RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TERINTEGRASI DENGAN PKH)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : IPA |
Kelas/Semester : VIII
/ 2 (Genap) Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
1 |
||
Materi Pokok |
: |
Sifat-sifat
Cahaya |
||
1, Tujuan Pembelajaran |
Melalui
lembar kerja google form tentang cahaya peserta didik dapat : menjelaskan
sifat-sifat cahaya, arah rambat cahaya, pembiasan cahaya, dan besarnya sudut
pantul cahaya v
Fokus Karakter : Disiplin, Integritas |
Alat dan Media
Pembelajaran |
|
|
||||
|
Alat |
: |
Laptop, HP |
Sumber belajar |
: |
Internet, sumber
yang relevan |
|
Media Pembelajran |
: |
powepoint |
|
Buku Guru &
Siswa |
2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
|
v Melakukan pembukaan
dengan salam
pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran mengingatkan jangan
lupa mendoakan
kedua orang tua disetiap saat. v Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar v Mengkondisikan
suasana belajar
yang menyenangkan (mengecek
kehadiran peserta didik); v Karena materi ini sangan beresika dengan
contoh-contoh yang seperti perjudian, maka guru mengarahkan anak dengan
mempelajari ini kalian bisa membaca seberapa
peluang atau kesempatan
yang peroleh ( yang diperoleh amatlah kecil ), sehingga anak diarahkan jauhi perjudian
selain merugikan
diri sendiri juga dilarang oleh negara dan agama. Jika mempunyai
rejeki sebaiknya di tabung atau
untuk membantu
orang lain yang kurang mampu. |
|
Kegiatan
Inti ( 60 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
F
Guru
meminta siswa berliterasi membaca bahan ajar cahaya dan buku siswa kelas VIII
semester 2 halaman 163-174 tentang sifat-sifat cahaya |
Critical Thinking |
v
Aktivitas F Peserta
didik diminta menjawab dan menyelesaikan
contoh yang telah diamati melalui google classroom |
Collaboration |
|
Communication |
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan dengan sopan Didalam diskusi semua peserta didik harus menghargai pendapat atau hasil karya teman ( Belajar berani mengemukakan pendapat ) |
Creativity |
F Peserta didik
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa. F Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran. |
3.
Kegiatan Penutup (10 Menit) |
|
v
Siswa
membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator v
Guru
memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari
ini, dan mendekati
, menegur siswa yang tidak
mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya. v Guru
menutup dengan salam |
3,
Penilaian (Asesmen) |
|
|
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian |
Mengetahui Kepala
SMP Negeri 8 Surakarta |
....................., Maret 2021 Guru
Mata Pelajaran IPA |
................................................. NIP.
......................................... |
............................................... NIP.
...................................... |
No comments:
Post a Comment