RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 8 Surakarta
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VIII / 1
Topik : Struktur dan Fungsi Jaringan
Tumbuhan
Alokasi Waktu : 15 x 40 menit ( 9
TM)
A. KOMPETENSI
INTI
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
KI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1 |
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaanTuhan tentang
aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya |
1.1.1 Mengenali dan
mengagumi Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya dalam Teknologi sebagai salah
satu makhluk ciptaan tuhan |
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari |
2.1.1 Melakukan kegiatan
pengamatan secara teliti jujur dan bertanggung jawab |
|
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh
struktur tersebut |
3.2.1. Menjelaskan
fungsi akar batang daun dan bunga 3.2.2. Menyebutkan
bagian penampang melintang akar melalui pengamatan 3.2.3. Menjelaskan
Fungsi struktur jaringan akar 3.2.4. Menyebutkan
bagian penampang melintang batang melalui pengamatan 3.2.5. Menjelaskan
Fungsi struktur jaringan batang 3.2.6. Menyebutkan
bagian penampang melintang daun melalui pengamatan 3.2.7. Menjelaskan
Fungsi struktur jaringan daun 3.2.8. Menyebutkan
bagian bunga melalui pengamatan 3.2.9. Menjelaskan
Fungsi struktur jaringan bunga |
|
4.2 Melakukan pengamatan terhadap
struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang
terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan |
4.2.1 Membandingkan
struktur penampang akar monokotil dan dikotil melalui pengamatan 4.2.2 Membandingkan
struktur penampang batang monokotil dan dikotil melalui pengamatan 4.2.3 Menyajikan
hasil pengamatan/pengukuran,menginferensi, dan mengkomunikasikan
hasilnya |
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
akar batang daun dan bunga
2.
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian penampang melintang akar melalui pengamatan
3.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan akar
4.
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian penampang melintang batang melalui pengamatan
5.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan batang
6.
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian penampang melintang daun melalui pengamatan
7.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan daun
8.
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian bunga melalui pengamatan
9.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi
struktur jaringan bunga
Pendidikan Karakter : Kerjasama, Disiplin, Religius
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Struktur dan fungsi
organ tumbuhan
• Mengidentifikasi
organ yang ada pada tanaman
Pertemuan Kedua (Akar)
• Pengamatan struktur
anatomi akar
• Mengidentifikasi
berbagai akar temodifikasi disekitar siswa
Pertemuan Ketiga
(Batang)
• Pengamatan struktur
anatomi batang
• Melakukan percobaan
mengenai kerja xilem dalam transpor air
• Mengidentifikasi
berbagai batang termodifikasi disekitar siswa
Pertemuan Keempat
(Daun)
• Melakukan pengamatan
struktur anatomi daun
• Melakukan praktikum
Sach untuk membuktikan adanya fotosintesis yang merupakan fungsi dari daun
Pertemuan Kelima
(Pemanfaatan struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi)
• Melakukan diskusi
berbagai ide teknologi yang terilhami dari struktur dari jaringan tumbuhan
Pertemuan Keenam
Tes Tulis
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :Scientific
Model :
Discovery Learning
Metode :
ceramah, tannya jawab, diskusi, pengamatan
F. Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
LCD
2. Alat/Bahan : Charta ,mikroskop, kaca objek, silet, akar tanaman
3. Sumber Belajar
a.
Buku IPA SMP Kelas VIII Semester 1 Edisi
2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
b.
Buku IPA SMP Kelas VIII yang relevan
c.
Internet
G. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit)
1). Memeberi salam dan menyapa peserta didik
2). Peserta
didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3). Peserta didik
melakukan pengamatan terhadap tayangan yang disajikan guru mengenai fenomena
alam sebagai obyek yang dipelajari dalam IPA diantaranya gambar tumbuhan
4). Peserta didik
menerima klarifikasi oleh guru , bahwa “saat melakukan pengamatan , hindari
dulu membuat tafsiran terhadap pengamatan(inferensi)”
5). Peserta didik
memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1). Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
Mengamati
2). Peserta didik
dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
tayangan berupa gambar
pohon
Menanya
3) Berdasarkan
pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
peristiwa
Contoh
hasil kerja ;
-
Prediksi peserta didik : tumbuhan tersusun atas akar, batang , daun, dan
bunga
-
Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian akar, batang
, daun, dan bunga
-
Jika prediksi tidak sesuai denganpatan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan data
4). Peserta didik
melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan
bagian tumbuhan
5). Pesrta didik
melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
pengamatan,inferensi
dan komunikasi serta menjelaskan kegunaan mempelajari bagian tumbuhan dan
fungsinya
6) Peserta didik
melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai
bagian tumbuhan
dan fungsinya
Mengasosiasi
7). Peserta
didikmenyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan dan
kesimpulan
yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
Mengamati
8). Peserta didik
dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera mata melalui
tayangan
berupa penampang melintang akar dikotil monokotil
Menanya
9) Berdasarkan
pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi
peristiwa
Contoh
hasil kerja ;
-
Prediksi peserta didik : struktur penampang jaringan akar dikotil
monokotil
-
Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian penampang akardikotil
monokotil
-
Jika prediksi tidak sesuai denganpatan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan data
10). Peserta didik
melakukan kegiatan “ kerja dalam IPA” pada buku siswa menyebutkan bagian
penampang akar dikotil monokotil
11). Peserta didik
melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
pengamatan,inferensi
dan komunikasi serta menjelaskan kegunaan mempelajari bagian penampang akar
dikotil monokotil
12) Peserta didik
melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai
bagian penampang akar
dikotil monokotil
Mengasosiasi
13). Peserta didikmenyimpulkan
hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan bagian penampang akar dikotil
monokotil dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
c. Penutup
( 10 menit)
1). Peserta didik
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2).Guru mendorong
peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan struktur akar
3). Guru memberi
penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4). Guru menyampaikan
informasi materi berikutnya tentang batang
Pertemuan Kedua
Kegiatan |
Langkah-langkah
Model Discovery |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
Menciptakan Situasi (Stimulasi) |
- Menyiapkan
peserta didik untuk belajar - Guru
melakukan pemusatan perhatian pada sub topik akardengan cara menyajikan gambar akar kecambah jagung dan kecambah kacang
tanah. - Guru
melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 1 - Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi |
Kegiatan Inti |
Pembahasan Tugas dan Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi |
- Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati
gambar akar, dan melakukan percobaan
sederhana - Membagi
peserta didik menjadi 8 kelompok - Diskusi kelompok untuk mengamati struktur jaringan yang menyusun anatomi
akar tumbuhan pada kolom “Ayo kita coba” hal.75 buku siswa dan “Ayo kita
lakukan”hal.77 - Guru
memberi kesempatan pada peserta didik untuk bertanya setelah melakukan
pengamatan
- Peserta didik melakukan percobaan sederhana
- Peserta
didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom
yang tersedia pada buku siswa hal. 75 dan
77 - peserta
didik mengasosiasikan pengetahuan yang didapat dari eksperimen/percobaan dan
buku sumber dengan cara : - Mendiskusikan
hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan – pertanyaan pada lembar
kegiatan - Menyimpulkan tentang struktur jaringan yang menyusun anatomi
organ akar tumbuhan - peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil
pengolahan dengan data-data pada buku sumber
peserta
didik membuat laporan hasil pengamatan dan kesimpulan
tentang struktur jaringan yang menyusun anatomi
organ akar tumbuhan perwakilan
kelompok, peserta didik presentasi hasil laporan yang telah disusun |
Penutup |
- Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran - Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang relevan) kepada kelompokyang berkinerja baik - Peserta didik menjawab kuis |
Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit)
1). Memeberi salam dan menyapa peserta didik
2). Peserta didik
bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3). Guru
melakukan apersepsi dengan cara mengaitkan materi pada pertemuan sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari.
4). Guru menginformasikan
pada peserta didik bahwa ada 3 kegiatan yang dilakukan yaitu mengamati jaringan
penyusun batang, percobaan transport air yang terjadi pada tanaman pada
kegiatan “ Ayo kita Coba”dan mengidentifikasi batang yang termodifikasi pada
kegiatan “Ayo kita lakukan”
5). Peserta didik
memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1). Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
Mengamati
2). Peserta didik
dalam kelompok mengamati dengan menggunakan indera matatanaman yang sudah
dipersiapkan.
Menanya
3) Berdasarkan
pengamatan setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan prediksi peristiwa
Contoh
hasil kerja ;
-
Prediksi peserta didik : tumbuhan ada yang berkayu dan ada yang tidak
berkayu.
-
Hasil pengamatan peserta didik : menyebutkan bagian penampang batang
dikotil dan monokotil
-
Jika prediksi tidak sesuai dengan patan berarti prediksi tidak tepat
Mengumpulkan
data
4). Peserta didik
melakukan kegiatan “ Ayo kita Coba” pada buku siswa menyebutkan
bagian batang pada tumbuhan
5). Pesrta didik
melakukan diskusi kelompok mengenai ketrampilan proses :
pengamatan,dan mengkomunikasi
serta menjelaskan kegunaan bagian- bagian batang tumbuhan dan fungsinya
6) Peserta didik
melakukan kajian pustaka ( dapat menggunakan buku siswa )
mengenai
Bagian batang
pada tumbuhan dan fungsinya
Mengasosiasi
7). Peserta
didik menyimpulkan hasil prediksi dengan menggunakan data pengamatan
dan kesimpulan yang dihasilkan dalam diskusi kelompok
c. Penutup
( 10 menit)
1). Peserta didik
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2). Guru mendorong
peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang fungsi bagian tumbuhan dan struktur akar
3). Guru memberi
penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
4). Guru menyampaikan
informasi materi berikutnya tentang daun
Pertemuan Keempat
Kegiatan |
Langkah-Model Discovery |
Diskripsi Kegiatan |
Alokasi waktu |
Pendahuluan
Kegiatan Inti
|
Stimulation(stimulasi /pemberian rangsangan
Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah
Data collection (pengumpulandata)
Data processing (pengolahandata)
Verification (pembuktian) |
Dalam pendahuluan guru : a. menyiapkan peserta didik secara
fisik dan psikis dengan motivasi, sapaan salam hangat, serta
peduli terhadap kehadiran peserta didik.
b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan
tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan
dipelajari;
c. mengantarkan suatu
permasalahan ‘Apakah kalau banyak yang memakai udara di bumi akan habis
? “ bagaimana oksigen ini selalu tetap ada ?”, menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
d. menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan
permasalahan.
- Guru memberi
motivasi memusatkan perhatian siswa padadaun-daun yang di
bawa, dan memancing kreatifitas bertanya. - peserta didik menanya
banyak hal tentang daun dan fotosintesis. -membagi 8 kelompok kerja dr 32 jumlah
siswa.
- Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi di
atas.
-Peserta didik melakukan percobaan untuk mengidentifikasi
struktur jaringan pada daun (LK Ayo Kita Coba “Struktur Jaringan Pada
Daun Tumbuhan” halaman 84) - Dan melakukan percobaan
untuk mengidentifikasi hasil fotosintesis Ayo Kita Coba “Menyelidiki adanya
fotosintesis” halaman 85-86
- -Menggambar
hasil preparat pengamatan pada tabel yang
disediakan-Peserta didik mengolah data hasil pengamatan dengan cara
mendiskusikan hasil pengamatan dengan pertanyaan pada lembar kegiatan. -Peserta didik mendiskusikan hasil
pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan data dengan data-data pada
buku sumber
Peserta didik mempresentasikan hasil
percobaan dan diskusi dengan caramenuliskan di kertas yang di sediakan dan
maju ke depan kelas. |
10 menit
100 menit
|
Penutup |
Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi |
Dalam kegiatan penutup, guru: -menyimpulkan hasil kegiatan. - memberikan umpan balik (tes tertulis) - merencanakan kegiatan tindak lanjut
berupa diskusi “ayo kita lakukan” pada meteri berikutnya. |
10 Menit |
Pertemuan Kelima
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal ( 10 menit)
Memeberi salam dan menyapa peserta didik
Peserta
didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “dari berbagai struktur
jaringan yang kamu ketahui , ternyata struktur penyusun dinding rumah juga
meniru susunan sel pada tumbuhan,coba jelaskan mengapa struktur dinding rumah
menggunakan hal itu?
Guru
menginformasikan kepada peserta didik bahwa kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan yaitu mencari berbagai ide yang meniru struktur dan tumbuhan untuk
kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari,misalnya pemasangan batu bata pada
tembok, ternyata meniru susunan sel pada tumbuhan pada kegiatan “ayo kita
lakukan”
b. Kegiatan
Inti (60 menit)
Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 3-5 anak
Mengamati
Peserta didik mengamati berbagai arsitektur bangunan linggkunan sekitar
sekolah( pemasangan batu bata pada dinding atau tembok yang belum
diaci, pemasangan keramik pada dinding atau lantai,pemasangan bataco)
Menanya
Peserta didik bertanya tentang berbagai arsitektur banggunan yang meniru
stuktur jarinan pada tumbuhan,misal:
1. Mengapa
pemasangan batu bata pada dinding meniru struktur jarinan pada
tumbuhan?
2. Mengapa
pemasangan keramik meniru struktur jaringan pada tumbuhan?
3. Mengapa
pemasangan bataco meniru stuktur jaringan pada tumbuhan?
Mengumpulkan
data
Peserta didik mencari berbagai informasi baik internet maupun buku tentang
stuktur jaringan tumbuhan yang menyerupai pemasangan batu
bata,keramik dan bataco di lingkungan sekolah
Mengasosiasi
Peserta
didik berdiskusi untuk menganalisis berbagai arsitektur bangunan yang meniru
struktur jaringan pada tumbuhan
Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
c. Penutup
( 10 menit)
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini
2. Guru
memberi penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
3. Guru
menyampaikan informasi materi berikutnya
Pertemuan keenam
Tes Tulis
F. Penilaian,Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1. Jenis
dan Bentuk Instrumen
Jenis |
Bentuk Instrumen |
Penilaian
sikap |
Lembar pengamatan sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Soal tes uraian |
Penilaian
Ketrampilan |
Soal tes unjuk kerja |
2. Instrumen
a.
Lembar pengamatan sikap
No |
Nama Siswa |
Kerja sama |
Disiplin |
Proaktif |
Jumlah skor |
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
Rubrik
|
Skore
1 jika tidak pernah berprilaku dalam kegiatan
Skore
2 jika kadang berprilaku dalam kegiatan
Skore
3 jika sering berprilaku dalam kegiatan
Skore
4 jika selalu berprilaku dalam kegiatan
Nilai : 80
– 100 predikat sangat baik
70
– 79 predikat baik
60
– 69 predikat cukup
< 60 predikat
kurang
b.
Soal Tes Uraian
Indiator |
Soal |
Menyebutkan nama organ pada tumbuhan |
1. Sebutkan struktur organ pada
tumbuhan |
Menjelaskan fungsi dari masing-masing
organ pada tumbuhan |
2. Jelaskan fungsi dari organ-organ
yang menyusun
tumbuhan |
Kunci
:
1. Daun, batang dan akar
2. Daun memiliki fungsi utama
sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.
3.
Batang secara umum memiliki fungsi sebagai berikut:
a. Penyokong tumbuhan
b. Memperluas tajuk tumbuhan untuk
efisiensi penangkapan cahaya matahari
c. Sebagai tempat pengangkutan air
dan unsur hara dari akar menuju daun
d. Sebagai tempat menyimpan
cadangan makanan pada tumbuhan tertentu.
4. Akar secara umum mempunyai fungsi
sebagai berikut:
a. Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah.
b. Menyerap air dan mineral dari tanah.
c. Membantu menegakkan batang.
d. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan pada
tumbuhan tertentu
Rubrik
1. Setiap jawaban betul soal no 1 diberi skor 20 dan no, 2
diberi skor 80
2. Nilai akhir = jumlah skor
c. Soal Tes Unjuk kerja
Indicator |
Soal |
Mengidentifikasi organ yang ada pada
tumbuhan |
Cari/ambil tanaman yang sudah
disediakan tempelkan kertas pada bagian tumbuhan berilah nama
organ tersebut |
Rubrik
1. Terampil
dan betul dalam menamai organ diberi skor 100
2. Kurang terampil dan
betul dalam menamai organ diberi skor 85
3. Terampil dan sebagaian
betul dalam menamai organ diberi skor 75
4. Kurang terampil dan
sebagian betul dalam menamai diberi skor 60
5. Kurang terampil dan
tidak betul dalam menamai diberi skor 50
Nilai akhir = jumlah
skor yang diperoleh
Mengetahui,
Surakarta, 16 Juli 2018
Kepala SMP N 8 Surakarta Guru Mapel IPA
No comments:
Post a Comment