RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
|
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : IPA |
Kelas / Semester : VIII / Gasal Materi : Katrol |
|
|
Mata Pelajaran : IPA Kelas/Semester :
IX / Ganjil |
Alokasi Waktu :
2 JP |
|||
KD : 3.1 Menjelaskan
konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari, termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia |
4.3 Menyajikan
hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari |
|||
Materi : Katrol |
||||
Tujuan Pembelajaran : Menuntun peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menganalisis, menuliskan penyelesaian, dan
mempresentasikan hasilnya tentang materi Katrol dengan
penuh rasa ingin tahu, displin, percaya diri selama proses pembelajaran dan
bekerjasama dalam kelompok.
Strategi Aktivitas Pembelajaran |
|
|
Pertemuan |
: 1 |
|
Metode |
: Daring |
|
Media |
: WhatsApp, Google Class Room |
|
Sumber Belajar |
: Internet, Buku pegangan siswa |
|
Alat dan Bahan |
: Alat tulis, Laptop / HP |
|
Langkah Pembelajaran A. Kegiatan Pendahuluan Guru melalui whatsapp grup kelas memberikan salam pembuka, lalu berdoa
bersama sebelum belajar. Memberikan motivasi dan nasehat agar terhindar dari
COVID-19. B. Kegiatan Inti ·
Guru meminta peserta didik mengakses aplikasi google class room dengan
kode kelas yang sudah diberikan oleh guru ·
Guru memantau kehadiran peserta didik dengan kolom Data Siswa
Tergabung ·
Peserta mengklik bahan ajar yang berisi video konsep Katrol ·
Guru membimbing siswa
dalam kelas online
selama penayangan video konsep Katrol ·
Guru meminta peserta didik berkomentar atau memberikan tanggapan
tentang video di kolom Timeline kelas. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya di kolom
Timeline kelas ·
Guru menjawab pertanyaan peserta didik terkait dengan konsep Katrol ·
Guru memberikan latihan
soal postest sederhana atau evaluasi yang
terdapat pada kolom tugas ·
Guru melakukan evaluasi pemahaman peserta didik tentang konsep Katrol dengan analisis jawaban yang telah dikerjakan
peserta didik. C. Kegiatan Penutup Guru dan peserta didik menutup aplikasi google class room dan
menyimpulkan materi yang sudah disampaikan, lalu mengevaluasi materi dan
menutup pelajaran dengan doa penutup melalui whatsapp grup kelas. |
||
|
Surakarta , 18 Juni 2020
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN
OBSERVASI
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak
ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil
bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukupjika menunjukkan
ada sedikit usaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus
dan ajeg/konsisten.
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP –
OBSERVASI
NO |
NAMA SISWA |
SIKAP |
Skor
Rata-rata |
||||||
Tanggung
Jawab |
Jujur |
Pedul |
Kerja Sama |
Santun |
Percaya Diri |
Disiplin |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Praktikum |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :
………….. Kelas/Semester :
………….. Topik/Subtopik :
………….. Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan
……………………………………..
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
berikut. 4
= sangat baik 3
= baik 2
= cukup 1
= kurang
|
Lembar Penilaian Sikap - Observasi
pada Kegiatan Diskusi |
||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :
………….. Kelas/Semester :
………….. Topik/Subtopik :
………….. Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai
wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
berikut. 4
= sangat baik 3
= baik 2
= cukup 1
= kurang
|
No comments:
Post a Comment