Lampiran 1
                                    Lembar Pengamatan
Sikap
Nama Sekolah             : SMPN ………
Kelas/Semester            :
VII/Semester I
Tahun pelajaran           :
2016/2017
Mata Pelajaran            :
Ilmu Pengetahuan Alam
Petunjuk:
- Amati
     perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap
     pertemuan.
- Isi
     jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik
     yang  positif maupun
     yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan
     perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam
     jurnal (meskipun belum menonjol).
| No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Tanda Tangan | Tindak Lanjut | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  |  |  | 
Lampiran  2
Penilaian Pengetahuan
Soal
1.      Tuliskanlah
alat dan bahan yang dibutuhkan pada eksperimen yang telah kamu lakukan ?
2.      Jelaskan
sifat asam dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil pengamatan ?
3.      Jelaskan
sifat basa dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil pengamatan ?
4.      Jelaskan
sifat garam dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil pengamatan ?
5.      Sebutkan
perbedakan sifat asam dan basa dengan indikator kertas lakmus berdasarkan hasil
pengamatan ?
Jawaban
1.      Gelas
kaca, larutan air jeruk, larutan sabun, larutan garam dapur, air akki
dan
Kertas Lakmus Merah dan Lakmus Biru 
2.      Sifat
asam memerahkan kertas lakmus
3.      Sifat
basa membirukan kertas lakmus
4.      Sifat
garam netral artinya tidak merubah warna pada lakmus ( warna kertas lakmus
tetap )
5.      Asam
memerahkan kertas lakmus sedang basa membirukan kertas lakmus.
Skore
penilaian : 
                               Tiap soal skore
maksimal 2
                   Nilai Akhir ( NA ) = Jumlah
skor
Lampiran 3a
Penilaian
Ketrampilan metode Eksperimen
| No | Aspek yang dinilai | Penilaian | |||
| 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | Cara Menggunakan Kertas Lakmus |  |  |  |  | 
| 2 | Mengamati
  Obyek |  |  |  |  | 
| 3 | Penggunaan bahasa |  |  |  |  | 
|  | Skor maksimum | 12 | |||
Rubrik
| No | Ketrampilan yang
  dinilai | Skor | Rubrik | 
| 1 | Cara menggunakan
  Kertas Lakmus | 3 | ü Menggunakan
  kertas lakmus dengan benar dan penggunakannya sesuai prosedur. | 
| 2 | ü Menggunakan
  kertas lakmus dengan benar dan penggunakannya kurang sesuai dengan prosedur. | ||
| 1 | ü Menggunakan
  kertas lakmus kurang benar dan penggunakannya kurang sesuai dengan prosedur. | ||
| 2 | Mengamati Obyek | 3 | ü Cara
  mengamati obyek sudah benar dan menghasilkan gambar yang jelas.   | 
| 2 | ü Cara
  mengamati obyek sudah benar dan menghasilkan gambar kurang jelas. | ||
| 1 | ü Cara
  mengamati obyek belum benar dan menghasilkan gambar yang kurang  jelas. | ||
| 3 | Mempresentasikan
  Hasil Pengamatan | 3 | ü Mempresentasikan
  hasil pengamatan dengan benar dan disertai dengan tayangan hasil pengamatan
  yang bagus   | 
| 2 | ü Mempresentasikan
  hasil pengamatan dengan benar dan disertai dengan tayangan hasil pengamatan
  yang kurang bagus | ||
| 1 | ü Mempresentasikan
  hasil pengamatan dengan benar dan tidak disertai dengan tayangan hasil
  pengamatan | 
Lampiran 3b:
 Lembar Penilaian Laporan
Hasil Praktikum Asam Basa dan Garam
Nama/kelompok: 
| No | Aspek yang dinilai | Penilaian | |||
| 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | Sistematika laporan |  |  |  |  | 
| 2 | Hasil klasifikasi |  |  |  |  | 
| 3 | Penggunaan bahasa |  |  |  |  | 
|  | Skor maksimum | 12 | |||
Nilai = 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒑𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉   𝑿 𝟏𝟎𝟎
𝟏𝟐
Rubrik 
| No | Aspek yang dinilai | Penilaian | |||
| 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | Sistematika laporan | Tidak ada sistematika (hanya hasil praktikum) | Sistematika tidak lengkap. | Sistematika lengkap tapi tidak urut   | Sistematika lengkap dan urut (identitas laporan, alat dan bahan, prosedur, analisis, kesimpulan). | 
| 2 | Hasil Identifikasi  | hasil identifikasi kurang tepat, cara pengidentifikasian kurang tepat. | hasil identifikasi kurang tepat, cara menidentifikasi tepat. | hasil identifikasi tepat, cara identifikasi kurang tepat. | hasil identifikasi tepat, cara pengidentifikasian  tepat. 
   | 
| 3 | Penggunaan bahasa | menggunakan bahasa yang kurang baik dan benar baik, beberapa istilah sains kurang tepat | menggunakan bahasa yang kurang baik dan benar, istilah-istilah sains tepat | menggunakan bahasa yang baik dan benar, beberapa istilah sains kurang tepat | menggunakan bahasa yang baik dan benar, istilah-istilah sains tepat | 
Lampiran 4
Lembar Kerja Siswa
Nama: …………………………… Kelas/No: …………… Kelompok: ……………………
 
Lembar Kegiatan Siswa
Bergembira
dengan Praktikum Asam Basa dan Garam
Alat dan Bahan
a.       Gelas
Plastik
b.      Larutan
air jeruk
c.       Larutan
sabun
d.      Larutan
garam dapur
e.       Soda
Kue
f.       Kertas
Lakmus ( Merah dan Biru )
Lakukan langkah-langkah berikut.
- Buatlah air
     perasan jeruk, larutan detergen, larutan garam dapur, dan larutan soda
     kue.
- Tuanglah setiap larutan
     tersebut dalam gelas kimia/gelas plastik (kemasan air mineral) yang sudah
     tidak terpakai.
- Setiap larutan
     dituangkan ke dalam gelas yang berbeda.
- Uji semua larutan
     dengan kertas lakmus merah dan lakmus biru.
- Amati dan catatlah
     apa yang terjadi pada kertas lakmus tersebut.
Lakukan pengamatan terhadap kegiatan observasi berikut.
- Apa yang terjadi
     ketika kertas lakmus merah dan biru dicelupkan ke dalam larutan jeruk?
- Apa yang terjadi
     ketika kertas lakmus merah dan lakmus biru dicelupkan ke dalam larutan detergen
     dan soda kue?
- Apa yang terjadi
     ketika kertas lakmus merah dan lakmus biru dicelupkan ke dalam
     larutan  mineral dan larutan garam?
- Jika larutan jeruk
     merupakan larutan asam, kertas lakmus akan berubah dari warna ... menjadi
     warna ...
- Jika larutan soda
     kue merupakan larutan basa, kertas lakmus akan berubah dari warna ..
     menjadi warna ...
- Catat semua hasil
     pengamatanmu dalam tabel pengamatan berdasarkan kelompok sifat asam dan
     sifat basa.
| No | Larutan | Lakmus
  Merah | Lakmus
  Biru | Sifat  Larutan | 
|  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  | 
|  |  |  |  |  | 
No comments:
Post a Comment