SERBA SERBI PELAJARAN IPA: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SIFAT CAHAYA (TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN HIDUP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SIFAT CAHAYA (TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN HIDUP)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(TERINTEGRASI DENGAN PKH)

 

Sekolah             : SMP

Mata Pelajaran   : IPA

Kelas/Semester :  VIII / 2 (Genap)

Alokasi Waktu   :  2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

1

Materi Pokok       

:

Sifat-sifat Cahaya

 

 

1, Tujuan Pembelajaran

Melalui lembar kerja google form tentang cahaya peserta didik dapat :

menjelaskan sifat-sifat cahaya, arah rambat cahaya, pembiasan cahaya, dan besarnya sudut pantul cahaya

v  Fokus Karakter : Disiplin, Integritas

 

Alat dan Media Pembelajaran

 

 

 

Alat

:

Laptop, HP

Sumber

belajar

:

Internet, sumber yang relevan

 

Media Pembelajran

:

powepoint

 

Buku Guru & Siswa

 

2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran mengingatkan jangan lupa mendoakan kedua orang tua disetiap saat.

v  Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik);

v  Karena materi ini sangan beresika dengan contoh-contoh yang seperti perjudian, maka guru mengarahkan anak dengan mempelajari ini kalian bisa membaca seberapa peluang atau kesempatan yang  peroleh ( yang diperoleh amatlah kecil ),  sehingga anak diarahkan jauhi perjudian selain merugikan diri sendiri juga dilarang oleh negara dan agama. Jika mempunyai rejeki sebaiknya di tabung atau untuk membantu orang lain yang kurang mampu.

Kegiatan Inti ( 60 Menit )

Kegiatan Literasi

F  Guru meminta siswa berliterasi membaca bahan ajar cahaya dan buku siswa kelas VIII semester 2 halaman 163-174 tentang sifat-sifat cahaya

Critical Thinking

v  Aktivitas

F  Peserta didik diminta menjawab dan menyelesaikan contoh yang telah diamati melalui google classroom

Collaboration

Communication

F  Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan dengan sopan

Didalam diskusi semua peserta didik harus menghargai pendapat atau hasil karya teman

( Belajar berani mengemukakan pendapat )

Creativity

F  Peserta didik Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

F  Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran.

3. Kegiatan Penutup (10 Menit)

v  Siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator

v  Guru memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari ini, dan mendekati , menegur siswa yang tidak mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya.

v  Guru menutup dengan salam

          

3, Penilaian (Asesmen)

 

 

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta

.....................,    Maret 2021

 

Guru Mata Pelajaran IPA

 

 

 

.................................................

NIP. .........................................

...............................................

NIP. ......................................

 

No comments:

Post a Comment