RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TERINTEGRASI DENGAN SEKOLAH RAMAH ANAK
(SRA) DAN ADIWIYATA
| Sekolah             : SMP X  Mata Pelajaran   : IPA | Kelas/Semester :  VIII
  / 2 (Genap) Alokasi Waktu :   2 x 40 menit (1 x Pertemuan) |  | ||
| Materi Pokok         | : | Struktur Organ –Organ Pernapasan | ||
| 1, Tujuan
  Pembelajaran | ||||||
| Melalui lembar kerja google form tentang Struktur Organ –Organ Pernapasan
  peserta didik mampu menyebutkan organ pernapasan manusia, proses pernapasan,
  gangguan yang dialami manusia serta upaya mejaga kesehatan dalam hal sistem
  pernapasan v 
  Fokus Karakter : Disiplin, Integritas | ||||||
| Alat dan Media Pembelajaran | 
 | 
 | ||||
| 
 | Alat  | : | Laptop, HP | Sumber belajar | : | Internet, sumber yang relevan | 
| 
 | Media Pembelajaran | : | Power point | 
 | Buku Guru & Siswa | |
2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
| Kegiatan
  Pendahuluan (10 Menit) | |
| v 
  Melakukan
  pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa 
  untuk  memulai pembelajaran mengingatkan jangan lupa mendoakan kedua orang tua disetiap saat. v 
  Memastikan peserta didik dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar v 
  Mengkondisikan
  suasana belajar
  yang menyenangkan (mengecek
  kehadiran peserta didik);  | |
| Kegiatan Inti
  ( 60 Menit ) | |
| Kegiatan
  Literasi | F 
  Guru meminta siswa berliterasi membaca
  bahan ajar cahaya dan buku siswa kelas VIII semester 2 halaman 45-56 tentang
  Struktur Organ –Organ Pernapasan | 
| Critical
  Thinking | v 
  Aktivitas Peserta didik diminta menjawab dan menyelesaikan soal yang telah deberikan melalui
  google classroom diantaranya : 1.      Sebutkan organ-organ
  pernapasan! 2.      Apakah fungsi paru-paru? 3.     
  Mengapa pepohonan/
  hutan disebut sebagai paru-paru dunia?  4.     
  Bagaimana menjaga
  pepohonan/ tanaman di lingkungan sekolah agar mampu berperan sebagai
  paru-paru dunia? | 
| Collaboration | |
| Communication | F 
  Peserta didik mempresentasikan hasil
  kerja kelompok atau individu lewat WA group, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian
  ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan dengan sopan Didalam diskusi semua
  peserta didik harus menghargai pendapat atau
  hasil karya teman ( Belajar berani mengemukakan pendapat ) | 
| Creativity | F 
  Peserta
  didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
  beberapa pertanyaan kepada siswa. F 
  Peserta
  didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait
  pembelajaran. | 
| 3. Kegiatan
  Penutup (10 Menit) | |
| v  Siswa
  membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini, guru sebagai fasilitator v  Guru
  memberi hadiah bagi peserta didik yang merangkum dan mengerjakan tugas hari
  ini, dan mendekati
  , menegur siswa yang tidak
  mengumpulkan tugas / merangkum dengan menanyakan alasannya. v  Guru menutup
  dengan salam  | |
           
| 3, Penilaian (Asesmen) |  |  | 
| Penilaian
  terhadap materi ini dapat dilakukan 
  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes
  pengetahuan  atau presentasi unjuk
  kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian | ||
Keterangan
:
Warna
huruf merah :
SRA
Warna
huruf hijau    : Adi Wiyata
| 
 Mengetahui Kepala
  SMP X | Surakarta, 3 Januari
  2021 
 Guru
  Mata Pelajaran IPA 
 
 
 | 
| ..................................., M.Pd NIP.
  ................................ | ....................................., S.Pd NIP.
  ................................... | 
No comments:
Post a Comment