SERBA SERBI PELAJARAN IPA: RPP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

RPP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan             : SMP 

Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/semester                     :VII/ 1 (satu)

Materi Pokok                       : Klasifikasi Makhluk Hidup

Alokasi Waktu                     : 1 pertemuan (40 menit )

 

A.      Kompetensi Inti

1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  

1.1.   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

1.1.1      Mengenali dan mengagumi keteraturan ciri-ciri fisik teman sesama jenis atau ciri-ciri berbagai daun di sekitar sekolah sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

  1.  

2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.

2.1.1      Melakukan kegiatan pengamatan secara teliti, jujur, dan bertanggung jawab.

  1.  

3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

3.2.8. Menjelaskan perbedaan makhluk

hidup dengan benda tak hidup.

 

 

  1.  

4.2.Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.

 

4.2.1. Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.

4.2.2. Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.

4.2.3. Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.

 

C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan 1

1)   Peserta didik dapat menyayangi makhluk hidup di sekitarnya dengan baik.

2)   Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar dan mengkomunikasikan hasilnya dengan benar.

3)   Peserta didik dapat menjelaskan serta memberikan contoh benda yang bersifat hidup  dan tak hidup dengan benar.

4)   Peserta didik dapat menyimpulkan benda hidup dan benda mati di sekitar berdasarkan hasil pengamatan dengan benar.

 Karakter : jujur, teliti, tanggung jawab, peduli lingkungan, disiplin, religius

 

D.      Materi Pembelajaran 

Segala sesuatu yang ada di sekitar kitaterdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai uang jajan. Tersusun atas apakah benda-benda tersebut? Air (H2O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O). Udarayang dihirup merupakan gas oksigen. Uang logam merupakan zat padat yang terdiri atas campuran tembaga dan perunggu.Coba perhatikan meja belajar dan tumbuhan. Apa bedanya meja belajar dan tumbuhan yang ada di sekitarmu? Apakah tumbuhan mempunyai kemampuan untuk tumbuh dan berkembang, bernapas, dan berkembang biak? Bandingkan ciri-ciri tumbuhan tersebut dengan ciri-ciri meja belajar. Apa beda tumbuhan dan kucing piaraanmu? Secara garis besar, benda-benda di alam semesta ini terdiri atas benda hidup (makhluk hidup) dan benda tak hidup. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Dalam bab ini, kamu akan mempelajari karakteristik benda hidup (makhluk hidup) dan benda-benda tak hidup yang ada di lingkungan sekitar serta bagaimana mengklasifikasikannya. Kamu akan kagum terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang telahmenciptakan bumi beserta segala isinya. Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan sangat teratur. Tuhan Yang Maha Esa juga menciptakan alam semesta ini dengan sempurna, seperti air, udara, hutan, batuan,dan berbagai macam mineral yang terdapat dalam perut bumi. Oleh karena itu, kamu wajib selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu sebagai makhluk yang paling sempurna. Kamu juga wajib menjaga alam semesta ini agar tetap lestari dan tidak dicemari oleh, berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan karena itu kamu harus bersungguh-sungguh mempelajari karakteristik benda-benda di sekitarmu. Kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan sifat-sifat atau ciri-ciri dari benda-benda tersebut.

 

E.       Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Discovery Learning

F.       Sumber Belajar

1.        Wahono, dkk. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 47 - 60.

2.        Wahono, dkk. 2016. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 33 - 91.

3.        Lingkungan sekitar sekolah

4.        Web dan buku yang relevan.

 

G.      Media Pembelajaran

1.        Media

a.   (HP, laptop, kertas, bibit tanaman, hewan, dll)

b.   benda atau gambar model makhluk hidup, benda-benda yang ada di lingkungan  sekitar sekolah yang akan diamati.

 

2.        Alat dan bahan

a.   Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Ayo Kita Lakukan” dan “Ayo Kita Amati”.

b.   Alat dan Bahan mengacu kegiatan 2.1 “ Bagaimanakah Ciri Hidup dan Tak Hidup”.

c.    Alat: mobil-mobilan, bola, ikan, jangkrik.

 

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.        Pertemuan 1 (1 JP)

 

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran

 

 

Waktu

Pendahuluan

·         Salam, berdo’a, .

·         Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran ( mengatur tempat duduk, kebersihan, kehadiran peserta didik ).

·         Guru menyampaikan materi pokok yang akan dibahas.

·         Guru menyampaikan macam penilaian yang akan dilakukan,

Yaitu : penilaian sikap dan ketrampilan pada saat praktek / kerja kelompok, penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.

 

5 menit

Inti

 

Merumuskan pertanyaan / masalah

·         Untuk memperoleh perhatian dan untuk lebih memotivasi peserta didik, guru meminta peserta didik mengamati perbedaaan antara bola dengan seekor serangga serta berbagai benda di sekitar dan menyampaikan hasil pengamatannya.

 

Membuat rancangan pengumpulan data/ informasi

·         Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok.

·         Setiap kelompok mendapat lembar kerja tentang Identifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang sudah disiapkan oleh guru.

·         Secara berkelompok, peserta didik diminta melakukan pengamatan di halaman sekolah sesuai prosedur dalam LK.

 

·         Peserta didik diminta melakukan kegiatan mengamati benda-benda di sekitar halaman

·         Selanjutnya peserta didik diminta untuk  melakukan kegiatan mengamati ciri-ciri benda tak hidup dan makhuk hidup dan contoh benda tak hidup dan makhuk hidup yang terdapat pada lingkungan sekolah.

·         Peserta didik diminta untuk mendiskusikan hasil pengamatannya.

·         Kemudian mencatat hasil diskusi dari analisis data / informasi.

·         Pesertadidik melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya data yang diperoleh dengan bersumberkan buku atau literature lain.

 

Merumuskan simpulan ( menjawab pertanyaan )

·         Peserta didik menarik kesimpulan berdasarkan hasil verifikasi.

·         Peserta didik menyampaikan kesimpulannya dalam bentuk tertulis maupun lisan di depan peserta didik yang lain.

·         Memberi dorongan peserta didik untuk tidak takut salah; yang penting prosedur dilakukan dengan benar dan aman.

 

Menerapkan / menggunakan “ temuan “ dalam kehidupan.

·         Siswa dapat menggunakan hasil kesimpulan yang diperoleh dari praktek tersebut di sekolah untuk menentukan sesuatu termasuk makhluk hidup atau benda tak hidup.

 

30 menit

Penutup

·         Guru melakukan refleksi dan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran di atas;

·         Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas: membaca materi klasifikasi makhluk hidup

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya: klasifikasi makhluk hidup

5 menit

 

I.         Penilaian

                1. Penilaian sikap

                 Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik

                 Tanda cek (√) jika  sikap sesuai penyataan

                 Tanda strip (- ) jika sikap tidak sesuai pernyataan

NO

NAMA

SIKAP

1

2

3

4

 5

Jumlah

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

           

Aspek sikap yang dinilai:

1.         Rasa ingin tahu terhadap  ciri makhluk hidup

2.         Objektif dalam mengelompok data pengamatan

3.         Teliti dalam mengidentifikasi  makhluk hidup

4.         Jujur dalam mengisi tabel pengamatan

5.         Tanggung jawab dalam diskusi kelompok

 

Rubrik Penilaian:

1.         Jika  tampak 5 sikap (√), score 10

2.         Jika  tampak 4 sikap (√), score 8

3.         Jika  tampak 3 sikap (√), score 6

4.         Jika  tampak 2 sikap (√), score 4

5.         Jika  tampak 1 sikap (√), score 2

 

Kriteria Penilaian :

 

Nilai  = Jumlah skor yang diperoleh x 100

 

 

              2.Penilaian Keterampilan

 

                                   a.            Teknik Penilaian       :Tes Praktik,

                                   b.            Bentuk Instrumen     : Check list

 

Tes Praktik

No.

Keterampilan

Skor

25

50

75

100

  1.  

Mengamati benda-benda yang ada di sekitar halaman sekolah

 

 

 

 

  1.  

Mengidentifikasi ciri-ciri benda yang diamati.

 

 

 

 

  1.  

Menganalisa hasil  pengamatan melalui diskusi kelompok

 

 

 

 

      4.             

Mengomunikasikan hasil pengamatan secara tertulis dan lisan.

 

 

 

 

 

Rubrik Penskoran :

1.      Jika 2 benda yang diamati skor : 25

2.      Jika 3 benda yang diamati skor : 50

3.      Jika 4 benda yang diamati skor : 75

4.      Jika 5 benda yang diamati skor : 100

 

Kriteria Penilaian

 

Nilai = Jumlah skor yang diperoleh

 


 

 

 

 


LEMBAR KERJA SISWA

 

KELOMPOK :

            ANGGOTA    :          1. ................................

                                                2.................................

                                                3..................................

                                                4...................................

                                                5...................................

 

 

IDENTIFIKASI CIRI-CIRI BENDA

 

A.   Tujuan :

Mengidentifikasi ciri-ciri benda hidup dan tak hidup di lingkungan sekitar, berdasarkan ciri :

       Bergerak, bernafas, makan, tumbuh dan berkembang,berkembang biak, peka terhadap

       rangsang, mengeluarkan zat sisa dan mampu beradaptasi

 

B.   Alokasi waktu :

       1 jam pelajaran ( 40 menit )

 

C.   Alat dan Bahan ;

      1.  Alat tulis

      2.  Benda hidup dan tak hidup dilingkungan sekolah

 

D.   Cara Kerja :

      1.  Amati dengan teliti  benda-benda yang ada disekitar halaman sekolah

      2.  Pilih  2 benda hidup dan 3 benda tak hidup dari benda yang ada disekitar halaman

            sekolah .

      3.  Identifikasi ciri-ciri benda tersebut berdasarkan tabel pengamatan menurut pengalaman atau pengetahuan kalian

      4.  Beri tanda cek ( v ) untuk ciri yang sesuai dan tanda strip ( - ) untuk yang tidak sesuai

            dengan benda pada tabel pengamatan.

      5.  Diskusikan dengan teman sekelompok ciri –ciri benda hidup dan tak hidup dari

            literatur  atau sumber buku yang ada.

      6.   Klasifikasikan benda-benda pilihan kalian ke dalam golongan benda hidup dan tak hidup

 

E.   Tabel Pengamatan

     No

Ciri-ciri benda

Nama Benda

 

 

 

 

 

1

Bergerak

 

 

 

 

 

2

Bernafas

 

 

 

 

 

3

Makan

 

 

 

 

 

4

Tumbuh dan berkembang

 

 

 

 

 

5

Berkembang biak

 

 

 

 

 

6

Peka rangsang

 

 

 

 

 

7

Mengeluarkan zat sisa

 

 

 

 

 

8

Beradaptasi

 

 

 

 

 

Benda hidup

 

 

 

 

 

Benda  tak hidup

 

 

 

 

 

 

F.  Pertanyaan .

      1.  Sebutkan ciri-ciri yang dimiliki benda hidup !

      2.  Sebutkan ciri-ciri yang dimiliki benda tak hidup !

      3.  Berikan masing-masing 2 contoh lain yang tergolong benda hidup dan benda tak hidup

      4.  Bagaimana cara kita memelihara benda hidup yang ada disekitar kita ?

      5.  Haruskah kita juga memelihara benda tak hidup di sekitar kita ? Mengapa?

 

 

 

 

= Selamat Belajar, Rawatlah  Lingkungan Kita  =

No comments:

Post a Comment