komponen
penyusun tanah |
·
Mengamati berbagai tekstur, lapisan-lapisan
serta komponen-komponen tanah yang ada di
lingkungan sekitar · Melakukan percobaan tentang peranan tanah bagi kehidupan serta
mengidentifikasi peran organisme yang ada di permukaan dan dalam
tanah · Mengumpulkan
informasi mengenai proses pembentukan tanah serta mengidentifikasi
komponen penyusun tanah dan tingkat kesuburan tanah melalui percobaan · Membuat laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi
kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman |
4.9 Menyajikan
hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi
kehidupan |
||
3.10 Memahami
proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan |
Proses
dan Produk Teknologi Ramah Lingkungan · Teknologi
ramah lingkungan · Aplikasi
teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan · Teknologi
tidak ramah lingkungan |
· Mengamati
tayangan penggunaan biogas, sel surya, mobil listrik, atau aplikasi teknologi
ramah lingkungan yang lain · Mengumpulkan
informasi mengenai berbagai teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya · Menganalisis
dampak teknologi tidak ramah lingkungan terhadap lingkungan alam · Menyajikan
karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dan mendiskusikannya
dengan teman |
4.10 Menyajikankarya
tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan |
Mengetahui, Surakarta,
12 Juli 2021
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.......................... ..........................
NIP
NIP.
No comments:
Post a Comment