RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Genap
Materi Pokok : Tekanan Zat
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai
dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.8 Memahami
tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan
darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
|
·
Memahami
fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair, dan gas
·
Menghubungkan
tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia
·
Menghubungkan
tekanan zat cair di ruang tertutup dengan osmosis
·
Menghubungkan
tekanan zat cair di ruang tertutup dengan peristiwa kapilaritas
|
4.8 Menyajikan
data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman
tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
|
·
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas
·
Mengidentifikasi
melalui percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan zat padat, cair,
dan gas
·
Menyajikan
hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
• Memahami fenomena yang
berhubungan dengan tekanan zat padat, cair, dan gas
• Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia
• Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan osmosis
• Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan peristiwa kapilaritas
• Melakukan percobaan untuk
menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas
• Mengidentifikasi melalui
percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan zat padat, cair, dan gas
• Menyajikan hasil percobaan
tekanan zat padat, cair, dan gas
Karakter :
• Peduli
lingkungan
• Rajin
• Tertib
D. Materi
Pembelajaran
Tekanan Zat
• Tekanan zat padat, cair, dan gas
• Tekanan darah
• Osmosis
• Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
E. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning
F. Media
Pembelajaran
v Media
:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium IPA sekolah
Ø Perpustakaan sekolah
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
G. Sumber
Belajar
Ø Buku IPA Kelas VIII Kemdikbud
Ø Buku lain yang menunjang
Ø Multimedia interaktif dan Internet
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 40 Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15
Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Pengantar
tentang Tekanan Zat
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 130
Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pengantar tentang Tekanan Zat dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Pengantar tentang Tekanan Zat.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Pengantar tentang Tekanan Zat untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Pengantar
tentang Tekanan Zat.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Pengantar tentang Tekanan Zat.
v Mendengar
Pemberian
materi Pengantar tentang Tekanan Zat oleh
guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Pengantar tentang Tekanan Zat
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Pengantar tentang Tekanan Zat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Pengantar
tentang Tekanan Zat yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pengantar tentang Tekanan Zat yang
sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengantar
tentang Tekanan Zat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Pengantar tentang
Tekanan Zat.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Pengantar
tentang Tekanan Zat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
diri
Pengantar tentang Tekanan Zat sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pengantar tentang Tekanan Zat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Pengantar tentang Tekanan Zat
v Mengolah informasi
dari materi Pengantar tentang Tekanan
Zat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau
pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Pengantar tentang
Tekanan Zat.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Pengantar tentang Tekanan Zat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
Ø Pengantar tentang Tekanan Zat
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar tentang Tekanan Zat dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pengantar tentang Tekanan Zat
v Menjawab pertanyaan tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
Pengantar tentang Tekanan Zat yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
·
Catatan : Selama pembelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: Peduli lingkungan, Rajin, Tertib
|
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar tentang Tekanan Zat yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat
yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat.
v Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Pengantar tentang Tekanan Zat
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua (4 x 40 Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15
Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Tekanan
zat padat, cair, dan gas
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Tekanan zat padat, cair, dan
gas dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Tekanan zat padat, cair, dan gas.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Tekanan zat padat, cair, dan gas untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Tekanan zat
padat, cair, dan gas.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Tekanan zat padat, cair, dan gas.
v Mendengar
Pemberian
materi Tekanan zat padat, cair, dan
gas oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Tekanan zat
padat, cair, dan gas yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Tekanan
zat padat, cair, dan gas yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Tekanan zat padat,
cair, dan gas.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Tekanan
zat padat, cair, dan gas yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
diri
Tekanan zat padat, cair, dan gas sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas
v Mengolah informasi
dari materi Tekanan zat padat, cair,
dan gas yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Tekanan zat padat,
cair, dan gas.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Tekanan zat padat, cair, dan gas dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Tekanan zat padat, cair, dan gas
v Menjawab pertanyaan tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi Tekanan zat padat, cair, dan
gas yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
Catatan : Selama pembelajaran Tekanan zat padat, cair, dan gas berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Tekanan zat padat, cair, dan gas yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan
gas yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan gas.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan gas.
v Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Tekanan zat padat, cair, dan
gas kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3 . Pertemuan Ketiga (4 x 40 Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15
Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Tekanan
darah
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Tekanan darah dengan cara
:
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Tekanan darah.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Tekanan darah untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Tekanan darah.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Tekanan darah.
v Mendengar
Pemberian
materi Tekanan darah oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Tekanan darah
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Tekanan darah
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Tekanan darah yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Tekanan darah yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Tekanan darah yang sedang
dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Tekanan
darah yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Tekanan darah.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Tekanan
darah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi
dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
diri
Tekanan darah sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Tekanan darah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Tekanan darah
v Mengolah informasi
dari materi Tekanan darah yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Tekanan darah.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Tekanan darah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Tekanan darah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
Ø Tekanan darah
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Tekanan darah dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Tekanan darah yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Tekanan darah
v Menjawab pertanyaan tentang materi Tekanan darah yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi Tekanan darah yang akan
selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
Tekanan darah yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama pembelajaran Tekanan darah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Tekanan darah yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Tekanan darah yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Tekanan darah.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Tekanan darah.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran
Tekanan darah kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
4 . Pertemuan Keempat (4 x 40 Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15
Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Osmosis
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Osmosis dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Osmosis.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Osmosis untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Osmosis.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Osmosis.
v Mendengar
Pemberian
materi Osmosis oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Osmosis
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Osmosis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Osmosis yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Osmosis yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Osmosis yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Osmosis
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Osmosis.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Osmosis
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
diri
Osmosis sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Osmosis
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Osmosis
v Mengolah informasi
dari materi Osmosis yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Osmosis.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Osmosis
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Osmosis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
Ø Osmosis
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Osmosis dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Osmosis yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Osmosis
v Menjawab pertanyaan tentang materi Osmosis yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi Osmosis yang akan selesai
dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
Osmosis yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama pembelajaran Osmosis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Osmosis yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Osmosis yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Osmosis.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Osmosis.
v Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Osmosis kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
5 . Pertemuan Kelima (4 x 40 Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15
Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Kapilaritas jaringan angkut pada
tumbuhan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.
v Mendengar
Pemberian
materi Kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan yang sedang
dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Kapilaritas jaringan angkut pada
tumbuhan yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Kapilaritas jaringan
angkut pada tumbuhan.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya
diri
Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
v Mengolah informasi
dari materi Kapilaritas jaringan
angkut pada tumbuhan yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Kapilaritas jaringan
angkut pada tumbuhan.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada
tumbuhan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
v Menjawab pertanyaan tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada
tumbuhan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan
materi Kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi
Kapilaritas jaringan angkut pada
tumbuhan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama pembelajaran Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15
Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.
v Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
I. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS :
Bekerja Sama
• JJ :
Jujur
• TJ :
Tanggun Jawab
• DS :
Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.
Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan
kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi
kelompok.
|
50
|
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan
:
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan
dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan
:
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 =
90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau
Pilihan Ganda (Lihat
lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya
Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan
:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas
yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum
memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal
tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap
rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru
memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di
lingkungan sekitar.
Surakarta,
2 Januari 2019
Mengetahui,
Surakarta,
2 Januari 2019
Kepala
SMP N 8 Surakarta Guru
Mapel IPA
..................................... ...........................
NIP NIP.
Catatan Kepala Sekolah
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment