Lampiran 1
Lembar Pengamatan
Sikap
Nama Sekolah : SMPN ………
Kelas/Semester :
VII/Semester I
Tahun pelajaran :
2016/2017
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Petunjuk:
- Amati
perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap
pertemuan.
- Isi
jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik
yang positif maupun
yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan
perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam
jurnal (meskipun belum menonjol).
No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tanda Tangan |
Tindak Lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2
Penilaian Pengetahuan
Soal
1. Tuliskanlah
alat dan bahan yang dibutuhkan pada eksperimen yang telah kamu lakukan ?
2. Jelaskan
sifat asam dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil pengamatan ?
3. Jelaskan
sifat basa dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil pengamatan ?
4. Jelaskan
sifat garam dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil pengamatan ?
5. Sebutkan
perbedakan sifat asam dan basa dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil
pengamatan ?
Jawaban
1. Gelas
kaca, larutan air jeruk, larutan sabun, larutan garam dapur, air akki
dan
Kertas Lakmus Merah dan Lakmus Biru
2. Sifat
asam memerahkan kertas lakmus
3. Sifat
basa membirukan kertas lakmus
4. Sifat
garam netral artinya tidak merubah warna pada lakmus ( warna kertas lakmus
tetap )
5. Asam
memerahkan kertas lakmus sedang basa membirukan kertas lakmus.
Skore
penilaian :
Tiap soal skore
maksimal 2
Nilai Akhir ( NA ) = Jumlah
skor
Lampiran 3a
Penilaian
Ketrampilan metode Eksperimen
No |
Aspek yang dinilai |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Cara Menggunakan Kertas Lakmus |
|
|
|
|
2 |
Mengamati
Obyek |
|
|
|
|
3 |
Penggunaan bahasa |
|
|
|
|
|
Skor maksimum |
12 |
Rubrik
No |
Ketrampilan yang
dinilai |
Skor |
Rubrik |
1 |
Cara menggunakan
Kertas Lakmus |
3 |
ü Menggunakan
kertas lakmus dengan benar dan penggunakannya sesuai prosedur. |
2 |
ü Menggunakan
kertas lakmus dengan benar dan penggunakannya kurang sesuai dengan prosedur. |
||
1 |
ü Menggunakan
kertas lakmus kurang benar dan penggunakannya kurang sesuai dengan prosedur. |
||
2 |
Mengamati Obyek |
3 |
ü Cara
mengamati obyek sudah benar dan menghasilkan gambar yang jelas. |
2 |
ü Cara
mengamati obyek sudah benar dan menghasilkan gambar kurang jelas. |
||
1 |
ü Cara
mengamati obyek belum benar dan menghasilkan gambar yang kurang jelas. |
||
3 |
Mempresentasikan
Hasil Pengamatan |
3 |
ü Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan benar dan disertai dengan tayangan hasil pengamatan
yang bagus |
2 |
ü Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan benar dan disertai dengan tayangan hasil pengamatan
yang kurang bagus |
||
1 |
ü Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan benar dan tidak disertai dengan tayangan hasil
pengamatan |
Lampiran 3b:
Lembar Penilaian Laporan
Hasil Praktikum Asam Basa dan Garam
Nama/kelompok:
No |
Aspek yang dinilai |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Sistematika laporan |
|
|
|
|
2 |
Hasil klasifikasi |
|
|
|
|
3 |
Penggunaan bahasa |
|
|
|
|
|
Skor maksimum |
12 |
Nilai = 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒑𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉 𝑿 𝟏𝟎𝟎
𝟏𝟐
Rubrik
No |
Aspek yang dinilai |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Sistematika laporan |
Tidak ada sistematika (hanya hasil praktikum) |
Sistematika tidak lengkap. |
Sistematika lengkap tapi tidak urut |
Sistematika lengkap dan urut (identitas laporan, alat dan bahan, prosedur, analisis, kesimpulan). |
2 |
Hasil Identifikasi |
hasil identifikasi kurang tepat, cara pengidentifikasian kurang tepat. |
hasil identifikasi kurang tepat, cara menidentifikasi tepat. |
hasil identifikasi tepat, cara identifikasi kurang tepat. |
hasil identifikasi tepat, cara pengidentifikasian tepat.
|
3 |
Penggunaan bahasa |
menggunakan bahasa yang kurang baik dan benar baik, beberapa istilah sains kurang tepat |
menggunakan bahasa yang kurang baik dan benar, istilah-istilah sains tepat |
menggunakan bahasa yang baik dan benar, beberapa istilah sains kurang tepat |
menggunakan bahasa yang baik dan benar, istilah-istilah sains tepat |
Lampiran 4
Lembar Kerja Siswa
Nama: …………………………… Kelas/No: …………… Kelompok: ……………………
Lembar Kegiatan Siswa
Bergembira
dengan Praktikum Asam Basa dan Garam
Alat dan Bahan
a. Gelas
Plastik
b. Larutan
air jeruk
c. Larutan
sabun
d. Larutan
garam dapur
e. Soda
Kue
f. Kertas
Lakmus ( Merah dan Biru )
Lakukan langkah-langkah berikut.
- Buatlah air
perasan jeruk, larutan detergen, larutan garam dapur, dan larutan soda
kue.
- Tuanglah setiap larutan
tersebut dalam gelas kimia/gelas plastik (kemasan air mineral) yang sudah
tidak terpakai.
- Setiap larutan
dituangkan ke dalam gelas yang berbeda.
- Uji semua larutan
dengan kertas lakmus merah dan lakmus biru.
- Amati dan catatlah
apa yang terjadi pada kertas lakmus tersebut.
Lakukan pengamatan terhadap kegiatan observasi berikut.
- Apa yang terjadi
ketika kertas lakmus merah dan biru dicelupkan ke dalam larutan jeruk?
- Apa yang terjadi
ketika kertas lakmus merah dan lakmus biru dicelupkan ke dalam larutan detergen
dan soda kue?
- Apa yang terjadi
ketika kertas lakmus merah dan lakmus biru dicelupkan ke dalam
larutan mineral dan larutan garam?
- Jika larutan jeruk
merupakan larutan asam, kertas lakmus akan berubah dari warna ... menjadi
warna ...
- Jika larutan soda
kue merupakan larutan basa, kertas lakmus akan berubah dari warna ..
menjadi warna ...
- Catat semua hasil
pengamatanmu dalam tabel pengamatan berdasarkan kelompok sifat asam dan
sifat basa.
No |
Larutan |
Lakmus
Merah |
Lakmus
Biru |
Sifat Larutan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment